Cara Untuk Menjalani Puasa Sehat Bagi Penderita Osteoporosis

Osteoporosis yang ditandai dengan hilangnya massa tulang, sehingga akan menyebabkan tulang menjadi lebih keropos dan mudah untuk rapuh. Akan tetapi, kondisi osteoporosis ini bukanlah suatu penghalang untuk melakukan puasa seperti orang pada umumnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami hal-hal apa saja yang boleh dan juga tidak boleh dilakukan oleh orang yang menderita osteoporosis ketika berpuasa. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

cara menjaga puasa lancar untuk penderita osteoporosis

Pantangan untuk penderita osteoporosis saat puasa.

1. Jangan mengurung diri seharian

Selama puasa memang bisa membuat tubuh menjadi terasa lemas. Tetapi jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Karena pasalnya ada banyak manfaat yang dapat Anda lakukan saat keluar rumah dan menikmati hangatnya sinar matahari. Kondisi osteoporosis sering kali dikaitkan dengan kurangnya kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Dari kedua nutrisi tersebut memang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin D dikenal sebagai vitamin matahari. Pada vitamin ini memiliki kemampuan yang untuk, karena bisa diproduksi secara otomatis oleh tubuh saat terpapar sinar matahari. Maka dari itu, jangan lewatkan pada kesempatan dalam memenuhi kebutuhan vitamin D setiap harinya.

2. Hindari minuman alkohol dan merokok

Aktivitas merokok dan minuman alkohol memang harus dihindari, baik selama puasa ataupun tidak. Terlebih jika Anda menderita masalah pada pengeroposan tulang, inilah saat yang tepat untuk mengurangi atau menghentikan kedua kebiasaan buruk tersebut.

Menurut dr. Kathryn Diemer, profesor spesialis osteoporosis di Washington University Shcool of Medicine menyatakan bahwa, kandungan nikotin pada rokok dapat mempercepat pengeroposan tulang. Sama hal nya dengan merokok, seseorang yang menderita osteoporosis sebaiknya untuk menghindari minuman alkohol. Karena pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa, dapat memanggil penyerapan kalsium dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya untuk menghindari kedua kebiasaan buruk tersebut sesudah buka puasa.

3. Hindari stress

Terdapat berbagai hal yang bisa menjadi pemicu datangnya stress, tidak terkecuali ketika sedang berpuasa. Ketika seseorang mengalami stress maka hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat, tanpa disadari akan mempengaruhi pada kepadatan tulang sehingga akan menjadi lebih rapuh. Jika Anda penderita osteoporosis, sebaiknya hal ini harus tetap waspada supaya tidak menjadi semakin parah.

Menurut seorang ahli bedah membenarkan hal ini bahwa, stress akan berdampak buruk pada kesehatan dan kekuatan tulang. Tidak hanya itu, biasanya, para penderita osteoporosis akan lebih rentan terhadap kecemasan yang kemudian akan berujung pada stress. Tentu hal ini tidak diharapkan. Oleh karena itu, sesekali luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang bisa meredakan stress sekaligus untuk membuat diri menjadi lebih rileks, seperti yoga dan meditasi.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Lalu apa yang harus dilakukan supaya tetap sehat saat berpuasa?

1. Melakukan olahraga

Puasa bukanlah penghalang untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Jika jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik, maka kesehatan tulang malah semakin terancam. Pasalnya, tidak ada otot dan daya tahan tubuh yang dibangun dengan berolahraga, tetapi juga bisa meningkatkan kepadatan tulang.

Tetapi perlu diketahui bahwa, seseorang yang menderita osteoporosis juga harus tetap berhati-hati ketika sedang melakukan aktivitas fisik, karena akan menyebabkan masalah pada tulang yang semakin parah. Untuk itu sebaiknya lakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan, seperti jalan kaki, aerobik ringan dan bersepeda.

2. Kurangi asupan garam dan gula

Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi kesehatan untuk menu sahur dan buka puasa. Ada beberapa aturan makan guna untuk membantu mengatasi osteoporosis, termasuk mengurangi asupan garam dan gula pada makanan.

Karena terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium) dalam tubuh dapat menyebabkan kalsium dalam tulang menjadi menipis dan kemudian dibuang melalui urine. Hal ini akan mengakibatkan tulang menjadi keropos. Sedangkan jika kebanyakan makan gula maka dapat menurunkan kadar vitamin dan mineral dalam tubuh, termasuk fosfor, kalsium dan vitamin D. Dari semua nutrisi terebut memiliki andil terhadap kesehatan tulang.

3. Konsumsi kandungan kalsium dan vitamin D

Kandungan kalsium dan vitamin D merupakan dua kombinasi penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang. Karena kalsium berfungsi untuk membentuk tulang menjadi lebih padat dan kuat, sedangkan vitamin D berfungsi untuk membantu dalam penyerapan kalsium dalam tubuh.

Apabila tubuh kekurangan salah satu atau bahkan kedua nutrisi tersebut, tentu saja akan menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh termasuk tulang. Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium dari susu, tahu, bayam, brokoli, telur dan lainnya. Sedangkan pada asupan vitamin dapat diperoleh dari hati sapi, susu, kuning telur, ikan sarden, tuna, dan lainnya.

Intinya, pada penderita osteoporosis dapat menjalankan puasa dengan baik, tetapi harus rutin menjalani pengobatan khusus osteoporosis seperti rutin memeriksa kondisi kesehatan serta minum obat guna untuk mengurangi gejala osteoporosis. Selain itu, lakukan pola hidup yang sehat.

| Cara Untuk Menjalani Puasa Sehat Bagi Penderita Osteoporosis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.