Benarkah Posisi Duduk “W” Berdampak Pada Kesehatan Anak?

Perlu diketahui bahwa posisi duduk “W” ternyata bisa menimbulkan masalah pada bagian panggul anak atau ortopedi. Maka dari itu sangat perlu diperhatikan posisi duduk si kecil saat sedang bermain atau nonton tv. Karena mungkin saja akan menemukan posisi si kecil dengan menyerupai huruf “W”. Pada sebagian besar anak, posisi tersebut merupakan posisi yang paling nyaman bagi si kecil. Tetapi jika keadaan posisi tersebut dilakukan secara berulang-ulang atau terus menerus maka sangat berbahaya.

benarkah posisi duduk w berbahaya pada kesehatan anak

Dalam sebuah survei telah menemukan bahwa terdapat 4 dari 5 anak memiliki kebiasaa dengan duduk posisi huruf W. Pada kebanyakan, anak-anak memiliki kebiasaan saat mereka berusia antara 4-6 tahun, meskipun juga bisa saja dibawah usia 4 tahun lebih tua dari 6 tahun. Dari kebiasaan ini maka lama kelamaan akan menghilang saat si kecil sudah berusia 8 tahun.

Hingga saat ini posisi duduk W masih menjadi pro dan kontra. Dari beberapa ahli juga menyatakan bahwa posisi duduk W akan memberikan berat badan berlebih pada bagian panggul dan lutut anak sehingga akan menimbulkan cedera pada bagian sendi. Selain itu bagi seorang anak yang memiliki gangguan kesehatan pada tulang kaki, maka posisi tersebut akan memperparah kondisinya.

Sebenarnya sampai saat ini juga masih belum ada penelitian atau bukti ilmiah yang menyatakan posisi tersebut yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Namun menurut seorang dokter ahli tulang dari Boston Children’s Hospital menyatakan bahwa anak-anak yang sering duduk dengan posisi W sebagian besar dari mereka terlahir dengan bentuk lutut yang mengarah ke dalam. Jadi posisi duduk ini otomatis akan mereka lakukan untuk memperbaiki bentuk lututnya.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Berikut ini ada beberapa gangguan pada perkembangan anak karena posisi duduk “W”

Posisi duduk W memang umum dilakukan oleh anak-anak terutama ketika si kecil sedang bermain. Tetapi posisi tersebut dapat memicu pada beberapa masalah kesehatan seperti :

  • Otot kaku

Posisi duduk ini ternyata dapat menyebabkan posisi pada bagian paha, otot hip adductors, otot yang berfungsi untuk pemutar bagian tubuh ke dalam dan urat keting (otot diatas tumit) saling berdekatan. Jika si kecil mudah mengalami kekakuan pada otot atau terdeteksi mengalami pemendekan otot permanen maka sebaiknya mintalah untuk duduk dengan posisi yang lain.

  • Gangguan ortopedi

Kebiasaan anak duduk dengan posisi seperti ini maka dapat menyebabkan si kecil menderita dislokasi panggul (displasia). Dislokasi panggul merupakan suatu kondisi cacat bawaan atau kelainan pada struktur tubuh yang disebabkan oleh keluarnya panggul yang lemah dari tempat aslinya. Jika salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat displasia atau riwayat kesehatan lainnya yang berkaitan dengan displasia maka sebaiknya untuk menghindari posisi duduk seperti ini.

  • Gangguan neurologis / keterlambatan perkembangan

Ketika seorang anak mengalami pertumbuhan pada massa otor berlebih atau yang disebut dengan hypertonia atau spasticity, maka posisi duduk W akan mengakibatkan perkembangan gerak anak menjadi semakin abnormal, salah satu kondisi yang biasanya dihindari oleh banyak terapis otot.

Memilih posisi duduk lainnya maka akan sangat membantu si kecil dengan masalah otot atau terlambatnya pada perkembangan tumbuh yang lebih baik.

Related post : Ketahui Kondisi Hip Dysplasia Pada Bayi Akibat Salah Menggendong

Benarkah Posisi Duduk “W” Berdampak Pada Kesehatan Anak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.