Faktor-faktor Yang Dapat Mempercepat Pengeroposan Tulang

Tulang keropos atau yang disebut dengan osteoporosis adalah kondisi yang dimana tulang menjadi lebih rapuh sehingga akan meningkatkan kemungkinan untuk mengalami patah tulang. Kondisi osteoporosis yang disebabkan oleh kepadatan tulang yang menurun dan disebabkan karena faktor usia dan faktor lainnya seperti menopause. Tetapi tidak menutup kemungkinan tulang keropos bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Lalu apa sebenarnya yang menjadi faktor pemicu terjadinya pengeroposan tulang?

Penyebab Tulang Keropos

faktor-faktor yang mempercepat pengeroposan tulang

Seperti yang telah dijelaskan diatas, osteoporosis ini merupakan kondisi tubuh yang kehilangan banyak tulang dan hanya menghasilkan sedikit tulang. Tulang akan terlihat seperti sarang lebah denga ukuran lubang dan jarak yang kecil jika tulang diletakkan dibawah mikroskop.

Pada kondisi ini akan terjadi ketika tulang mengalami kehilangan mineral. Kalsium juga lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan tubuh yang menggantikannya sehingga pada massa tulang akan berkurang bahkan mudah patah. Sedangkan pada kondisi yang lebih serius, tulang akan mudah patah hanya karena bersin. Dan berikut ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tulang keropos, diantaranya :

  • Hormon tidak seimbang

Ada beberapa hormon yang berperan dalam meningkatkan massa tulang, yaitu hormon paratiroid dan hormon pertumbuhan. Pada kedua hormon tersebut berperan dalam penggunaan kalsium oleh tulang serta dapat menentukan waktu untuk membentuk dan juga menghancurkan tulang. Kurangnya kadar dari kedua hormon tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tulang keropos.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Kurang asupan kalsium

Adanya kandungan kalsium dalam darah sangat dibutuhkan oleh beberapa organ seperti jantung, otot dan syaraf. Sedangkan pada tulang yaitu seperti wadah yang digunakan dalam menyimpan kalsium dan juga fosfor. Ketika semua organ tersebut membutuhkan kalsium, maka organ-organ tersebut akan mengambilnya dari tulang.

Perlu diketahui bahwa asupan kalsium yang rendah dalam tubuh, organ yang akan tetap mengambil kalsium dari tulang, sehingga tulang akan mengalami tulang menipis hingga akan memudahkan mengalami patah. Selain itu asupan kalsium, adanya kandungan fosfor dan vitamin D yang cukup dalam tubuh akan sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.

  • Aktivitas fisik yang rendah

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan tulang keropos, karena tulang yang jarang digunakan maka tulang akan semakin lemah. Hal ini telah dibuktikan ketika astronot yang kehilangan berat badannya saat diluar angkasa dan tetap mampu untuk bertahan dari kondisi kehilangan massa tulang.

  • Sering merokok

Pada beberapa penelitian yang telah berhasil dilakukan bahwa karena keracunan nikotin pada sel tulang maka dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam menggunakan estrogen, kalsium dan juga vitamin D yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.

Tulang merupakan kerangka yang mampu untuk menyangga tubuh, melindungi organ tubuh dari terjadinya benturan dan juga tempat terkaitnya otot sehingga akan digerakkan dengan sambungan tulang satu dan juga yang lainnya sebagai saranya. Selain itu juga tulang yang merupakan penunjang utama tubuh dalam melakukan suatu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah terjadinya tulang keropos lakukan gaya hidup sehat sejak dini guna untuk menjaga kesehatan tulang dengan melalui mengkonsumsi makanan sehat serta rutin melakukan aktivitas fisik.

Baca juga :

| Faktor-faktor Yang Dapat Mempercepat Pengeroposan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s