Mengatasi Nyeri Sendi Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Rasa nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai aktivitas sehari-hari termasuk aktivitas yang berat. Karena faktanya, nyeri pada sendi dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Pada orang yang telah memasuki lanjut usia, kondisi nyeri sendi memang biasa terjadi karena tubuh akan melambat memproduksi sel-sel baru. Saat Anda bertambahnya usia, maka nyeri sendi pun akan semakin umum terjadi.

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai kondisi berbeda-beda yang dapat menyebabkan rasa nyeri sendi, seperti osteoarthritis, bursitis, rheumatoid arthritis, asam urat, keseleo, serta kondisi cedera lainnya. Namun pada orang yang telah memasuki lanjut usia, enggan untuk mengonsumsi obat-obatan yang berbentuk pil, dan lebih memilih pengobatan alternatif secara alami. Lalu apakah ada obat alami yang dapat meredakan rasa nyeri pada sendi? Yuk simak informasinya berikut ini.

mengatasi nyeri sendi menggunakan bahan-bahan alami

Berikut ini terdapat bahan-bahan alami yang dapat mengatasi nyeri sendi, diantaranya :

  • Jahe

Jahe yang merupakan salah satu bumbu masak ini bisa menjadi ramuan obat nyeri sendi. Adanya kandungan senyawa yang ada didalam jahe panas tersebut dan kuat memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri pada bagi tubuh tertentu.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang umum digunakan untuk pengobatan alternatif. Lidah buaya yang juga dikenal rasanya yang sejuk serta sangat pepuler dalam mengobati berbagai luka atau lecet kecil pada kulit. Untuk cara mengobatinya, lakukan dengan cara mengoleskan gel lidah buaya yang telah di dinginkan, kemudian diamkan hingga rasa nyeri pada bagian tubuh mereda.

  • Kayu Putih

Seperti pada lidah buaya, kayu putih yang diproduksi menjadi minyak dapat digunakan untuk mengobati masalah nyeri pada sendi. Daun yang terdapat pada tanaman kayu putih ini memiliki kandungan tanin yang dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit yang dihasilan akibat dari nyeri sendi.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa juga bisa digunakan untuk membuat kari. Tidak seperti pada jenis tumbuhan lainnya, menurut National Center for Complementary anda Alternative Medicie menyatakan bahwa kunyit dapat bekerja dengan baik dalam memerangi nyeri sendi saat diambil secara efektif. Study laboratorium juga melakukan penelitian uji kunyit pada seekor hewan, yang hasilnya telah menemukan bahwa ramuan bubuk kunyit tersebut dapat memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendo tulang.

  • Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang populer di dunia, bahkan telah digunakan untuk mengurangi peradangan didalam tubuh. Teh hijau yang dapat digunakan untuk mengobati peradangan seperti rematik serta nyeri sendi. Obat khusus nyeri sendi dapat dibuat menjadi minuman hangat yang baik bagi kesehatan sendi dan tulang.

  • Cabai Rawit

Cabai rawit yang selama ini dikenal sebagai bahan untuk memasak. Cabai yang berukuran kecil ini memang memiliki rasa yang pedas. Tapi tahukah Anda, ternyata cabai rawit ini mengandung khasiat yang ampuh dalam mengobati nyeri sendi secara alami. Kandungan senyawa yang disebut dengan capcaisin yang berperan sebagai menimbulkan rasa pedas pada cabai tersebut. Kandungan tersebut bersifat iritan pada kulit, yang artinya dapat membuat kulit menjadi merah dan iritasi jika dioleskan. Untuk cara penggunaannya yaitu dengan mengolah cabai rawit hingga di peroleh ekstraknya, kemudian oleskan ekstrak cabai rawit pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

| Mengatasi Nyeri Sendi Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.