Proses Penyembuhan Setelah Patah Tulang Selangka

Terjatuhnya seseorang dengan cukup keras atau mengalami kecelakaan lalu lintas maka dapat membuat Anda mengalami patah tulang selangka. Biasanya dokter pun akan melakukan beberapa tindakan dalam pengobatan dari mulai pemberian obat, operasi hingga terapi. Apabila seseorang telah melakukan pengobatan sesuai dengan prosedur dokter, maka kondisi tersebut akan membaik seiringa dengan berjalannya waktu. Lalu berapa lamakah waktu yang harus dibutuhkan untuk sembuh setelah mengalami patah tulang selangka?

proses penyembuhan setelah patah tulang selangka

Setiap orang bisa mengalami patah tulang selangka sembuh dalam waktu yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahannya masing-masing, area yang mengalami patah tulang, dan usia. Pada umumnya, orang dewasa akan membutuhkan waktu 6 hingga 8 minggu supaya tulang yang mengalami patah tersebut dapat sembuh. Sedangkan pada anak-anak biasanya akan membutuhkan waktu selama 3 sampai 6 minggu.

Lamanya waktu untuk sembuh dari kondisi patah tulang akan lebih cepat pada anak-anak karena tulang mereka masih mampu untuk memproduksi kolagen yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Jumlah kolagen yang diproduksi oleh tulang anak-anak juga lebih banyak dibandingkan dengan zat kapur (kalsium) yang dihasilkannya. Kolagen tersebut dapat membuat tulang menjadi lebih elastis sehingga akan mudah untuk disembuhkan. Sedangkan pada orang dewasa, akan memproduksi zat kapur (kalsium) lebih banyak dibandingkan dengan kolagen. Sehingga hal ini akan membuat kondisi tulang menjadi lebih padat dan sulit untuk disembuhkan ketika mengalami patah.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Lalu berapa lama untuk bisa sembuh setelah mengalami patah tulang selangka?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada orang dewasa rata-rata akan membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu sampai bisa sembuh dari patah tulang selangka. Tetapi waktu tersebut juga masih belum cukup untuk mengembalikan kekuatan bahu seperti sebelumnya. Setelah sembuh dari patah tulang selangka, biasanya juga akan membutuhkan waktu pemulihan kurang lebih 16 minggu atau sekitar 4 bulan guna untuk memperkuat dalam menopang dan bisa beraktivitas kembali.

Seseorang dapat dinyatakan sembuh dan siap untuk melakukan aktivitas jika :

  • Bisa menggerakan lengan dan bahu tanpa rasa sakit.
  • Dokter sudah memastikan kondisi tulang Anda dengan sinar X.

Dalam masa penyembuhan, biasanya akan muncul benjolan seperti memar di bagian tulang selangka. Hal ini normal dan akan membaik dengan seiringnya waktu. Perlu diketahui, jangan terburu-buru untuk melakukan aktivitas jika masih merasakan sakit ketika menggerakan lengan dan bahu. Hal ini untuk menjaga kondisi tulang yang belum sepenuhnya pulih. Karena jika memaksakan diri maka bukan tidak mungkin tulang selangka akan kembali patah dan kondisinya akan semakin memburuk.

Tips Masa Penyembuhan

Selama masa penyembuhan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan, diantaranya :

  • Gunakan bantal tambahan supaya tidur menjadi lebih nyaman dengan kepala yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.
  • Lakukan pengompresan dengan es pada bagian tulang yang patah dan yang mengalami memar.
  • Gerakan bagian siku, tangan dan jari secara perlahan setelah Anda mampu untuk melakukannya.
  • Jangan melakukan berbagai aktivitas berat selama 10 hingga 12 minggu setelah mengalami cedera sebelum dokter memperpolehkannya.

Pada pengobatan patah tulang selangka, baik yang melibatkan operasi ataupun tidak, sama-sama membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Dikutip dari OrthoInfo bahwa proses penyembuhan akan jauh lebih lama pada orang yang mengidap penyakit diabetes dan perokok atau orang yang menggunakan berbagai produk tembakau. Maka dari itu, usahakan untuk tidak merokok selama masih dalam masa pemulihan. Setelah dokter menyatakan tulang telah kembali sembuh, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas termasuk olahraga dengan aman. Pastikan juga untuk tetap berhati-hati supaya terhindar dari bahaya yang dapat membuat tulang selangka patah kembali.

| Proses Penyembuhan Setelah Patah Tulang Selangka

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.