Manfaat Olahraga Berenang Untuk Mengatasi Radang Sendi

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan bagi seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa adanya gaya gravitas bumi (non weight barring). Berenang sangat baik dilakukan bagi penderita penyakit radang sendi. Bahkan olahraga berenang sering digunakan untuk membantu mereka yang sedang dalam rehabilitasi setelah penggantian sendi.

manfaat berenang untuk radang sendi

Olahraga berenang memang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, terutama bagi penderita radang sendi, karena olahraga ini ternyata menjadi alternatif yang baik dalam meredakan nyeri yang sedang dialami. Dengan melakukan gerakan secara aktif, maka akan memberikan dampak yang positif terhadap rasa sakit pada bagian sendi yang sedang diderita, bahkan juga dapat meningkatkan fleksibilitas.

Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, ternyata berenang juga sangat baik untuk mendapatkan berat badan supaya ideal, terutama bagi penderita nyeri sendi. Gaya berenang yang dianjurkan dalam membantu dalam mengatasi nyeri sendi yaitu gaya bebas, karena akan membuat tubuh, leher, tangan dan tulang belakang berputar dan bergerak secara ringan. Sedangkan pada gaya punggung akan membentuk otot-otot punggung dan juga bagian bahu supaya lebih kuat dan membantu untuk memperpanjang tulang belakang serta membuka rongga dada.

Manfaat Olahraga Berenang

Terdapat banyak alasan dari olahraga berenang menjadi pilihan yang paling tepat bagi penderita radang sendi, antara lain :

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

– Meningkatkan fungsi sendi yang terasa sakit dan nyeri tanpa menimbulkan buruk gejalanya

– Meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan tanpa harus memberikan suatu tekanan pada sendi dan juga tulang belakang

– Meningkatkan kesehatan

– Mengurangi rasa nyeri

– Air merupakan suatu zat yang dapat membuat tubuh menjadi terapung. Saat melakukan olahraga tersebut, maka air akan menunjang tubuh sehingga sendi tidak diperlukan untuk bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan tubuh yang ada didalam air tidak memiliki gravitasi sehingga tubuh akan kehilangan beratnya sebanyak 90%. Maka dari itu tubuh dapat bebas bergerak tanpa harus mengeluarkan tenaga banyak.

– Air yang menciptakan resistensi alami saat seseorang menggerakan tubuh. Hal ini akan membuat bagian otot menjadi berlatih dengan beban tanpa adanya alat.

– Perlu diketahui, jika berenang di dalam air hangat, maka manfaat lainnya juga dapat dirasakan yaitu dapat membatu dalam meredakan rasa sakit pada bagian sendi.

Air yang mampu mencegah cedera berlebih saat melakukan olahraga lainnya seperti atletik. Akan tetapi juga ada yang harus diperhatikan jika rasa nyeri pada sendi cukup parah, maka diharapkan untuk menunggu terlebih dahulu sampai rasa nyeri tersebut sudah benar-benar hilang.

| Baca juga :

| Manfaat Olahraga Berenang Untuk Mengatasi Radang Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s