Jenis Olahraga Yang Disarankan Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Organ lutut yang berfungsi sebagai tungkai kaki untuk melakukan pergerakan dan berjalan. Didalamnya terdapat kantong cairan yang dapat melumasi permukaan tendon dan juga dapat mengurangi gesekan saat tendon di lutut melakukan pergerakan. Selain itu terdapat bantalan tulang rawan yang disebut dengan meniscus yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya benturan antara tulang-tulang pembentuk sendi lutut.

Pada sebagian besar kasus nyeri sendi lutut, osteoarthritis merupakan pemicu yang paling sering terjadi. Osteoarthritis dapat memicu hancurnya tulang rawan yang terdapat diantara sendi, sehingga mengakibatkan tulang saling bergesekan dan akan menimbulkan rasa sakit. Pada usia dewasa merupakan kelompok usia yang paling rawan terkena penyakit tersebut. Meskipun kondisi tersebut dapat terjadi pada penderita usia berapa pun.

Telah kita ketahui bahwa lutut merupakan bagian yang paling sering mengalami luka dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, karena pada kenyataannya lutut akan mengalami beban ketika berat badan bertambah. Menurut salah seorang kepala rehabilitasi medis di rumah sakit New York yaitu Wllibald menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga menjadi pengobatan yang terbaik bagi yang menderita nyeri sendi. Tetapi harus dengan teknik yang benar. Lalu olahraga apa saja yang dapat meringankan nyeri sendi pada lutut?

jenis olahraga untuk nyeri sendi lutut

Berikut ini jenis olahraga untuk penderita nyeri sendi lutut :

  • Berjalan kaki

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang sangat rendah resiko bagi seorang penderita nyeri sendi lutut. Karena dengan berjalan kaki maka tidak akan memberikan suatu tekanan pada bagian lutut secara berlebihan seperti saat berlari.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Berenang

Berenang merupakan jenis olahraga yang menggerakan seluruh bagian otot dan juga sendi pada seluruh tubuh tanpa akan mengakibatkan ketegangan pada otot dan sendi. Dikarenakan olahraga ini dapat memperkuat kedua bagian tersebut. Lakukan olahraga berenang di pagi hari dan berenang di air yang hangat akan membantu dalam meredakan rasa nyeri.

  • Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga low impact untuk lutut. Olahraga low impact merupakan bentuk dari aktivitas fisik yang tidak akan memberikan suatu tekanan berat pada bagian tubuh. Jenis olahraga ini sangat cocok bagi penderita nyeri sendi lutut karena tidak akan meningkatkan kadar stres pada lutut. Namun harus diperhatikan alur jalan dan jangan memilih jalanan mendaki yang terlalu curam, utamakan untuk memilih jalan yang landai. Jika menggunakan sepeda statis, diharuskan untuk mengatur tingkat kemiringannya pada level yang lebih rendah.

  • Yoga

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot serta fleksibilitas dari sendi dan otot. Selain itu juga, dengan melakukan olahraga yoga secara rutin maka dapat mengembalikan fungsi dan kekuatan sendi dan otot bahkan dapat menenangkan pikiran.

Baca juga : Berbagai Jenis Olahraga Pencegah Nyeri Sendi Kambuh Lagi

Bagi penderita nyeri sendi lutut maka perlu diketahui untuk menghindari gerakan-gerakan seperti berikut ini :

  • Melompat

Saat melompat maka berarti ibarat menopang sekitar 2-3 kali lipat berat badan. Sehingga mengakibatkan beban pada bagian lutut menjadi bertambah dan beresiko dalam meningkatkan cedera. Hindari untuk melakukan gerakan melompat yang disertai melipat lutut terlalu dalam.

  • Menekuk lutut

Hindari olahraga yang diharuskan melakukan gerakan menekuk lutut. Saat lutut di tekuk, maka akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada tulang-tulang pembentuk sendi lutut dan juga pada tempurung lutut. Sendi lutut dan tempurung akan saling bergesekan. Dengan menekuk lutut maka akan menyebabkan tendon dan juga ligamen lutut menjadi tidak nyaman.

Meskipun sedang mengalami nyeri sendi lutut, bukan berarti Anda harus berhenti bergerak atau berhenti melakukan aktivitas, terlebih lagi jangan berhenti untuk melakukan olahraga. Olahraga memang harus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi jangan sampai memforsirnya sehingga dapat melukai kondisi lutut yang sedang memerlukan perhatian banyak.

| Jenis Olahraga Yang Disarankan Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s