Pentingnya Kandungan Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Pada masa kehamilan, jumlah nutrisi yang dibutuhkan akan semakin bertambah. Karena ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sang janin yang ada didalam kandungannya guna untuk mendukung masa pertumbuhan dan juga perkembangannya. Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan saat masa kehamilan yaitu kalsium.

Kalsium yang memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan tubuh setiap manusia. Dari sejak janin didalam kandungan, ia membutuhkan nutrisi kalsium untuk menguatkan pertumbuhan jaringan tulang dan juga gigi. Kalsium juga dibutuhkan hingga usia lanjut bertujuan untuk mempertahankan kekuatan tulang seta mencegah kondisi gigi keropos.

manfaat kalsium untuk ibu hamil dan perkembangan janin

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membentuk kekuatan tulang dan gigi. Selain itu juga, kalsium berperan sangat penting dalam mendukung kesehatan sistem saraf, jantung, serta otot tubuh. Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium maka sangat baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bagi ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin D setiap hari sebanyak 10 mikrogram, dan asupan kalsium sebanyak 200-300 miligram. Pada ibu hamil sangat membutuhkan jumlah vitamin D dan kalsium lebih besar selama masa kehamilan bertujuan untuk menunjang pertumbuhan tulang sang bayi. Jika ibu hamil mengalami kekurangan kalsium maka akan beresiko mengalami kelahiran prematur dengan berat badan yang rendah. Bahkan kondisi tersebut akan semakin parah jika janin dilahirkan dari ibu yang mengidap riwayat penyakit diabetes.

Berikut manfaat kalsium bagi ibu hamil :

  • Mampu Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Bagi ibu hamil yang sangat membutuhkan asupan kalsium guna untuk mempertahankan kesehatan tulang serta dapat memberikan nutrisi bagi ibu hamil dan janin. Janin yang memakai kalsium untuk membentuk jaringan tulang rawan. Dalam proses penyerapan kalsium dalam membentuk pertumbuhan tulang akan terus dilakukan sampai usia 20 tahun. Akan tetapi dalam penyerapan kalsium maka akan mengalami penurunan pada saat usia 30 tahun. Apabila tubuh telah memenuhi asupan kalsium dan juga vitamin D maka tulang akan kuat dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Dapat Membantu Proses Metabolisme

Ternyata kalsium jga berperan penting dalam melancarkan proses metabolisme. Kalsium yang juga mampu mendukung proses pembakaran lemak sehingga sangat baik dalam menurunkan berat badan. Untuk itu tidak jarang kandungan kalsium tergolong kedalam asupan makanan untuk proses diet. Selain itu juga kalsium dapat membentuk tubuh menjadi lebih sehat karena dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kalsium memang sangat penting untuk mendukung masa pertumbuhan tulang dan gigi. Tetapi asupan kalsium yang tidak dibutuhkan oleh tulang akan digunakan untuk membentuk pada sistem kerja yang lebih baik, termasuk pada otot jantung, pembuluh darah, dan sistem syaraf. Dengan jumlah kalsium yang cukup maka dapat memelihara kesehatan jantung secara alami.

  • Mampu Mengurangi Resiko Kanker

Penyakit kanker yang disebabkan rusaknya sel sehat oleh serangan zat radikal bebas. Ternyata asupan kalsium yang cukup dapat membantu tubuh dalam membentuk sistem kekebalan alami serta mengurangi resiko kanker. Pada jenis kalsium alami ini bisa didapatkan dari berbagai makanan yang sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, prostat, dan kolorektal.

Mengingat dari pentingnya asupan kalsium untuk ibu hamil beserta perkembangan janin tersebut, maka sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Pada umumnya mineral kalsium akan disimpan pada tulang, tetapi akan keluar melewati aliran darah apabila dibutuhkan oleh tubuh. Bunda bisa mendapatkan kandungan kalsium dari makanan seperti tempe, tahu, susu, dan kacang merah.

| Pentingnya Kandungan Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s