Ketahui Berbagai Fakta Penting Tentang Tulang Manusia

Tulang adalah salah satu organ manusia yang paling penting. Manusia memiliki struktur tulang yang lebih dikenal dengan sebutan sistem kerangka tubuh manusia, yang berfungsi untuk menopang seluruh komponen tubuh manusia. Bisa dibayangkan jika tubuh manusia tidak memiliki tulang, maka tubuh tidak akan bisa tegak berdiri. Tulang yang mulai terbentuk sejak dari bayi dalam kandungan, berlangsung dengan terus hingga dekade kedua dalam susunan yang teratur.

fakta penting tentang tulang manusia

Berikut ini terdapat berbagai fakta tentang tulang manusia :

1. Bayi memiliki tulang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa

Pada bayi yang baru lahir memiliki tulang sekitar 300 komponen tulang termasuk tulang rawan. Sedangkan pada orang dewasa memiliki 206 tulang didalam tubuhnya. Saat mengalami masa pertumbuhan, maka tulang bayi akan mengalami proses pertumbuhan tulang yang lebih besar. Karena hal ini dapat menyebabkan jumlah tulang manusia menjadi berkurang ketika dewasa.

2. Jumlah tulang dibagian tangan dan kaki adalah yang terbanyak

Jumlah tulang yang ada dibagian tangan masing-masing sebanyak 27 tulang, sedangkan dibagian kaki masing-masing memiliki 26 tulang. Apabila dijumlah semuanya, maka tulang pada tangan dan kaki memiliki 106 tulang, yang artinya tangan dan kaki akan tersusun lebih dari setengah jumlah tulang diseluruh tubuh. Tulang yang memiliki beragam bentuk dan juga ukuran yang tidak meraya diseluruh tubuh. Karena pasalnya pada beberapa bagian tubuh yang memiliki jumlah tulang lebih banyak dibandingkan dengan yang lain seperti tangan dan kaki.

3. Tulang bukan bagian terkeras sistem kerangka

Fakta dari tulang lainnya ternyata bagian terkeras dari sistem kerangka bukanlah tulang, tetapi enamil gigi. Menurut Institute of Health, pada zat ini berfungsi untuk melindungi mahkota gigi serta mengandung konsentrasi mineral yang tinggi khususnya pada kalsium garam.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

4. Terdapat satu tulang yang tidak terhubung ke tulang lain

Dari 206 tulang, ternyata terdapat satu tulang yang tidak terhubung pada tulang lain yaitu tulang hyoid. Tulang hyoid memiliki bentuk seperti tapal kuda yang berbentuk seperti U. Tulang tersebut terletak di antara dagu dan juga tulang rawan tiroid atau yang didasari lidah. Fungsi dari tulang hyoid yaitu untuk membantu gerakan lidah saat akan menelan dan menghasilkan berbagai suara pada manusia.

5. Manusia memiliki tulang baru setiap tujuh tahun

Tulang yang mampu meremajakan dirinya sendiri dalam setiap tahunnya. Namun tidak hanya itu, tetapi tulang juga bisa tumbuh kembali. Perlu diketahui bahwa fakta tentang tulang ternyata memiliki tulang yang baru setiap tujuh tahun.

6. Tulang terpanjang dan terpendek

Pada tulang paha (femur) memiliki ukuran yang terpanjang diantara tulang-tulang lainnya. Tidak hanya itu, femur juga merupakan tulang yang terkuat dan terberat. Sedangkan pada tulang terkecil dalam tubuh terletak di area telinga bagian dalam yang disebut dengan tulang sanggurdi atau stapes, yang hanya memiliki panjang sebesar 3 mm.

7. Lengan termasuk tulang yang rawan patah

Lengan adalah salah satu tulang yang paling sering mengalami patah, bahkan hampir pada setengah dari orang dewasa pernah mengalami patah tulang. Sedangkan pada anak-anak, tulang selangka merupakan tulang yang paling rawan patah.

8. Ada orang yang memiliki jumlah tulang rusuk lebih

Pada kebanyakan orang dewasa memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang), tetapi terdapat satu dari setiap 500 orang yang memiliki jumlah tulang rusuk berlebih atau yang disebut dengan tulang rusuk serviks atau tulang rusuk leher. Biasanya tulang rusuk terebut akan muncul di dekat leher dengan ukuran dan juga bentuk yang bervariasi. Pada umumnya gangguan tersebut disebabkan oleh adanya kelainan bawaan yang ditemukan dengan cara kebetulan.

Dalam kasus yang jarang terjadi ini, tulang rusuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut dengan sindrom outlet toraks atau sindrom outlet dada. Pada gangguan ini ditandai dengan rasa sakit dibagian leher atau bahu, yang mengalami otot lemah disekitar otot tangan, pembekuan darah serta masalah lainnya.

| Ketahui Berbagai Fakta Penting Tentang Tulang Manusia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.