Macam-Macam Penyakit Tulang yang Harus Diketahui

Tulang merupakan suatu jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matriz kolagen ekstaseluler (type collagen) yang disebut dengan osteoid. Pada osteoid ini termineralisasi oleh adanya deposit kalsium hydroxyapatide sehingga tulang akan menjadi kuat. Tulang juga merupakan penopang tubuh vertebrata, tanpa adanya tulang maka tubuh tidak akan bisa tegak berdiri. Maka dari itu tulang merupakan bagian yang paling penting dari tubuh.

macam-macam penyakit tulang

Tulang memiliki siklus hidup. Mereka berkembang dan pada akhirnya mati untuk memberikan tempat bagi tulang yang baru. Kombinasi dari kolagen dan kalsium akan memberikan tulang menjadi fleksibilitas dan juga kuat. Saat sudah memasuki penuaan maka proses pembuatan tulang akan menjadi lambat dan tanpa melakukan perawatan sehingga akan menyebabkan berbagai macam penyakit tulang.

Biasanya penyakit tulang disebabkan oleh massa tulang yang rendah dan terjadinya kerusakan struktur tulang. Massa tulang rendah yaitu saat tulang kehilangan mineral seperti kalsium sehingga mengakibatkan mudahnya patah tulang. Seseorang yang kekurangan asupan kalsium maka cenderung akan lebih rentan memiliki penyakit tulang. Ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan seseorang beresiko terkena penyakit tulang.

Berikut macam-macam penyakit tulang :

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu penyakit yang ditandai oleh hilangnya massa tulang yang tidak normal serta kerusakan struktur tulang pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini dapat membuat tulang menjadi lemah dan kemungkinan untuk patah. Pada kondisi ini tidak akan menimbulkan suatu gejala sehingga Anda tidak tahu bahwa Anda mengalami tulang patah. Penyakit osteoporosis ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan kalsium serta lakukan aktivitas olahraga secara rutin.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

2. Rickets

Jenis penyakit tulang ini merupakan penyakit yang terjadi akibat terlalu banyaknya mengonsumsi kalsium. Biasanya penyakit ini diderita oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Penumpukan kalsium menyebabkan kelainan tulang yang menyebabkan tulang menjadi membesar. Selain penumpukan kalsium, jenis penyakit ini dapat disebabkan oleh radiasi sinar matahari.

3. Osteogenesis Imperfekta

Penyakit tulang ini merupakan kelainan genetik yang membuat tulang patah dnegan mudah, namun tidak diketahui alasannya. Osteogenesis imperfecta ada yang ringan dan ada juga yang berat, serta gejala yang terjadi dapat berbeda-beda pada setiap orang. Seseorang yang mengalami sedikit atau bahkan ratusan kali mengalami patah tulang dalam hidupnya. Untuk pengobatan pada jenis penyakit tulang ini sampai sekarang belum dapat diketahui.

4. Kanker Tulang

Kanker tulang disebabkan oleh adanya pertumbuhan yang tidak normal pada sel tulang dan bersifat patogen yang sangat membahayakan bagi tubuh. Biasanya penyakit kanker tulang ini ditandai dengan adanya rasa nyeri yang berulang dengan jangka waktu yang panjang dan secara terus menerus.

5. Rakhitis

Penyebab terjadinya penyakit rakhitis adalah karena kurangnya asupan vitamin D dan kalsium. Sehingga menyebabkan tulang kaki pada seseorang mengalami bengkok membentuk huruf O atau X. Vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu menyerap kalsium dan juga fosfor. Tanpa itu tulang tidak akan tumbuh dengan baik sehingga menjadi lemah. Untuk pencegahannya yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium serta berjemur dibawah sinar matahari saat dipagi hari.

6. Penyakit Paget

Penyakit paget adalah gangguan tulang yang dapat menyebabkan kerusakan abnormal pada jaringan tulang di bagian tertentu. Biasanya tulang akan tampak lebih tebal dan lebih besar. Pada suatu jenis sel yang disebut dengan osteoklas akan bertanggung jawab untuk merusak pada jaringan tulang. Osteoklas yang terlalu aktif akan menyebabkan perbentukan tulang bekerja dengan cepat bertujuan untuk mengganti tulang yang hilang. Tetapi jaringan tulang baru tersebut yang tidak teratur akan membuat tulang menjadi mudah patah dan rapuh. Hal ini biasanya akan melibatkan pada tulang belakang, kaki, panggul, atau tengkorak.

Penyebab dari penyakit tulang biasanya karena kurangnya asupan makanan yang mengandung kalsium, kekurangan vitamin dan tidak melakukan aktivitas olahraga. Sistem kerangka tulang yang sehat dan juga kuat memang sangat penting dalam keseluruhan kesehatan dan kualitas hidup yang baik. Lalu apakah ada cara pencegahannya?

Berikut ada beberapa pencegahan terjadinya penyakit tulang :

  • Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kandungan kalsium yang bisa didapat dari susu rendah lemak, susu kedelai, keju, brokoli, sedangkan vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium.

  • Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas olahraga juga memang sangat penting, minimal dengan berolahraga jalan kaki, aerobik, atau berenang.

  • Berhenti Merokok

Aktivitas merokok yang dapat menghambat pemulihan tulang yang keropos atau patah serta dapat menghambat pertumbuhan tulang.

  • Kurangi Konsumsi Garam

Garam yang dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui keringan dan urine.

  • Batasi Konsumsi Kafein

Terutama bagi wanita yang telah memasuki masa menopause harus membatasi dalam mengonsumsi kafein.

  • Berhati-hati Obat yang Dikonsumsi

Obat yang tergolong kortikosteroid yang digunakan dengan jangka waktu yang lama dapat meningkatkan resiko terjadinya pengeroposan tulang.

Itulah macam-macam penyakit tulang yang mungkin dapat terjadi beserta cara pencegahannya yang dapat dilakukan sejak dini untuk meminimalisir terjadinya serangan penyakit tulang. Tingkatkan pola hidup sehat dan baik supaya kualitas hidup dapat meningkat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s