Manfaat Menarik Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan Sendi

Sumsum tulang sapi yang biasanya diolah dengan cara direbus untuk membuat kaldu atau disajikan kedalam sup hangat. Tetapi, pada saat ini sudah banyak variasi masakan dari sumsum tulang seeprti sumsum tulang bakar dan panggang. Perlu diketahui bahwa, selain rasanya yang lezat dan mengunggah selera ternyata sumsum tulang sapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat sumsum tulang sapi untuk kesehatan sendi

Kandungan nutrisi yang ada pada sumsum tulang sapi

Sekitar 96% kandungan utama yang ada pada sumsum tulang sapi yaitu lemak. Tetapi bukan berarti lemak yang ada pada sumsum ini lemak tidak sehat. Dalam sebuah penelitian jurnal Cell Metabolism tahun 2014 telah membuktikan bahwa jaringan-jaringan lemak yang ada dalam sumsum dapat menjadi sumber hormon khusus yang benama Adiponektin dalam tubuh.

Dari tulangnya juga kaya akan berbagai jenis mineral cukup penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu juga, sumsum tulang sapi juga memiliki kandungan kolagen serta glukosamin, yaitu kimia alami yang terdapat pada persendian manusia.

Lalu apa saja manfaat sumsum tulang sapi selain kesehatan sendi?

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya manfaat dari sumsum tulang sapi :

1. Melindungi Sendi

Sumsum tulang yang tinggi akan kandungan kolagen dan glukosamin. Dari kedua zat tersebut berperan untuk memperbaiki kerusakan pada persendian sekaligus menjaganya supaya tetap kuat dan lentur. Kedua kandungan tersebut sama-sama berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu dengan mengonsumsi sumsum tulang maka bisa membantu untuk mencegah berbagai penyakit seperti Osteoarthritis (pengapuran sendi) yang banyak dialami khususnya orang lanjut usia.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Pada Sendi

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Dalam sebuah penelitian oleh para ahli di Amerika Serikat menguak bahwa adanya kandungan Adiponektin yang berguna untuk mencegah diabetes. Diabetes yang bisa terjadi ketika hormon insulin yang ada dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik dalam mengolah gula.

Pada penelitian tersebut telah membuktikan bahwa kadar Adiponektin yang tinggi berarti hormon insulin yang akan bekerja lebih efektif sehingga kadar gula didalam tubuh akan meningkat terlalu tinggi. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan penyebab diabetes. Perlu diketahui juga, pada porsi makan juga harus diperhatikan karena diabetes juga bisa dipicu dari mengonsumsi lemak yang berlebihan.

3. Melancarkan Pencernaan

Kaldu dari sumsum tulang sapi mengandung gelatin, yaiti protein khusus yang memiliki manfaat banyak bagi sistem pencernaan. Diantaranya dapat memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan, meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan, dan meningkatkan kadar bakteri baik di organ usus.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan kolagen yang terdapat pada sumsum tulang sapi berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit supaya tetap lembut, kenyal dan cerah. Apalagi jika sudah mulai mengalami proses penuaan yang ditandai dengan adanya garis-garis halus pada wajah, kulit mengering, dan keriput. Dari kandungan gelatin akan memicu prdoduk kolagen dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi sumsum tulang dapat membantu merawat kulit supaya tetap awet muda.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telah dilakukan penelitian uji coba oleh seorang dokter spesialis kanker yang berasal dari Swedia, yaitu memberikan sumsum tulang belakang sapi pada anak-anak yang menderita leukimia. Penderita kanker leukimia tersebut telah berkali-kali menjalani terapi radiasi sehingga pasokan sel darah didalam tubuh akan berkurang. Dan ternyata setelah mengonsumsi sumsum tulang sapi, para penderita kanker tersebut mengalami peningkatkan sel darah putih.

Sel darah putih juga penting guna untuk menjaga daya tahan tubuh serta melawan berbagai jenis penyakit. Inilah alasan mengapa orang yang sedang sakit sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sup kaldu, terutama pada sumsum tulang.

| Manfaat Menarik Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan Sendi

Advertisements

One thought on “Manfaat Menarik Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan Sendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.