Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Patah Tulang

Patah tulang merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi akibat kecelakaan lalu lintas, jatuh, ataupun cedera akibat dari olahraga. Patah tulang dapat menyebabkan adanya celah pada bagian tulang sehingga akan merasakan sakit saat disentuh, bisa membentuk melintang atau menjadi beberapa potongan. Adanya tekanan atau trauma yang terlalu keras maka dapat menyebabkan patah tulang.

pertolongan pertama pada patah tulang

Pada umumnya patah tulang disebut dengan fraktur dan digolongkan menjadi 2 macam yakni fraktur tertutup dan fraktur terbuka. Pada fraktur tertutup, tulang yang patah tidak akan sampai keluar melewati kulit. Sedangkan pada fraktur terbuka, sebagian ataupun keseluruhan tulang yang patah akan terlihat menembus kulit. Kasus tersebut bisa berbahaya karena adanya korban yang kemungkinan akan kehilangan banyak darah ataupun rawan dari infeksi.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Tipe Patah Tulang

  • Patah tulang greenstick, yaitu kondisi patah tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi bengkok atau biasanya banyak terjadi pada anak-anak saat mengalami suatu tekanan yang keras.
  • Patah tulang oblik, yaitu patah tulang yang dapat membuat tulang tengah menjadi melengkung atau bengkok.
  • Patah tulang tranversal, yaitu patah tulang yang terjadi pada bagian tengah tulang.
  • Patah tulang komunif, yaitu patah tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi pecah beberapa bagian.
  • Patah tulang patologis, yaitu patah tulang yang disebabkan karena adanya penyakit pada bagian tulang.

Perlu diketahui juga, terdapat beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan tulang menjadi sangat rentan patah tulang. Pada kondisi kesehatan tersebut diantaranta ostoporosis, penyakit tulang rapuh (osteogenesis tidak sempurna), kelenjar paratiroid aktif, atau beberapa jenis kanker.

Berikut pertolongan pertama pada patah tulang

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat seseorang mengalami patah tulang, yakni :

Langkah 1

Jangan bergerak kecuali jika diperlukan. Supaya dapat mencegah cedera lebih lanjut, maka stabilkan pada area yang luka dengan tetap berdiam diri. Untuk menangani pada daerah luka, maka Anda dapat membuat bidai dengan cara melipat sepotong karton atau majalah kemudian tempatkan dibawah anggota badan. Setelah itu ikat dengan hati-hati dengan menggunakan potongan kain.

Langkah 2

Apabila terjadi pendarahan, maka hentikan dengan membungkus daerah luka dengan perban secara erat atau kain steril, lalu terapkan tekanan pada luka.

Langkah 3

Untuk mengurangi pembengkakan, maka dapat diterapkan dengan cara mengompres es atau kompres dingin pada bagian patah tulang tersebut. Akan tetapi jangan letakkan es langsung pada kulit. Bungkuslah kedalam handuk atau kain.

Itulah beberapa pertolongan pertama pada orang yang mengalami patah tulang yang dapat Anda lakukan. Segera hubungi bantuan medis supaya kondisi tidak menjadi lebih parah.

| Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Patah Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s