Inilah Aktivitas Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Ternyata banyak aktivitas yang tanpa kita sadari menjadi pemicu terjadinya nyeri sendi. Lokasi timbulnya nyeri sendi tersebut paling umum terjadi pada bagian lutut, pergelangan kaki, dan sekitar bahu. Dan perlu Anda ketahui cara perawatan dengan tepat yang dapat Anda lakukan dirumah.

Nyeri sendi yang disebabkan oleh adanya suatu cedera yang dapat memengaruhi jaringan ligamen dan tendon pada sekitar sendi. Pada umumnya nyeri sendi tersebut akan menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami cedera, karena tingkat keparahannya juga rasa sakit yang ditimbulkan akan bervariasi dimulai dari yang ringan, menengah hingga tingkat yang lebih parah.

aktivitas pemicu nyeri sendi

Pemicu Nyeri Sendi

Ada berbagai hal yang dapat menjadi faktor resiko terjadinya nyeri sendi, dari mulai asupan nutrisi sehari-hari yang kurang seimbang, bertambahnya usia, berat badan yang berlebih, pengaruh stress, jenis pekerjaan, terjadinya cedera juga dapat mempengaruhi nyeri sendi, hingga aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari. Penyebab nyeri sendi memang sangat beragam, akan tetapi terdapat beberapa aktivitas sehari-hari yang dapat menyebabkan nyeri sendi, diantaranya :

Mengangkat Beban Berat

Aktivitas mengangkat beban yang terlalu berat dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi pada bagian punggung. Maka dari itu ketika sedang mengangkat atau memindahkan barang, harus berhati-hati supaya tidak cedera pada punggung sehingga dapat dihindarkan.

Berdiri Terlalu Lama

Jika berdiri terlalu lama maka akan menyebabkan nyeri pada sendi, karena pada pasalnya tumpuan tubuh yang akan diberikan dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi ruang-ruang antar sendi, terutama pada sendi panggul, lutut, serta kaki. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan berdiri hampir sepanjang jam, sebaiknya mencoba untuk meregangkan lutut dengan menekuk lutut secara bergantian supaya meminimalisir nyeri sendi. Atau sebaliknya, jika Anda duduk atau tidur terlalu lama, Anda dapat mencetuskan nyeri sendi tersebut, yang diakibatkan oleh ruang antar sendi yang lama tidak digunakan bergerak ataupun menopang beban pada tubuh.

Olahraga yang Berlebih

Aktivitas olahraga memang dapat membangun kekuatan otot dan memelihara kesehatan pada sendi, akan tetapi apabila dilakukan secara berlebihan, olahraga juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Terdapat beberapa macam olahraga yang menjadi pemicu terjadinya nyeri sendi pada bagian tubuh seperti lari dan basket yang menjadikan lutut sebagai tumpuan ketika akan melompat. Dari kedua jenis olahraga tersebut, resiko untuk mengalami nyeri sendi pada bagian lutut serta pergelangan kaki akan cenderung lebih besar.

Cedera

Cedera seperti keselo dapat menyebabkan nyeri sendi pada bagian tubuh. Pada umumnya olahraga yang menuntut pergerakan otot secara berulang seperti olahraga bulu tangkis, golf, atau dayung akan beresiko mengalami keseleo.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Dengan Mudah

Penanganan awal pada nyeri sendi dapat dilakukan dengan mudah. Lakukan dengan tindakan yang disebut dengan RICE, yaitu :

  • Rest

Dengan beristirahat maka akan memberikan waktu dalam proses pemulihan bagi sendi, serta dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan.

  • Ice

Dari suhu dingin dari es untuk dipaparkan pada area yang mengalami nyeri sendi, maka bisa membantu dalam mengalihkan rasa nyeri ataupun dapat mengurangi pembengkakan jika terdapat cedera pada jaringan sendi. Anda dapat membungkus es dengan menggunakan kain lembut kemudian kompreskan pada sendi.

  • Compression

Melakukan penekanan pada sendi yang dilakukan dengan menggunakan perban elastis, supaya dapat membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan serta dapat menjaga posisi sendi. Tetapi pastikan Anda tidak melilitkan perban dengan terlalu ketat supaya peredaran darah tetap lancar.

  • Elevation

Tempatkan pada bagian yang mengalami nyeri sendi, dengan lebih tinggi dari tubuh, seperti dengan mengganjal bantal pada kaki atau lutut yang sedang mengalami nyeri sendi.

Apabila perawatan dirumah tidak mampu mengatasi nyeri pada sendi, maka segeralah untuk konsultasikan pada dokter, supaya nyeri tersebut tidak akan bertambah parah.

| Inilah Aktivitas Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s