Berbagai Macam Penyebab Sakit dan Kaku Pada Bagian Leher

Sakit leher merupakan rasa nyeri yang terjadi pada bagian leher, yaitu dari atas bahu hingga bawah kepala. Gangguan kesehatan tersebut cukup dialami oleh semua orang terutama oleh lansia yang berusia diatas 50 tahun. Biasanya sakit leher akan mulai membaik dalam beberapa hari. Kondisi tersebut jarang berkembang dan menjadi gejala kondisi yang lebih serius dan umumnya juga bukan merupakan hal yang perlu diwaspadai.

berbagai penyebab sakit dan kaku pada leher

Sakit leher dapat menyebar hingga ke bagian lengan serta punggung bagian atas. Sehingga mengakibatkan gerakan leher dan juga kepala menjadi terbatas dan aktivitas harian akan menjadi sulit dilakukan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya sakit leher, seperti posisi tidur yang salah, terlalu lama bekerja di depan komputer atau laptop, otot yang terkilir, dan postur leher yang salah akibatnya terlalu sering menunduk atau menengadah. Selain itu, terdapat sebagian kasus besar sakit leher yang disebabkan oleh aktivitas yang dapat membuat leher menjadi tegang, seperti sakit leher yang bisa disebabkan oleh adanya cedera yang diakibatkan oleh kecelakaan.

Kondisi sakit leher yang diakibatkan oleh cedera seringkali membutuhkan penanganan tim medis. Hal tersebut akan diperlukan apabila sakit leher yang disertai dengan gejala nyeri yang akan menekan bagian bahu atau lengan bagian bawah, serta pada lengan akan menjadi lemah atau mati rasa.

Gejala Sakit Leher

  • Pusing atau sakit kepala
  • Otot kaku dan tegang
  • Kepala akan sulit untuk digerakkan
  • Nyeri yang memburuk apabila kepala berada pada satu posisi dalam waktu lama
  • Rasa nyeri yang menyebar hingga pada tangan atau kaki
  • Lengan akan terasa lemah, mati rasa atau kesemutan

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Penyebab Sakit Leher

Leher yang rentan mengalami cedera atau nyeri karena sifatnya yang lentur. Pada sebagian orang dapat bangun di pagi hari dengan kondisi leher yang terpelintir ke satu sisi dan bahkan tidak dapat digerakkan. Pada kondisi tersebut dinamakan tortikolis akut, dan bisa disebabkan oleh cedera pada otot leher. Namun selain itu juga, terdapat beberapa kondisi lain yang dapat memicu terjadinya sakit leher, diantaranya :

1. Otot kaku

Karena terlalu lama menunduk, sering mengertakkan gigi, atau membaca di atas tempat tidur maka dapat menyebabkan otot leher menjadi kaku sehingga akan berlanjut pada sakit leher.

2. Kerusakan sendi

Pada sebagian kerusakan sendi disebabkan oleh osteoarthritis. Pada kondisi tersebut yang berkembang dengan seiringnya bertambahnya usia dapat menyebabkan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan diantara ruas tulang belakang yang memburuk dan dapat memicu terbentuknya taji tulang. Taji tulang tersebut dapat menyebabkan suatu pergerakan sendi leher bahkan dapat menimbulkan rasa nyeri.

3. Saraf terjepit

Pada umumnya kondisi ini terjadi pada orang tua saat salah satu diskus pada dibagian ruas tulang belakang atas terbuka dan gel didalamnya menonjol keluar terhadap saraf didekatnya. Sakit leher yang diakibatkan oleh saraf terjepit disebut dengan radikulopati servikal.

4. Cedera

Leher yang sangat rentan terhadap cedera terutama diakibatkan oleh kecelakaan, jatuh, ataupun olahraga, yang dimana otot ligamen leher dipaksa untuk bergerak diluar kisaran normal. Apabila tulang leher retak, maka sumsum tulang belakang juga bisa mengalami retak. Terjadinya cedera pada leher dapat disebut dengan Whiplash.

5. Kondisi medis lainnya

Berikut terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan sakit pada bagian leher, diantaranya :

  • Penyempitan jalur saraf tulang belakang
  • Infeksi pada leher
  • Flu. Kondisi ini bisa membuat seluruh tubuh menjadi merasa sakit, termasuk pada bagian leher
  • Meningitis. Adanya infeksi pada meningitis atau selaput pelindung yang dapat menyeliputi organ otak dan saraf tulang belakang.
  • Rheumatoid arthritis. Apabila terjadi pada bagian leher, peradangan kronis pada persendian ini maka dapat menyebabkan rasa sakit, kaku, dan bengkak.
  • Fibromialgia. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian otot dan jaringan lunak.
  • Kanker dan HIV. Sedangkan pada kedua kondisi ini akan berdampak pada lemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga akan lebih rentan terkena infeksi.

| Berbagai Macam Penyebab Sakit dan Kaku Pada Bagian Leher

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.