Konsumsi Brokoli Mampu Kurangi Radang Sendi

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Didalam 100 gr brokoli terdapat dari 2.82 gr protein, 2.6 gr serat, 47 mg kalsium, serta 89.2 mg vitamin C. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism adanya temuan bahwa terdapat kandungan nutrisi yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi, salah satunya yaitu Osteoarthritis.

brokoli mampu kurangi radang sendi

Arthritis atau penyakit radang sendi adalah salah satu penyakit yang pada umumnya rentan menyerang kaum perempuan. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh karena kegemarannya perempuan menggunakan high heels. Arthritis merupakan penyakit yang dimana sendi menjadi meradang. Gejala yang terjadi sendi akan terasa kaku, nyeri hingga membengkak.

Sayuran hijau ini tidak hanya baik untuk membantu dalam program diet. Tetapi juga dapat mencegah penyakit arthritis atau radang sendi yang rentan terjadi pada perempuan. Kandungan brokoli sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh, brokoli yang kaya akan vitamin A, B, C, dan K serta nutrisi lainnya seperti kalium, serat dan zinc yang sangat dibutuhkan oleh sendi. Selain itu juga brokoli mengandung senyawa belerang yang berfungsi untuk menyaring karsinogen atau berupa zat yang dapat memicu terjadinya tumor.

Terdapat hasil yang telah dilakukan pada hewan yang diberi diet tinggi Sulforaphane (zat yang ada pada brokoli), ditemukannya fakta resiko kerusakan tulang rawan dan sendi lebih rendah. Sulfur tersebut diduga dapat menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi. Sedangkan penelitian yang dilakukan pada hewan di National Cancer Institute menyebutkan bahwa brokoli dapat berperan sebagai anti karsinogen, anti bakterial, anti viral, serta dapat mengurangi peradangan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Perlu diketahui bahwa dalam pengolahan brokoli seperti memasak, memotong, atau memblansir ternyata dapat mempengaruhi kandungan nutrisi didalamnya. Beberapa nutrisi yang dapat terpengaruh antara lain polifenol, glukosinolat, sulforaphane, dan antioksidan lainnya.

Itulah dampak positif jika mengkonsumsi sayuran brokoli yang dapat membantu dalam mengurangi radang sendi. Selain itu, ternyata brokoli juga sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit kronis lainnya. Semoga bermanfaat !

| Konsumsi Brokoli Mampu Kurangi Radang Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s