Alasan Kenapa Si Tubuh Kurus Berisiko Terkena Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah terjadinya penipisan massa tulang secara berkelanjutan sehingga akan membuat tulang menjadi keropos, rapuh dan mudah patah. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan jaringan tulang yang terjadi lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang yang baru. Pada wanita akan lebih berisiko mengalami osteoporosis setelah massa menstruasinya berakhir atau menopause.

Perlu diketahui bahwa ternyata seseorang yang memiliki tubuh kurus sangat beresiko terkena osteoporosis. Mengapa? Hal ini terjadi karena tulang yang dibentuk orang kurus lebih kecil dibandingkan dengan orang yang memiliki berat normal. Tulangnya akan relatif lebih kecil dan lebih mudah keropos bahkan patah tulang.

alasan tubuh kurus beresiko osteoporosis

Masyarakat menganggap bahwa dengan menjalani diet guna untuk menghindari berat badan yang berlebihan maka akan meningkatkan percaya diri dan mengurangi penyakit yang disebabkan oleh kegemukan. Padahal pada seseorang khususnya wanita yang menjalani diet ketat sehingga tubuhnya terbentuk kurus akan berdampak pada kesehatan.

Kasus yang terjadi pada berat badan yang kurang ataupun lebih jarang disadari akan berdampak buruk pada kesehatan. Jika berat badan kurang maka akan mengalami ketidakseimbangan sehingga akan mempengaruhi daya tahan tubuh serta rentan terkena penyakit, salah satunya penyakit osteoporosis.

Tubuh yang terlalu kurus akan lebih mengalami kekurangan vitamin D dan kalsium yang menjadi sumber utama kesehatan pada tulang. Terutama pada wanita yang termasuk kedalam ketegori masa pertumbuhan yang akan menghambat dalam proses pembentukan tulang sehingga akan menyebabkan osteoporosis di usia muda. Karena terhambatnya proses pertumbuhan tersebut maka akan sangat rentan terhadap timbulnya penyakit. Tulang akan menjadi rapuh dan lemah.

Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan bahwa berat badan akan berpengaruh pada kesehatan tulang. Memiliki berat badan yang kurus maka akan berpengaruh pada kepadatan tulang yang rendah. Perlu untuk diketahui, dalam mengukur berat badan yang ideal dapat menggunakan Indeks Massa Tubuh. Anda dapat menghitungnya dengan cara membagi berat badan dengan tinggi badan, kemudian hasilnya di kuadratkan. Jika anda memiliki hasil Indeks Massa Tubuh dibawah Indeks Massa Tubuh yaitu dengan ideal 18,5 hingga 24,9, maka anda mengalami kurus yang tidak sehat.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Memiliki komposisi yang tidak seimbang maka akan mempengaruhi pada otot dan lemak, yang merupakan bantalan untuk organ penting didalam tubuh dan juga menciptakan daya tahan tubuh serta membantu produksi enzim dan sistem hormon. Dan yang peling penting yaitu seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus kemungkinan akan kekurangan mineral sehingga akan menyerap mineral yang terdapat pada tulang, sehingga tulang akan menjadi lebih keropos dan mengalami osteoporosis.

Maka demikian, risiko osteoporosis akan lebih besar terjadi pada orang-orang yang memiliki tubuh kurus dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh gemuk, dikarenakan tulang akan giat membentuk sel jika ditekan oleh bobot yang berat. Pada daerah tulang yang memiliki bobot lebih, maka tulang akan merangsang untuk membentuk massa pada area tersebut terutama pada daerah pinggul dan panggul. Apabila tubuh berbobot ringan, maka massa tulang akan cenderung kurang sempurna, dan biasanya memiliki massa tulang yang kurang dibandingkan dengan seseorang yang memiliki badan gemuk.

Meskipun risiko osteoporosis lebih rendah pada orang yang bertubuh gemuk, akan tetapi jika mereka melakukan penurunan berat badan dengan cara yang salah justru akan beresiko lebih besar dari orang yang bertubuh kurus pada umumnya. Tidak jarang orang yang ingin memiliki keinginan untuk mengurangi berat badan, dari inilah yang dapat memicu peningkatan risiko mengalami osteoporosis. Melakukan diet ketat atau tidak benar maka akan berpotensi meningkatnya risiko osteoporosis pada tubuh.

Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi risiko osteoporosis?

Untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis, sebaiknya lakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, yaitu :

  • Rajin melakukan olahraga
  • Hindari minuman alkohol yang berlebihan
  • Jangan merokok
  • Menjaga berat badan supaya tetap ideal.
  • Konsumsi makanan yang sehat yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Lakukan diet yang mencakup nutrisi penting untuk membuat tulang kuat. Karena hal ini akan membantu untuk mengurangi risiko patah tulang.

| Alasan Kenapa Si Tubuh Kurus Berisiko Terkena Osteoporosis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.