Berbagai Jenis Olahraga Pencegah Nyeri Sendi Kambuh Lagi

Seseorang yang menderita masalah pada persendian seperti rematik dan osteoarthritis maka dapat menghambat pada aktivitas sehari-hari karena takut rasa nyeri menjadi semakin parah jika bergerak. Namun perlu diketahui bahwa terdapat banyak jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala nyeri pada sendi kambuh.

jenis olahraga pencegah nyeri sendi kambuh lagi

Berikut ini jenis olahraga yang bisa mencegah nyeri sendi kambuh

Nyeri sendi bukanlah suatu alasan untuk tidak melakukan olahraga secara rutin. Karena dengan melakukan olahraga justru akan membantu menguatkan pada bagian otot-otot serta menghindarkan dari gangguan persendian. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda bisa melakukan olahraga berikut supaya tidak akan membuat nyeri sendi menjadi semakin parah.

1. Peregangan

Dengan melakukan gerakan peregangan secara rutin, maka hal ini dapat membantu untuk melunturkan daerah sendi sehingga akan terhindar dari nyeri sendi yang mungkin akan kambuh. Anda juga bisa melakukan setiap pagi, karena hal ini juga sangat baik untuk mengawali aktivitas seharian. Berikut ini terdapat macam-macam peregangan yang bisa dilakukan :

  • Meregangkan leher

Pada persendian leher menjadi sasaran jika nyeri sendi. Oleh karena itu lakukan untuk mencegah sendi leher supaya tidak kaku. Biasakan untuk meregangkan leher dengan cara memutarkan kepala dari kanan ke kiri dan sebaliknya dengan melakukan beberapa kali. Selain itu juga, dapat miringkan leher ke bagian kanan ataupun kiri, setelah itu tahan posisi tersebut selama beberapa detik.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Meregangkan lengan

Peregangan pada lengan merupakan dasar yang memang sebenarnya harus dilakukan setiap hari meskipun tidak mengalami nyeri pada sendi sama sekali. Anda dapat melakukannya dengan cara menekuk salah satu tangan yang kemudian akan menyilangkan tangan.

  • Meregangkan kaki

Biasanya pada persendian lengan dan kaki menjadi sasaran empuk bagi Anda yang memiliki nyeri sendi. Cobalah untuk membuat sendi kaki dan tangan menjadi lebih lentur. Anda dapat mencoba untuk duduk dan meluruskan kedua kaki, dan usahakan untuk bisa mencium bagian lutut tanpa melakukan pergerakan sama sekali.

2. Yoga

Ada beberapa gerakan yang sangat baik untuk mencegah gejala nyeri sendi kambuh. Seperti pose kobra yang dilakukan dengan cara telungkup kemudian angkat secara perlahan bagian kepala serta tubuh bagian atas dengan menyerupai ular kobra.

Olahraga lain yang dianjurkan
Bagi penderita nyeri sendi tidak perlu melakukan olahraga berat. Anda perlu melakukan olahraga ringan lainnya seperti berjalan kaki, berenang dan bersepeda.

Baca juga :

| Berbagai Jenis Olahraga Pencegah Nyeri Sendi Kambuh Lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.