Ketahui 3 Penyebab Jari Tangan Menjadi Kaku

Jari tangan kaku merupakan suatu kondisi yang tidak hanya membuat jari tiba-tiba menjadi sulit untuk digerakkan atau terdiam pada posisi tertentu. Tetapi juga merupakan suatu kondisi yang cukup menyakitkan karena adanya tendon pada jempol atau jari tangan yang mengalami inflamasi.

Tendon adalah penghubung antara tulang serta otot yang berbentuk jaringan pita keras. Saat jari akan digerakkan, maka otot dan tendon pada bagian lengan dan juga tangan akan bersama-sama meluruskan atau menekuk pada jari tangan. Biasanya pada pergerakan tersebut bisa berjalan dengan lancar, tetapi pada kondisi tertentu maka tendon dapat mengalami pembengkakan atau peradangan. Sehingga pergerakan yang telah dilakukan dapat menarik tendon yang telah meradang dengan melalui selubung tendon yang menyempit hingga yang pada akhirnya akan berbunyi.

| Baca juga : Ketahui Dampak Sering Membunyikan Persendian Punggung, Jari dan Lainnya

Gejala akan muncul sebagai petanda jari tangan kaku dimulai dari gejala yang ringan hingga parah, seperti pada pagi hari jari tangan kaku dibagian dasar jari yang terinfeksi akan muncul pembengkakan kemudian ketika digerakkan maka jari tangan akan menimbulkan bunyi ‘Klik’. Sedangkan gejala lainnya yaitu jari tangan yang tiba-tiba terdiam pada posisi tertekuk bahkan sangat sulit jika ingin diluruskan.

Jari tangan yang kaku juga dapat disebabkan oleh adanya pergerakan jari tangan yang dipaksakan dan juga berulang. Namun ada juga penyebab dari jari tangan yang kaku lainnya seperti diabetes, pirai, dan rheumatoid arthritis.

penyebab jari tangan kaku

Berikut terdapat penyebab munculnya jari tangan menjadi kaku, diantaranya :

  • Osteoarthritis Bagian Tangan

Osteoarthritis atau yang disebut dengan radang sendi dapat menyerang pada bagian tangan dan dapat menimbulkan rasa sakit pada tiga jari bagian tangan. Seperti pada bagian tengah sendi jari, sendi yang dekat dengan ujung jari, serta bagian pangkal ibu jari. Apabila mengalami osteoarthritis pada bagian tangan, maka akan mengalami jari tangan kaku, sakit, bengkak, bahkan terdapat benjolan yang bisa muncul di bagian sendi jari yang kaku. Rasa sakit akan dapat berangsur hilang, akan tetapi benjolan pada bagian sendi dapat menetap.

Bagian belakang jari (punggung tangan) yang kemungkinan akan muncul seperti kista yang cukup mneyakitkan. Dengan secara perlahan, jari yang mengalami peradangan dapat membengkok ke arah samping. Pada kondisi tertentu, maka akan mendapati suatu benjolan dibagian dasar dengan jempol serta sendi pergelangan. Benjolan tersebut akan terasa sangat sakit yang akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi. Rheumatoid arthritis dapat disebabkan oleh gangguan sistem imunitas tubuh yang menyerang pada jaringan tubuh. Sedangkan osteoarthritis yaitu suatu kondisi yang disebabkan oleh penggunaan sendi.

Pada gangguan peradangan yang kronis dapat terjadi pada rheumatoid arthritis yang dapat menyerang pada bagian kecil sendi dibagian kaki dan tangan, yang tepatnya pada bagian selaput yang membungkus cairan sendi atau membran sinovial. Kondisi tersebut bisa menimbulkan pembengkakan yang cukup menyakitkan serta dapat menimbulkan deformatis atau kelainan bentuk pada sendi dan erosi tulang.

Pada umumnya rheumatoid arthritis lebih sering menyerang pada wanita, terutama pada usia diatas 40 tahun. Gejala yang akan muncul selain jari tangan kaku yaitu sendi bengkak, akan terasa hangat hingga berjam-jam. Atau juga bisa disertai dengan berat badan yang menurun, demam, kelelahan, timbulnya benjolan dari jaringan dibawah kulit bagian lengan. Gejala tersebut bervariasi dalam tingkat keparahannya. Dengan seiringnya waktu pada kondisi rheumatoid arthritis dapat menimbulkan pergerseran sendi.

  • Pirai

Pirai merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa kaku, perih, bahkan sendi yang membengkak. Jika kondisi pirai yang sudah terlalu lama maka dapat merusak pada tendon, sendi, atau bagian jaringan tubuh lainnya. Apabila rheumatoid arthritis umumnya sering terjadi pada wanita, sebaliknya kondisi pirai umumnya sering terjadi pada pria. Penyebab dari pirai yaitu oleh asam urat yang terlalu banyak dalam aliran darah. Tidak semuanya pada semua orang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat mengalami kondisi pirai, tetapi saat tingkat asam urat sudah terlalu tinggi, maka asam urat akan dapat mengkristal didalam sendi.

Pirai juga bisa terjadi apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi minuman alkohol, makan terlalu banyak daging ikan yang memiliki kandungan bahan kimia, memiliki berat badan yang lebih, serta terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi. Selain itu juga, diabetes menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Meskipun masih belum diketahui secara pasti mengapa diabetes dapat menyebabkan jari tangan menjadi kaku.

Pada kondisi penyakit tertentu apabila terlalu lama kondisi jari tangan kaku diabaikan, maka dapat menyebar pada masalah lainnya. Untuk itu segera konsultasikan pada dokter ketika mengalami beberapa gejala seperti yang sudah dijelaskan diatas.

| Ketahui 3 Penyebab Jari Tangan Menjadi Kaku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s