Ketahui Arti Dari Bidai Tulang Kering Sejak Dini

Apa itu bidai tulang kering?

Bidai tulang kering atau Shin Splints merupakan suatu istilah umum untuk menggambarkan rasa sakit pada sepanjang tulang kering. Akan terjadinya suatu tekanan yang berulang pada tulang kering (tulang tibia) dan juga jaringan ikat (jaringan yang berperan sebagai melekatkan otot pada tulang) yang dipercaya sebagai penyebab terjadinya gejala tersebut.

Pada kondisi ini beresiko terjadi ketika berolahraga lari, terutama ketika awal melakukannya saat kaki belum terbiasa. Kondisi ini akan semakin meningkat jika Anda melakukan olahraga lari pada permukaan keras atau terjal. Namun selain olahraga lari, pada umumnya kondisi seperti ini bisa terjadi pada olahraga yang berisi gerakan ‘mulai dan berhenti’ secara tiba-tiba seperti olahraga badminton, bola basket, atau tenis.

penyakit bidai tulang kering

Ada berbagai faktor resiko yang dapat menyebabkan bidai tulang kering, diantaranya :

  • Memiliki otot betis kencang
  • Memiliki permukaan kaki yang datar atau terlalu melengkung kedalam
  • Memiliki jaringan penghubung otot betis pada tulang tumit (tendon achilles) yang kencang
  • Memiliki pergelangan kaki lemah
  • Kelebihan berat badan
  • Memakai sepatu olahraga tidak tepat
  • Mengikuti latihan militer

Gejala Bidai Tulang Kering

Biasanya gejala bidai tulang kering akan mengalami rasa nyeri pada bagian dalam tulang kering bahkan bisa terjadi pembengkakan, sehingga bagi penderita akan mengalami seperti berikut ini :

1. Apabila sedang melakukan aktivitas seperti olahraga lari, maka akan terasa nyeri pada bagian tulang kering tersebut.

2. Saat beraktivitas akan terasa nyeri. Rasa nyeri akan menghilang dan kembali nyeri saat sudah selesai melakukan aktivitas fisik tersebut.

3. Sebelum melakukan aktivitas olahraga yang sudah merasakan nyeri, atau bahkan ketika sedang melakukan aktivitas maupun sudah beraktivitas masih akan terasa nyeri. Sehingga kondisi tersebut akan mengganggu pada aktivitas olahraga Anda. Kondisi tersebut yang kemungkinan dari timbulnya rasa nyeri dapat dilakukan bahwa cedera atau penyakit bidai tulang kering mengalami semakin parah.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Apakah penyakit bidai tulang kering bisa diobati? Berikut ini ada pengobatan atau pemulihan untuk bidai tulang kering yang cukup sederhana. Biasanya dokter menyarankan untuk melakukan istirahat dar berbagai aktivitas berat atau olahraga yang dapat melibatkan suatu penekanan pada tulang kering. Jika Anda masih ingin melakukan olahraga, olahraga lari bisa diganti dengan yoga atau berenang.

Lakukan pengompresan pada bagian yang nyeri dengan menggunakan kantong es setiap dua atau tiga jam sekali selama kurang lebih 10-15 menit. Jika diperlukan maka dapat mengonsumsi obat untuk pereda rasa sakit.

Apabila rasa sakit telah mereda setelah istirahat selama dua minggu dan tulang kering merasa sudah pulih, maka Anda diperbolehkan melakukan olahraga lari, tetapi harus bertahap. Lakukan langkah-langkah kecil terlebih dahulu, jarang kaki juga tidak boleh terlalu jauh, serta upayakan untuk memulai setengah jarak yang biasa ditempuh. Selain itu juga, disarankan untuk melakukan aktivitas tersebut diatas permukaan yang datar serta tidak keras. Setelah sudah hampir satu bulan, Anda dapat menambah jarak tempuh dan juga lebar langkah lari. Jika rasa sakit kambuh saat sedang melakukan olahraga, sebaiknya hentikan aktivitas tersebut dan konsultasikan pada dokter.

Apakah bidai tulang kering bisa dicegah?

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk melakukan pencegahan pada bidai tulang kering, diantaranya :

  • Lakukan pemanasan dengan sebaik-baiknya sebelum melakukan olahraga
  • Gunakan sepatu olahraga yang tepat dan yang mendukung pada bentuk kaki.
  • Tingkatkan kadar latihan, fleksibilitas serta kekuatan secara bertahap
  • Sebaiknya lakukan olahraga diatas permukaan yang tidak keras

Itulah ulasan mengenai penyakit bidai tulang kering. Sangat penting untuk menjaga kesehatan kaki yang merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi sangat penting terutama saat melakukan berbagai aktivitas. Lakukan istirahat yang cukup karena dapat berpengaruh pada seseorang yang memiliki kaki lebih lemah serta telah menjadi tumpuan pada selama bekerja atau melakukan aktivitas yang lainnya.

| Baca juga :

| Ketahui Arti Dari Bidai Tulang Kering Sejak Dini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s