Solusi Dalam Mengatasi Sakit Lutut Ketika Ditekuk dan Diluruskan

Sakit lutut ketika akan ditekuk atau diluruskan merupakan salah satu cedera pada lutut yang disebabkan karena kondisi yang disebut dengan Bursitis. Bursitis adalah peradangan atau pembengkakan pada bursae. Bursae itu sendiri merupakan bantalan yang berisi suatu cairan dan terletak pada sekitar sendi yang mengelilingi tendon, jaringan otot, dan kulit yang menempel pada tulang. Area yang paling umum terjadi bursitis yaitu pada bagian lutut, siku, bahu, dan juga panggul. Tetapi bursitis dapat memengaruhi pada persendian yang sering melakukan pergerakan berulang.

solusi sakit lutut saat ditekuk

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Penyebab umum dari kondisi bursitis adalah terjadinya cedera atau kerusakan bursae sehingga memicu rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Dari beberapa tipe bursitis, lutut akan terasa sakit ketika ditekuk yang termasuk kedalam tupe prepatellar bursitis, yang merupakan adanya kerusakan pada bursae disekitar tempurung lutut. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan olahraga, sering menekuk lutut, infeksi, bertumpu pada lutut dalam jangka waktu yang lama, serta pendarahan pada bursae.

Menurut salah satu dokter berpendapat bahwa daerah lutut terdiri dari atas tulang, tulang rawan, ligamen, otot, tendon, bursa, dan meniksus. Sehingga jika terjadi kelainan atau mengalami gangguan pada salah satu struktur lutut maka dapat menimbulkan nyeri dengan jangka waktu lama. Sendi lutut sangat rentan mengalami cedera sehingga tidak sedikit orang yang mengalami nyeri pada lutut atau bahkan terjadi bengkak. Terdapat beberapa faktor penyebab nyeri lutut ketika ditekuk diantaranya :

  • Akibat benturan keras dan kuat
  • Pernah mengalami kecelakaan
  • Akibat gerakan yang tidak biasa saat melakukan aktivitas tertentu
  • Melakukan aktivitas fisik secara berlebihan
  • Tingginya kadar asam urat dalam tubuh

| Baca juga : Penyebab Nyeri Lutut Saat Olahraga Lari

Dalam pengobatan bursitis dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Tetapi rasa tersebut biasanya akan membaik hanya dalam beberapa saat saja. Sementara untuk pembengkakan yang terjadi, akan membutuhkan waktu yang lebih lama tergantung kondisi bursitis itu sendiri

Berikut ada beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi sakit lutut :

  • Beristirahat dan lakukan kompres pada bagian yang terasa sakit.
  • Konsumsi obat anti inflamasi untuk mengatasi pembengkakan.
  • Memberikan suntikan kortikosteroid untuk membantu dalam proses penyembuhan dengan cepat.
  • Melakukan terapi untuk membantu dalam pemulihan dan penyembuhan pada lutut.

Saat mengalami sakit pada lutut ketika ditekuk atau diluruskan maka jangan pernah untuk melakukan pemijatan tanpa konsultasikan terlebih dahulu. Karena hal tersebut justru akan semakin lebih parah rasa sakit yang dialami. Supaya membantu dalam meningkatkan kekuatan otot dan tulang lutut maka dapat Anda lakukan dengan cara berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan hindari olahraga yang dapat memicu rasa sakit pada bagian lutut.

| Solusi Dalam Mengatasi Sakit Lutut Ketika Ditekuk dan Diluruskan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s