Hindari Makanan dan Minuman Ini Demi Kesehatan Tulang

Hindari Makanan dan Minuman Ini Demi Kesehatan Tulang – Tulang adalah bentuk dasar dari tubuh. Maka kesehatan tulang memang harus diperhatikan secara khusus, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat kualitas tulang menjadi buruk. Karena banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada banyak makanan dan minuman yang dapat membuat kesehatan tulang menjadi menurun.

hindari makanan dan minuman ini demi kesehatan tulang

Ternyata makanan ataupun nutrisi tidak hanya berdampak positif saja, tetapi juga dapat berdampak negatif bagi tubuh terutama kesehatan tulang. Misalnya, kalsium yang baik dan bagus untuk kesehatan tulang. Akan tetapi, ada juga beberapa nutrisi lainnya yang justru dapat menyebabkan tulang menjadi lemah sehingga kesehatannya pun terancam.

Penting untuk diketahui bahwa, makanan yang mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tulang sangat bermanfaat untuk mendapatkan tulang yang sehat serta terhindar dari penyakit osteoporosis di masa nanti. Adapun makanan yang dapat mengganggu dalam penyerapan mineral tulang sehingga makanan yang mengandung kalsium tinggi dan vitamin D tidak dapat diserap secara maksimal oleh tubuh.

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang dapat membuat kesehatan menjadi menurun, antara lain :

Makanan mengandung sodium tinggi

Menurut Profesor kedokteran klinis di Colombia University menyatakan bahwa, garam dapat menyebabkan ekskresi kalsium yang berlebihan melalui organ ginjal. Maka jika makanan yang semakin asin, maka akan banyak kalsium dalam tubuh yang hilang. Untuk itu, ia pun merekomendasikan asupan garam dibawah 2.300 miligram per harinya.

Dalam sebuah studi di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada Desember 2016 lalu pun menemukan bahwa pria China yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang asin, maka akan lebih rentan mengalami osteoporosis. Selain itu, dari penelitian lainnya juga menyatakan bahwa, garam dapat menyebabkan mengalami tekanan darah tinggi.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Minuman Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat mengakibatkan tulang keropos. Jika mengkonsumsi minuman alkohol terlalu banyak maka dapat menurunkan massa tulang, meningkatkan risiko patah tulang, dan mengganggu pembentukan tulang. Salah satu studi juga menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan akan mempengaruhi pada kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan alkohol dapat mengganggu pankreas dan penyerapan kalsium serta vitamin D. Selain itu juga, alkohol dapat mempengaruhi fungsi dari osteoblast atau sel-sel pembentuk tulang, serta dapat mengurangi estrogen yang akan membuat renovasi tulang menjadi lambat.

Kafein

Ternyata kafein tidak hanya ada pada kopi saja, tetapi ada juga pada minuman energi. Jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein maka dapat mengancam kesehatan tulang. Pada sebuah studi pun menemukan bahwa, konsumsi kafein akan berkontribusi terhadap menurunnya kepadatan tulang dan pada wanita pasca menopause. Sementara menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, jika kafein yang dikonsumsi secara bersamaan dengan gula, maka akan berdampak negatif terhadap kesehatan tulang.

Soda (soft drink)

Soft drink atau minuman bersoda yang didalamnya mengandung fosfor yang dapat meningkatkan pengeluaran kalsium dengan melalui urine. Biasanya kandungan tersebut berbentuk fosfat. Fosfor dapat meningkatkan pengeluaran kalsium dengan melalui urine. Jika kelebihan kandungan fosfor maka juga dapat memicu hilangnya kalsium yang ada dalam tubuh ketika asupan kalsium rendah. Perlu diingat, minuman soda dapat membahayakan kesehatan tulang apabila diminum terlalu sering dan ditambah kurangnya asupan kalsium. Maka hal ini dapat menurunkan kepadatan tulang sehingga akan lebih rentan terjadi mengalami tulang keropos serta berisiko patah tulang.

Makanan manis

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan yang mengandung gula tidak akan berdampak negatif pada tulang, tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi gula maka cenderung akan tidak mendapatkan nutrisi lain. Maka disarankan untuk tidak menghilangkan keinginan dalam mengkonsumsi makanan manis, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang manis alami seperti pada buah yang kaya akan antioksidan karena dapat mendukung nutrisi yang tepat dalam kesehatan tulang.

Pada daftar makanan diatas merupakan golongan makanan yang dibutuhkan juga oleh tubuh. Meskipun makanan tersebut dapat berpotensi mengganggu penyerapan mineral tulang, dan beberapa diantaranya juga memiliki kesehatan yang jauh lebih besar. Akan tetapi, Anda harus bisa mengatur makanan tersebut supaya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

| Hindari Makanan dan Minuman Ini Demi Kesehatan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.