Gejala Radang Sendi Yang Perlu Anda Ketahui

Radang sendi lutut atau yang disebut dengan osteoarthritis lutut merupakan salah satu kondisi yang paling umum terjadi. Osteoarthritis adalah suatu kondisi yang dimana terdapat bantalan alami antara sendi dan tulang rawan yang menghilang sehingga akan menyebabkan peradangan pada bagian persendian. Pada kondisi tersebut dapat terjadi selama bertahun-tahun atau juga dapat dipercepat karena cedera pada lutut, cedera ligamen, patah tulang lutut, meniskus robek atau adanya infeksi. Selain itu juga kondisi osteoarthritis dapat terjadi pada orang yang masih muda, tetapi cenderung lebih beresiko setelah usia 45 tahun.

gejala radang sendi lutut yang harus diketahui

Berikut ini beberapa gejala radang sendi lutut

1. Pembengkakan

Gejala awal yang terjadi pada radang sendi lutut yaitu peradangan di bagian lutut yang ditandai dengan adanya penimbunan cairan di bagian lutut, sehingga lutut akan menjadi bengkak, nyeri ketika ditekan, kulit di daerah lutut berubah menjadi berwarna merah dan akan terasa hangat jika disentuh. Kondisi pembengkakan ini terjadi terutama saat lutut tidak melakukan suatu aktivitas dalam waktu yang lama. Seperti setelah bangun tidur. Apabila keluhan ini telah berlangsung lama, maka biasanya akan sulit untuk melakukan pengobatan dengan obat anti radang atau obat lain yang bebas dijual.

2. Rasa nyeri yang hilang-timbul

Rasa nyeri radang sendi lutut bisa muncul secara tiba-tiba, tetapi akan lebih cenderung secara perlahan dan hilang-timbul. Seseorang yang mengalami kondisi tersebut akan merasakan rasa sakit hanya di pagi hari atau setelah selesai melakukan suatu aktivitas yang sudah lama tidak dilakukan. Lutut juga akan terasa nyeri ketika menaiki tangga, berlutut, berdiri dari posisi duduk, atau bahkan hanya duduk saja. Tidak jarang pada beberapa orang mengalami radang sendi juga akan mengalami rasa nyeri pada persendian lututnya saat sedang udara dingin.

3. Bentuk lutut berubah

Radang sendi pada lutut bisa menyebabkan perubahan bentuk pada area lutut, yakni tampak adanya cekungan dikarenakan otot menjadi lemah dibagian tersebut. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari pada perubahan bentuk lutut hingga radang sendi yang sudah memasuki derajat yang lebih parah.

4. Lutut bersuara ketika digerakan

Lutut akan mengeluarkan suara pada radang sendi lutut, hal itu dikarenakan sendi sudah kehilangan tulang rawan. Fungsi dari tulang rawan yaitu dapat membantu dalam menghaluskan gerak. Suara yang muncul yaitu tanda bahwa sendi bergerak pada permukaan kasar dan hanya terjadi pada seseorang yang mengalami radang sendi lutut.

5. Lutut terasa kaku

Dengan seiring berjalannya waktu, otot lutut yang semakin melemah sehingga menyebabkan struktur sendi menjadi tidak stabil. Sendi tersebut dapat menempel atau mengunci sehingga tidak bisa melakukan penekukan atau meluruskan lutut.

6. Terbatasnya melakukan gerakan

Kondisi arthritis akan membuat Anda semakin sulit untuk menggerakan lutut. Ketika radang sendi memburuk, maka pada bagian persendian sangat sulit untuk berfungsi normal sehingga dapat menghambat pada aktivitas sehari-hari. Selain itu juga mungkin akan mengalami suatu masalah ketika sedang berjalan karena lutut tidak bisa untuk menahan beban tubuh yang membuat Anda untuk memerlukan bantuan seperti tongkat atau alat bantu jalan.

Apakah radang sendi lutut bisa diobati? Bagaimana caranya?

Tujuan utama untuk mengobati radang sendi lutut yaitu untuk meringankan rasa sakit sehingga akan memungkinkan untuk bisa bergerak dan beraktivitas kembali. Radang sendi yang ringan dapat diobati dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Untuk penanganan di rumah sakit seperti beristirahat, memberikan kompres dingin diselingi dengan kompres yang hangat pada lutut yang nyeri, serta menjaga berat badan supaya dapat meringankan gejala tersebut.

Untuk menangani radang sendi lutut yang berat, maka sebaiknya untuk konsultasikan guna untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, maka penanganan lebih lanjut seperti fisioterapi, obat-obatan resep dokter hingga tindakan operasi akan diperlukan untuk mengobati radang sendi lutut.

Related post :

| Gejala Radang Sendi Yang Perlu Anda Ketahui

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.