Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin

Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk orang yang masih muda. Maka dari itu, sangat diperlukan asupan nutrisi dan vitamin guna untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Kekuatan tulang akan melemah sehingga menyebabkan tulang menjadi patah bahkan rapuh. Pada umumnya kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit, terkecuali pada kondisi patah tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit dengan jangka waktu yang panjang (kronis). Pada sebagian orang yang menderita osteoporosis berusia lanjut akan memiliki postur tubuh yang membungkuk, atau pembengkokan tulang ke arah depan. Umumnya kondisi tersebut terjadi ketika tulang belakang mengalami patah, sehingga tulang akan membengkok karena sudah tidak mampu lagi menopang berat badan.

mencegah osteoporosis dengan vitamin

Menjaga Asupan Vitamin

Sangat diperlukan asupan vitamin untuk tulang yaitu vitamin D. Asupan vitamin D sangat dibutuhkan guna untuk menjaga kekuatan tulang dan juga otot. Karena tanpa asupan nutrisi tersebut maka penyerapan kalsium tidak akan mampu berlangsung dengan baik, akibatnya tubuh akan kehilangan senyawa penting yang mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D secara mudah yaitu dengan melalui paparan sinar matahari. Serta tidak lupa untuk selalu mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat dan bergizi. Pada sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat kandungan vitamin D dan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Bahkan manfaat dari vitamin untuk tulang mampu membantu penyembuhan penyakit rakitis.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Berikut daftar makanan yang mengandung asupan vitamin untuk tulang

Kunci untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat yaitu konsumsi jenis makanan yang bernutrisi serta mengandung vitamin D dan kalsium. Dari nutrisi tersebut sangat berguna untuk tubuh dengan seiringnya bertambah usia dan melemahnya kepadatan tulang. Berikut ada beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin untuk tulang, yaitu :

  • Produk susu, keju, dan yogurt
  • Ikan sarden, salmon, dan tuna
  • Telur
  • Bayam
  • Jus jeruk

Lalu berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh?

Pada anak-anak dan remaja yang berusia 9-18 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 satuan internasional (IU) dalam per hari. Sedangkan pada orang dewasa yang berusia 50 tahun kebawah membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 400-800 IU per hari. Dan bagi orang yang sudah berusia diatas 50 tahun membutuhkan asupan 800-1.000 IU vitamin dalam sehari.

Perlu diketahui juga, ada kadar vitamin D didalam tubuh yang tidak boleh melebihi 4.000 IU sehari karena bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Maka dari itu sangat perlu dikonsultasikan juga pada dokter mengenai takaran asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh guna untuk menghindari dampak dari kekurangan asupan vitamin D.

Bagi seseorang yang kekurangan asupan vitamin D, pada umumnya memiliki karateristik sebagai berikut :

  • Jarang terpapar sinar matahari
  • Memiliki penyakit ginjal
  • Kulit berwarna gelap
  • Berusia diatas 50 tahun
  • Intoleran terhadap laktosa (susu)
  • Pada bayi baru lahir yang hanya diberi asupan ASI
  • Menerapkan pola makan yang ketat dan meniadakan dalam mengonsumsi daging, ikan, telur, dan produk olahan susu kedalam diet atau vegan.

Untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan tulang seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis, pengapuran tulang dan sendi, serta masalah kesehatan tulang lainnya, diharuskn untuk mencukup kebutuhan asupan vitamin yang bernutrisi untuk tulang. Serta jika jarang terpapar sinar matahari serta kurangnya mengonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin D maka bisa mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin D.

Related post :

| Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s