Penyebab Umum Nyeri Pada Siku Tangan

Penyebab utama sakit pada bagian siku tangan biasanya disebabkan oleh aktivitas yang melibatkan siku terlalu sering digunakan. Banyak sekali kegiatan olahraga atau suatu pekerjaan yang membutuhkan pergerakan tangan, lengan, serta pergelangan tangan yang terlalu sering. Biasanya sakit pada siku terjadi karena arthritis, tetapi secara umum sendi pada siku tidaklah mudah rusak ataupun terluka dibandingkan dengan sendi lainnya.

penyebab umum nyeri siku tangan

Pada sendi siku terdiri dari tulang, kartolago (tulang rawan), ligamen, dan juga cairan. Pada otot dan tendon dapat membantu sendi siku bergerak bebas. Saat salah satu struktur terluka atau terjadi cedera, maka Anda akan mengalami masalah pada bagian siku. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nyeri pada siku, seperti :

– Cedera ketika berolahraga yang merupakan penyebab umum nyeri siku.
– Kecelakaan saat terjatuh.
– Olahraga yang bertumpu pada sendi.
– Adanya penyakit dan gangguan yang mempengaruhi pada bagian tubuh.

Bagian siku dapat mengalami retak atw dislokasi akibat dari terjatuh yang tepat pada siku atau lengan yang mendapat tekanan terlalu banyak. Lalu apa saja penyebab umum dari nyeri siku?

Berikut beberapa penyebab umum nyeri siku :

  • Tendinosis atau Tendonitis

Tendinosis yang dikenal dengan tendonitis kronis merupakan suatu cedera tendon yang dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup ekstrim pada bagian siku. Penyebab dari tendonitis yaitu karena kebiasaan menggunakan pergelangan tangan dan siku secara terus menerus seperti aktivitas melempar bisbol atau mengayunkan tongkat golf atau bermain tenis.

Terdapat dua jenis tenis diantaranya epicondylitis yaitu jenis tendonitis yang memengaruhi pada bagian dalam siku, dan lateral epicondylitis atau yang disebut dengan “ennis elbow” yang memengaruhi pada bagian luar siku.

  • Oleacaranon Bursitis

Penyebab dari nyeri sendi siku bisa berasal dari bursa yang merupakan kantung kecil berisi cairan yang membantu untuk melindungi dan juga melumasi sendi. Karena adanya benturan pada siku, maka infeksi maupun arthritis dapat menyebabkan kerusakan pada bursa. Selain akan merasa nyeri, gejala yang akan muncul yaitu pembengkakan serta kesulitan untuk menggerakan siku. Pada umumnya kondisi tersebut dapat diatasi dengan pemberian obat dan bantalan pada siku.

  • Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan salah satu masalah peradangan yang sering terjadi pada bagian sendi, seperti pada lutut, pinggul ataupun tulang belakang. Kondisi tersebut sering menjadi penyebab nyeri pada sendi siku. Gejala yang biasa terjadi seperti kesulitan untuk menekuk siku, rasa sakit, terjadi pembengkakan, sensasi penguncian dibagian siku, dan muncul suara ketika digerakan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Dislokasi dan Fraktur Siku

Kondisi cedera pada siku seperti halnya terjatuh pada bagian lengan dapat menyebabkan dislokasi atau patah tulang. Pada umumnya kondisi ini terjadi ketika tulang bergerak dari posisi semula, dan patah tulang akan terjadi ketika tubuh retak.

  • Ligamen Strain dan Terkilir

Kondisi ini juga dapat terjadi pada salah satu ligamen yang terletak pada bagian siku. Keseleo atau ligamen yang terkilir dan strain bisa terjadi karena adanya trauma atau stress yang berulang. Pada umumnya gejala yang sering terjadi seperti rasa sakit, sendi tidak stabil, pembengkakan dan masalah dengan pergerakan.

  • Osteochondritis

Osteochondritis juga menjadi penyebab umum dari nyeri pada bagian siku, yang dimana kondisi tersebut tulang yang dilapisi cartilage sendi mati karena aliran darah yang berkurang. Pada gangguan ini biasanya terjadi pada anak-anak atau remaja. Penyebab kondisi ini bisa kerena cedera pada sendi atau karena aktivitas yang berulang dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam banyak kasus yang terjadi, maka diharukan untuk menjalani terapi fisik setelah melakukan pengobatan cedera siku yang parah. Terapi fisik dapat membantu untuk mengembalikan rentang gerak setelah dilakukan operasi atau setelah bidai.

| Penyebab Umum Nyeri Pada Siku Tangan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s