Penyebab Lutut Nyeri dan Kaku Setelah Duduk

Setelah kita membahas mengenai penyebab dari nyeri lutut saat olahraga lari, nah sekarang mari kita bahas tentang penyebab nyeri lutut dan kaku setelah duduk.

Lutut nyeri dan kaku setelah duduk dengan jangka waktu yang lama adalah salah satu gejala dari osteoarthritis lutut. Pada saat seseorang duduk selama kurang lebih dari dua jam, kemudian mencoba untuk berdiri dan berjalan, lalu sangat sulit untuk berjalan dengan benar. Lalu apa yang menyebabkan kondisi seperti itu?

penyebab lutut nyeri dan kaku setelah duduk

Lutut kaku dan nyeri setelah duduk dengan jangka waktu yang lama akan menunjukkan adanya masalah sendi seperti arthritis. Bahkan mungkin akan terasa kaku juga setelah duduk bersilah meskipun hanya beberapa menit saja. Pada kondisi ini seringkali akan terasa kaku dan nyeri hanya berlangsung selama beberapa menit, sehingga Anda dapat melanjutkan aktivitas setiap harinya. Akan tetapi, apabila kondisi ini terjadi bahkan setiap harinya, maka masalah ini sangat diperlukan bantuan tim medis.

Sendi merupakan tempat dimana dua tulang yang saling berhubungan dengan satu sama lain. Pada ujung-ujung tulang yang dilapisi dengan jaringan elastis dikenal dengan tulang rawan. Dan dapat dikatakan bahwa tulang rawan yang terletak pada sendi itu sendiri. Lalu apa yang menyebabkan kaku pada lutut?

Berikut penyebab lutut nyeri dan kaku :

  • Osteoarthritis

Seseorang yang mengalami nyeri sendi dan kaku pada lutut setelah duduk terlalu lama berarti orang tersebut menderita osteoarthritis. Hal ini merupakan masalah pada persendian yang dimana tulang rawan menutupi ujung tulang akan mengalami lemah dan terkikis. Akibatnya tulang tersebut akan bergesekan atau bersentuhan dengan satu sama lain yang terdapat gerakan sehingga akan mengakibatkan rasa sakit. Tetapi kondisi ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba dan merupakan hasil dari rusaknya progresif yang lambat dari tulang rawan dan juga sendi. Pada kondisi ini sering terjadi pada orang tua atau menopause.

Artikel terkait : Cara Pengobatan Rumahan Dalam Mengatasi Osteoarthritis

  • Chondromalacia Patella

Lutut yang terasa kaku setelah duduk dapat disebabkan oleh Chondromalacia Patella. Pada umumnya kondisi ini akan mempengaruhi tulang rawan yang terletak pada dibawah tempurung lutut (patella). Kondisi tersebut akan mengacu pada cedera tulang rawan sehingga akan sulit untuk beraktivitas. Hal ini juga terjadi karena tulang rawan yang ada pada tempurung lutut menjadi lembek serta sangat rentan terhadap kerusakan. Pada beberapa kasus yang terjadi, tempurung lutut yang tidak selaras dengan tulang paha akan menyebabkan kerusakan dari tulang rawan. Sehingga tempurung lutut yang tidak ada dalam posisi semestinya, akan menggores pada ujung bawah tulang paha.

Rasa nyeri yang diderita akan berkurang dengan berbagai macam cara yaitu pengompresan atau penyuntikan cairan sinoval pada bagian sendi. Namun untuk pengobatan pengapuran sendi tergantung pada kondisi stadiumnya. Sebagai pencegahan, sebaiknya untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, supaya tulang dan sendi tetap kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

| Penyebab Lutut Nyeri dan Kaku Setelah Duduk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s