Begini Cara Membedakan Antara Kaki Keseleo Atau Patah Tulang

Tidak sedikit orang yang langsung pergi ke tukang urut saat mengalami cedera pada bagian kaki. Padahal bisa jadi cedera yang dialami bukan keseleo, melainkan patah tulang. Kedua kondisi tersebut memang akan merasakan sakit dan mengalami pembengkakan. Akan tetapi dari cara penanganan kedua kondisi tersebut tentu berbeda.

Pada kaki yang mengalami patah tulang tidak boleh dilakukan pemijatan atau diurut. Karena cara tersebut malah akan memperparah kondisinya. Apabila mengalami patah tulang, tentu saja hal yang harus dilakukan yaitu dengan cara berobat ke dokter ahli tulang (ortopeadi). Lalu bagaimana caranya untuk membedakan kondisi patah tukang atau keseleo? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Berikut ini cara membedakan kaki keseleo dan patah tulang :

cara membedakan keseleo dan patah tulang

Tanda Kaki Keseleo

Pada umumnya kaki keseleo akan terjadi akibat adanya ligamen (pita yang mengikat pada antara dua tulang) yang mengalami robek, terpelintir atau terlalu tertarik, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri. Kondisi terpelintir atau robeknya ligamen tersebut disebabkan oleh adanya suatu tekanan dan paksaan pada sendi, seperti selesai melakukan aktivitas fisik yang berat, terjatuh atau tidak sengaja terpelintir kakinya saat melakukan lari.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Selain rasa nyeri, adapun tanda kaki lainnya yang mengalami keseleo, seperti :

  • Memar pada bagian yang terkilir
  • Terjadi pembengkakan
  • Adanya perubahan warna kulit pada area yang mengalami keseleo

Apabila hal tersebut dialami, maka kaki Anda memang mengalami keseleo. Untuk pengobatannya cukup dengan istirahat kaki dan lakukan pengompresan pada bagian kaki yang bengkak dengan menggunakan kompres air dingin. Atau bisa juga dengan minum obat pereda nyeri jika masih terasa sakit.

Untuk kondisi keseleo yang ringan maka hanya dengan memakan waktu beberapa hari saja hingga sembuh total. Namun jika kondisi semakin parah, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Tanda Kaki Patah Tulang

Kondisi patah tulang memiliki gejala yang berbeda, meskipun sama-sama menimbulkan rasa nyeri dan bengkak. Berikut ini tanda-tanda kondisi patah tulang, seperti :

  • Saat jatuh, maka Anda akan merasakan atau mendengar bunyi ‘krek’.
  • Akan merasakan nyeri yang cukup parah meskipun hanya dengan disentuh lembut.
  • Terjadi pembengkakan pada bagian yang mengalami patah tulang.
  • Mengalami memar.
  • Akan terasa mati rasa pada area patah tulang.
  • Rasa sakit ketika berjalan dan tidak mampu untuk mengangkat beban yang berat ataupun untuk menopang beban tubuh sendiri.

Biasanya dalam pemulihan patah tulang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan keseleo, dan umumnya sekitar 6 minggu atau hingga hitungan bulan baru bisa berjalan lagi seperti biasa. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan supaya mengetahui kondisi yang sebenarnya, jangan langsung melakukan tindakan pemijatan.

Lalu apa akibatnya jika kondisi patah tulang melakukan tindakan pemijatan?

Tindakan pemijatan pada bagian tulang yang patah akan membuat patahan menjadi semakin melebar, bahkan dapat menyebabkan komplikasi yang beraktibat fatal. Selain itu juga bisa beresiko kehilangan anggota gerak yang terkait seperti sindrom kompartemen. Maka dari itu untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter, supaya kita mengetahui pasti apa yang terjadi.

Baca juga :

| Begini Cara Membedakan Antara Kaki Keseleo Atau Patah Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.