Apa Itu Fraktur Jones? Begini Cara Mendiagnosisnya

Salah satu yang paling umum terjadi dan cukup serius yaitu fraktur jones. Jika seseorang mengalami masalah ini maka akan mengalami luka memar dan bengkak di bagian kaki sehingga akan kesulitan untuk menopang tubuh dan berjalan. Lalu apa yang dimaksud dengan Fraktur Jones?

fraktur jones

Fraktur jones adalah kondisi patah tulang yang dimana kaki pada tulang metatarsal kelima di bagian jari kaki. Metatarsal kelima yaitu bagian tulang panjang di area luar kaki yang terhubung ke area kaki terkecil atau jari kelingking. Istilah dari fraktur jones ini pertama kali diperkenalkan oleh Sir Robert Jones, yang merupakan seorang ahli bedah tulang pada tahun 1902 yang mengalami cedera pada kakinya. Pada jenis fraktur ini termasuk paling serius karena di area yang mengalami cedera akan menerima sedikit darah dibandingkan dengan pada area kaki lainnya, sehingga mengakibatkan lebih sulit untuk sembuh.

Penyebab Fraktur Jones

Biasanya penyebab dari patah tulang pada kaki ini disebabkan oleh adanya trauma tiba-tiba pada bagian kaki, seperti jatuhnya benda berat pada kaki secara tidak sengaja. Tulang metatarsal berfungsi untuk membantu keseimbangan seseorang ketika sedang berdiri dan berjalan. Hal ini dikarenakan tulang ini sangat berguna untuk dipakai sehari-hari, maka dari itu biasanya akan mudah mengalami luka. Cedera yang dapat terjadi akibat dari luka parah pada bagian kaki yang akan membuat tulang metatarsal menjadi parah bahkan retak.

Ciri-ciri Kondisi Fraktur Jones

Ternyata fraktur jones memiliki banyak gejala yang hampir sama dengan jenis patah tulang lainnya. Namun ada beberapa gejala yang dapat dirasakan ketika seseorang yang menderita fraktur jones mengalami patah tulang kaki seperti :

  • Susah berjalan
  • Mengalami memar
  • Rasa nyeri dan terjadi pembengkakan di bagian luar kaki pada pangkal jari kelingking

Bagaimana cara mendiagnosis kondisi tersebut?

Apabila Anda mengalami trauma atau serangan yang mendadak pada bagian tulang kaki, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada spesialis bedah tulang. Kemudian dokter juga akan melakukan pemeriksaan dengan cara menekan area yang berbeda pada kaki untuk melihat reaksi serta untuk mengetahui bagian mana saja yang mengalami masalah pada kondisi cedera tersebut. Dokter pun akan melakukan sinar X (rontgen) untuk melihat kondisi kakinya. Perlu diketahui bahwa seseorang yang membutuhkan perawatan medis secara darurat apabila kondisi kaki yang cedera mengalami :

  • Kulit yang mengalami cedera berubah warna menjadi keunguan
  • Menjadi demam
  • Terjadi pembengkakan yang semakin parah disertai dengan rasa sakit, mati rasa, serta kesemutan dibagian kaki yang mengalami cedera tersebut, bagian pergelangan, atau bahkan bagian kaki secara keseluruhan.

Maka dari itu fraktur jones merupakan kondisi patah tulang pada bagian kaki yang memang cukup serius bahkan akan sulit untuk disembuhkan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Fraktur jones akan mengalami komplikasi jika terbatasnya aliran darah ke daerah tersebut. Fraktur jones yang mungkin saja tidak bisa disembuhkan dibandingkan dengan fraktur metatarsal lainnya, kecuali jika memilih pengobatan secara pembedahan. Terdapat beberapa komplikasi yang dapat terjadi yaitu :

  • Adanya pembekuan darah sebagai dampak dari pengobatan melalui operasi dan bius
  • Memerlukan operasi yang lebih dari sekali
  • Adanya penyusutan pada jaringan otot
  • Mengalami rasa sakit yang berkelanjutan

Pengobatan Untuk Fraktur Jones

Terdapat berbagai cara untuk melakukan pengobatan patah tulang kaki, namun pengobatan ini tergantung pada :

  • Tingkat aktivitas pasien
  • Kondisi dari kesehatan secara keseluruhan
  • Kondisi keparahan cedera yang salah satunya dari seberapa besar kerusakan yang terjadi
  • Usia penderita, dikarenakan pada anak-anak akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan orang dewasa atau lansia.

Berikut ini metode perawatan untuk fraktur jones :

1. Melakukan Pembedahan

Pembedahan yang dilakukan untuk memasang sekrup ke bagian tulang metatarsal. Pada sekrup ini akan membantu tulang untuk menekuk dan juga berputar setelah proses penyembuhan. Biasanya tim medis pun akan menggunakan bantuan rontgen guna untuk menempatkan sekrup di bagian posisi yang tepat. Proses ini juga bisa menggunakan plat tulang dan komponen lainnya untuk dapat membantu mengamankan sekrup yang telah dipasang. Salah satu yang digunakan dengan melakukan pengangkatan tulang yang mengalami rusak yaitu menggantinya dengan cangkok tulang sebelum akan menanam sekrup.

Selain itu juga akan menggunaka stimulator penyembuhan tulang dengan cara memasok arus listrik yang rendah ke area patahan untuk mendorong penyembuhan. Maka hal ini dilakukan apabila proses penyembuhan berjalan dengan lambat. Dokter akan menganjurkan menjaga berat badan supaya tetap ideal supaya kaki tidak akan terbebani.

2. Pengobatan Nonbedah

Pada pengobatan ini dalam penggunaannya menggunaka alat penopang kaki sehingga kaki yang mengalami luka tidak akan terbebani oleh berat tubuh. Biasanya disarankan untuk menggunakan kruk sebagai alat bantu berjalan dalam proses penyembuhannya. Akan tetapi pada proses ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan pengobatan pembedahan.

Ada beberapa tips untuk menunjang proses penyembuhan patah tulang kaki, karena pada lamanya penyembuhan ini bergantung pada jenis perawatan yang dilakukan pada setiap orang.

  • Usahakan untuk menampatkan kaki yang mengalami cedera supaya tetap dalam posisi yang tinggi.
  • Jangan menumpu badan pada kaki yang mengalami cedera.
  • Kompres es pada kaki selama 20 menit dalam sehari terutama di masa awal pengobatan
  • Konsumsi suplemen vitamin D atau kalsium guna untuk membantu penyembuhan tulang
  • Hindari aktivitas merokok karena memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami kegagalan dalam penyembuhan.

| Apa Itu Fraktur Jones? Begini Cara Mendiagnosisnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s