Cara Mendapatkan Vitamin D Saat Puasa Agar Tulang Sehat

Ketika berpuasa, maka tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman dari waktu terbitnya matahari hingga matahari tenggelam. Otomatis tubuh pun akan berisiko mengalami kekurangan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang mungkin akan hilang ketika sedang berpuasa yaitu vitamin D. Oleh karena itu, agar tubuh tidak kekurangan serta mengalami masalah pada kesehatan tulang, sebaiknya Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk mendapatkan sumber vitamin D dengan mudah. Bagaimana caranya? Yuk simak lebih lengkapnya dibawah ini.

cara mendapatkan vitamin d saat puasa agar tulang sehat

Konsumsi makanan sumber vitamin D

Sebenarnya vitamin D bisa didapatkan dengan mudah, yakni dari sinar matahari. Pada tubuh manusia yang dirancang untuk bisa mendapatkan vitamin D yang dibutuhkannya dengan cara memproduksi sendiri vitamin D ketika kulit terkena sinar matahari. Meskipun pada selama puasa, kemungkinan Anda akan lebih sering berada didalam ruangan dibandingkan diluar. Sehingga hal ini akan membuat Anda kehilangan untuk mendapatkan vitamin D. Maka dari itu, sebaiknya Anda juga harus mengonsumsi makanan sumber vitamin D.

Ada beberapa sumber terbaik yang memiliki kandungan vitamin D yaitu pada ikan berlemak seperti ikan tuna, salmon, makarel dan ikan cod. Sumber vitamin D dengan jumlah yang kecil juga ditemukan dalam hati sapi, kuning telur dan keju. Selain dari makanan tersebut, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa produk makanan yang difortifikasi. Fortifikasi adalah proses penambahan mineral atau vitamin ke dalam suatu makanan guna untuk mencegah terjadinya kekurangan mineral atau vitamin tertentu.

Salah satu sumber pangan yang difortifikasi dan kaya akan vitamin D terdapat pada susu, margarin, jus, sereal dan yogurt. Maka pastikan juga pada makanan dan minuman tersebut ada didalam menu sahur ataupun buka puasa supaya jumlah vitamin D tetap terjaga.

Suplemen vitamin D

Ada juga sumber vitamin D lainnya yang bisa didapatkan yaitu dari suplemen. Ketika berpuasa, biasanya waktu makan akan menjadi semakin sempit dan terbatas, akan tetapi kebutuhan vitamin D pada tubuh harus tetap terpenuhi.

Sumber vitamin D dapat membantu tubuh dalam mendapatkan dosis harian tepat dalam satu kapsul. Tetapi sebelum Anda memilih suplemen yang tepat, tidak ada salahnya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Selain dengan mengonsumsi vitamin D, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan kalsum dalam tubuh, karena keduanya dibutuhkan sebagai komponen yang kuat untuk menjaga kepatah tulang.

Perlu diingat juga bahwa suplemen tidak dapat menggantikan pada sumber vitamin D dari makana, tetapi hanya bersifat melengkapi saja. Untuk mengaktifkan provitamin D, Anda juga masih memerlukan paparan sinar matahari pagi dari mulai jam 10.00 sampai jam 14.00 tanpa penggunaan tabir surya hanya cukup selama 10-15 menit saja.

Jangan sampai tubuh terganggu akibat dari tubuh kekurangan vitamin D. Apabila sudah kekurangan, maka akan menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Jika kadar kalsium rendah, pengeroposan tulang bisa terjadi lebih cepat.

| Cara Mendapatkan Vitamin D Saat Puasa Agar Tulang Sehat

Artikel terkait :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.