Kandungan Ikan Teri yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tulang

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki ukuran kecil dan salah satu hasil laut Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa ikan teri hanya dapat diolah menjadi ikan asin saja. Tetapi justru ikan teri ini lebih enak dan bukan jenis ikan asin.

Dibalik ukurannya yang kecil ternyata ikan teri memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain dapat membantu mencapai masa tulang yang optimal serta mencegah patah tulang, ikan teri juga bermanfaat dalam membantu pembentukan dan juga pemeliharaan gigi.

manfaat ikan teri untuk kesehatan tulang

Manfaat Dari Kandungan Ikan Teri

Pada sebuah makanan yang biasanya mengandung nilai gizi dan nutrisi tertentu. Saat makanan tersebut ditambahkan ikan teri didalamnya, maka nilai gizinya akan bertambah. Hal tersebut akan lebih baik dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dari segi nutrisi yang dikandung oleh ikan teri itu sendiri, maka ikan tersebut memiliki nutrisi dan gizi yang sangat tinggi. Berikut ada beberapa manfaat kandungan gizi dan nutrisi dari ikan teri :

1. Protein

Meskipun memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun perlu diketahui bahwa nilai gizi ini hanya berlaku untuk ikan teri yang masih segar dan bukan pada jenis ikan yang sudah diasinkan. Didalam 100 gr ikan teri segar terkandung 10.3 gr protein. Dari protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain :

  • Membentuk otot
  • Menambah masa otot
  • Menambah kekuatan dan daya tahan tubuh
  • Sangat baik untuk masa pertumbuhan

2. Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada pada ikan teri juga cukup tinggi. Dalam setiap 100 gr ikan teri mengandung 3.9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi tubuh, dan berikut manfaat kandungan zat besi :

  • Mencegah terjadinya anemia
  • Menambah darah
  • Mempercepat proses penyembuhan luka
  • Mencegah terjadinya pusing

3. Kalsium

Inilah kandungan gizi yang tertinggi dari ikan teri. Jika dibandingkan dengan jenis ikan laut lainnya, ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang paling tinggi. Telah terbukti, dari jumlah 100 gr ikan kecil ini terkandung 972 mg kalsium, dan jumlah tersebut tergolong sangat tinggi untuk ukuran ikan kecil seperti ikan teri. Kandungan kalsium yang ada didalamnya hanya perlu ditambahkan dengan segelas manfaat susu, sehingga akan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dalam setiap harinya. Berikut manfaat kalsium bagi tubuh :

  • Memperkuat tulang
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
  • Sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

4. Vitamin A

Meskipun kandungan vitamin A yang ada pada ikan teri kecil dibandingkan dengan manfaat sayuran atau buah-buahan, tetapi vitamin A yang ada pada ikan teri dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari. Berikut manfaat vitamin A bagi tubuh :

  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Dapat menjadi antioksidan
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah terjadinya kelainan atau gangguan pada mata
  • Baik untuk kesehatan tubuh

5. Vitamin B1

Ikan teri memang terbukti mengandung vitamin B1, meskipun tergolong sangat kecil yaitu sebanyak 0.24 mg vitamin B1 per 100 gr ikan teri yang segar. Tetapi kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya :

  • Membantu proses oksidasi pada tubuh
  • Memberikan dan memproses energi yang masuk kedalam tubuh
  • Menjaga kesehatan tubuh

6. Fosfor

Sama halnya dengan jenis ikan laut lainnya, ikan teri mengandung fosfor yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, dan fungsinya berdampingan dengan fungsi dari kalsium bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gr ikan teri yang segar terdapat kandungan fosfor sebanyak 253 mg.

7. Lemak

Jika dibandingkan dengan kandungan dan karbohidrat yang dimiliki oleh ikan teri, lemak juga terkandung pada ikan teri yang tergolong rendah yaitu sebanyak 1.4 gr lemak per 100 gr ikan teri segar. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, ikan teri sangat berguna karena dapat membantu melancarkan program diet.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari ikan teri yang segar dan bukan ikan teri yang sudah diasinkan. Perlu diketahui, meskipun ikan teri sangat bagus untuk mencegah osteoporosis, tetapi bagi mereka yang menderita penyakit asam urat harus diwaspadai. Karena dari kandungan proteinnya akan membuat hasil metabolisme yang berbentuk purin yang dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah.

| Kandungan Ikan Teri yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s