Alasan Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis

Osteoporosis atau yang disebut dengan pengeroposan tulang merupakan suatu kondisi tubuh yang dimana keadaan tulang menjadi rapuh, tipis, keropos, dan mudah patah. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan kalsium bagi tulang pada setiap harinya. Kondisi osteoporosis ini bisa terjadi pada wanita maupun pria. Tetapi tahukah Anda bahwa kondisi osteoporosis sangat lebih rentan terjadi pada wanita.

alasan kenapa wanita rentan terkena osteooporosis

Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat tiga dari lima wanita yang beresiko osteoporosis. Sedangkan pada pria satu dari lima yang beresiko osteoporosis. Lalu mengapa wanita lebih beresiko terkena osteoporosis? Hal ini disebabkan karena adanya siklus kehidupan yang dialami oleh wanita yaitu massa mengandung dan juga menyusui.

Tetapi pada kondisi ini bisa terjadi karena banyaknya tulang yang mati, dan tidak sebanding dengan tulang yang diproduksi. Namun lebih bahayanya yaitu karena gejala yang timbul lebih sedikit, sehingga pada sebagian besar wanita tidak menyadari bahwa mereka terkena osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi patah.

Lalu apa yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena osteoporosis?

Berikut faktor yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis :

1. Struktur Tulang

Wanita mengalami struktur tulang berbeda dengan pria. Pada wanita memiliki massa tulang 30% lebih sedikit sehingga dapat mengakibatkan sangat rentan terhadap penyakit osteoporosis. Selain itu juga wanita memiliki ukuran tulang lebih kecil yang dapat meningkatkan resiko penyakit osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang memiliki postur tubuh dan berat badan yang lebih besar.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

2. Hormon

Estrogen yang berperan penting dalam proses produksi massa tulang dan mampu dalam mengendalikan aktivitas pembentuk tulang (osteoblast) dan penyerap tulang (osteoclast). Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa estrogen bisa digunakan sebagai salah satu tujuan dalam menangani osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause. Tetapi masih banyak yang dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam hal ini.

Meskipun kadar estrogen pada wanita lebih banyak dibandingkan pria, tetapi kadar tersebut akan mengalami penurunan yang drastis ketika wanita tersebut sudah memasuki massa menopause. Pada fase ini wanita akan cenderung mengalami kehilangan tulang serta beresiko osteoporosis. Wanita akan lebih rentan mengalami osteoporosis jika :

  • Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Memiliki riwayat pemindahan indung telur.
  • Mendapatkan menstruasi pertama pada usia lebih muda dibandingkan pada umumnya.
  • Mengalami menopause lebih cepat.

3. Menopause

Wanita yang telah memasuki usia menopause akan lebih rentan terkena penyakit osteoporosis. Hormon estrogen yang berkurang maka dapat meningkatkan penyakit tulang pada wanita.

Selain beberapa faktor diatas yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis yaitu penyakit yang berhubungan dengan tulang. Maka dari itu lakukan gaya hidup sehat dengan cara rutin melakukan aktivitas olahraga yang disertai dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan juga kalsium setiap harinya. Karena osteoporosis ternyata juga dapat mengancam wanita dibawah usia 50 tahun.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa, wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis yang dipengaruhi oleh faktor struktur tulang, hormon, dan usia. Pencegahan dapat dilakukan sejak dini dengan mengonsumsi vitamin D dan juga makanan yang mengandung kalsium sehingga resiko pengeroposan tulang akan lambat.

| Alasan Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s