Hindari Kebiasaan Buruk Ini Agar Tulang Sehat

Tulang yang memiliki peran sangat banyak dalam tubuh, termasuk untuk mendukung postur tubuh yang lebih baik, menunjang otot, melindungi organ dalam tubuh, serta menyimpan kalsium. Dengan seiringnya usia bertambah, secara perlahan tulang akan mengalami kehilangan kepadatan, sehingga sangat rentan mengalami tulang keropos (osteoporosis) atau masalah tulang lainnya.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Osteoporosis yang bisa menyerang pada pria ataupun wanita, bahkan dapat terjadi pada seseorang yang masih muda. Tetapi, perlu diketahui bahwa osteoporosis ternyata lebih rentan terjadi pada wanita karena adanya perubahan hormon ketika massa menstruasi, kehamilan, dan menopause. Adanya hormon estrogen yang mengalami penurunan ketika menopause maka akan mengakibatkan daya ikat tulang menjadi berkurang sehingga dapat memicu osteoporosis. Selain itu juga, seseorang yang kekurangan kandungan kalsium dapat menyebabkan pengeroposan tulang.

Osteoporosis dapat diperlambat bahkan dicegah dengan menjaga kesehatan tulang selama masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk menghindari kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tulang.

kebiasaan buruk yang harus dihindari agar tulang sehat

Kebiasaan buruk yang harus dihindari supaya tulang tetap sehat :

1. Merokok

Telah kita ketahui bahwa merokok tidak hanya buruk bagi organ paru-paru, tetapi juga sangat buruk untuk kesehatan lainnya termasuk tulang. Studi yang telah dilansir oleh healthguidance.org menunjukkan bahwa :

  • Seorang perokok tidak dapat menyerap kalsium yang sangat penting dalam mempertahankan tulang yang kuat secara efisien. Perokok juga cenderung memiliki ukuran tulang yang lebih kecil dan massa tulang yang bahkan lebih rendah.
  • Merokok dapat mengurangi produksi hormon estrogen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang yang kuat bagi wanita.
  • Saat telah memasuki usia 70 tahunan, maka kepadatan tulang sang perokok sebanyak 5% lebih rendah daripada bagi mereka yang tidak merokok.
  • Seorang perokok memiliki tingkat kesembuhan tulang retak yang lebih rendah.

2. Pola Makan yang Buruk

Asupan nutrisi yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam pertumbuhan tulang secara optimal. Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan kehilangan sejumlah asupan nutrisi seperti kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa kebiasaan buruk dari makanan yang perlu dihindari, yaitu :

  • Daging merah. Terlalu banyak mengonsumsi protein hewani ternyata dapat menguras kalsium dari tulang. Karena daging merah yang kaya akan asam amino mengandung belerang. Asam amino yang dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dilepaskan dengan melalui urine, bahkan tanpa disadari. Akan tetapi hal ini bukan berarti Anda tidak boleh makan yang mengandung protein. Untuk itu harus dalam batas wajar supaya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh seimbang.
  • Terlalu banyak garam. Semakin banyak makanan asin atau asupan garam pada makanan, maka akan semakin banyak kehilangan kalsium. Salah satu studi yang diterbitkan di Asia Pacifiv Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pada seorang pria di Negara China yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan asin akan lebih rentan mengalami osteoporosis.
  • Konsumsi kafein yang berlebih. Terdapat studi kasus menemukan bahwa mengonsumsi kafein yang berkontribusi terhadap kepadatan tulang yang rendah bagi wanita pasca menopause. Dalam studi tersebut menemukan bahwa mengonsumsi kafein ternyata dapat menguras kandungan kalsium dari tulang serta mengurangi kekuatan tulang. Selain itu juga, kandungan xanthines yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan pelepasan kalsium dengan melalui urine yang merupakan menajdi pemicu tulang keropos.
  • Terlalu banyak minum soda. Mengonsumsi soda secara berlebihan akan dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang. Menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa semakin banyak orang mengonsumsi soda, maka akan semakin besar pula resiko patah tulang bagian pinggul.

Dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan oleh Advances in Nutrition menemukan bahwa mengurangi daging merah dan juga olahan serta minuman ringan, permen, makanan gorengan, atau makanan pencuci mulut, serta biji-bijian olahan semuanya memiliki dampak yang positif pada kesehatan tulang. Akan tetapi asupan makanan tersebut harus dengan seimbang.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata dapat merusak kesehatan pada tulang dan sumsum tulang, mengurangi serta membuat kepadatan tulang menjadi lebih sulit, yang akibatnya dapat menyebabkan sangat rentan mengalami tulang keropos (osteopenia), serta osteoporosis di kemudian hari.

| Hindari Kebiasaan Buruk Ini Agar Tulang Sehat

Related post :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s