Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Duduk Terlalu Lama

Pada beberapa aktivitas menuntut kita untuk duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlebih apabila pekerjaan kita yang merupakan pekerjaan kantoran. Duduk terlalu lama bukan hanya membuat kita bosan, tetapi juga terkadang akan menyebabkan suatu masalah, dan salah satunya adalah sakit pinggang.

Sakit pinggang bukanlah suatu hal yang disepelekan, meskipun penyebabnya hanya duduk dengan waktu yang cukup lama, tetapi apabila dilakukan dengan jangka waktu yang panjang akan menimbulkan suatu penyakit yang serius sehingga pinggang akan terasa sakit. Penyebab dari sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesalahan sikap saat duduk, berdiri, naik kendaraan, kebiasaan tidur atau kondisi dari tempat tidur yang digunakan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Penyebab lain dari sakit pinggang yaitu terjadinya gangguan pada otot, tulang belakang, ligamen, tendon dan saraf, arthritis, hernia diskus, penyakit rongga panggul, suatu infeksi di sekitar tulang belakang, perut, atau bahkan kelainan bawaan pada tulang belakang. Banyak kasus yang dialami bagi mereka yang merasakan sakit pinggang karena terlalu lama duduk, hal tersebut biasanya akan membaik setelah melakukan olahraga. Posis duduk yang tidak tepat dan tidak sehat, dapat menyebabkan cedera pada otot-otot, tendon, ligamen, bahkan kompressi pada tulang belakang.

sakit pinggang akibat duduk terlalu lama

Untuk dapat mengatasi supaya sakit pinggang bisa kita cegah meskipun kita duduk terlalu lama. Berikut cara mengatasi sakit pinggang akibat duduk terlalu lama :

  • Biasakan duduk dengan posisi yang tepat. Karena hal tersebut sebagai cara pencegahan supaya sakit pinggang tidak terjadi. Pada kebanyakan orang timbulnya sakit pinggang karena duduk lama dengan posisi yang tidak tepat.
  • Setiap satu jam sekali, usahakan untuk berdiri dan lakukan peregangan bertujuan untuk merelaksasi tubuh cukup 5 menit.
  • Gunakan kursi yang dapat menopang pinggang dengan sempurna, sehingga Anda dapat duduk dengan nyaman.
  • Lakukan olahraga secara rutin seperti jalan-jalan, berenang, bersepeda paling tidak 30-40 menit setiap hari.
  • Ketika tidur, gunakan tempat tidur yang baik. Posisi tidur yang baik yaitu miring ke sebelah kanan, denan telapak tangan kanan meopang pada pipi Anda.
  • Usahakan untuk tidak mengangkat beban yang berat melebihi kapasitas tenaga Anda, karena akan membuat pinggang menjadi terbebani.
  • Pada saat duduk, perbanyak minum air putih.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, sayuran hijau, biji-bijian, ikan salmon atau ikan sarden supaya tulang tetap kuat.
  • Menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Itulah beberapa cara yang dapat mengatasi rasa sakit pada pinggang akibat duduk terlalu lama. Lakukan pemeriksaan atau konsultasikan pada dokter jika rasa sakit tidak kunjung sembuh.

| Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Duduk Terlalu Lama

Baca juga : Atasi Sakit Pinggang Saat Hamil dan Ketahui Penyebabnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s