Kandungan Rumput Laut Yang Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan

Rumput laut yang memang sudah lama dikenal oleh orang banyak karena memiliki rasa yang enak. Rumput laut ini disebut juga dengan seaweed yang merupakan tanaman laut berjenis alga, tidak memiliki akar, daun dan batang, berbeda dengan tanaman lainnya. Rumput laut memiliki klorofil atau pigmen warna lain, yang dimana dari warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut.

Dalam bahasa ilmiah rumput laut disebut dengan Codium Fragile yang merupakan anggota dari keluarga alga (ganggang). Di wilayah Indonesia, rumput laut cukup banyak dibudidayakan yang akhirnya diolah menjadi makanan. Dari olahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu asupan sayuran bagi tubuh. Rumput laut juga dapat memenuhi asupan gizi apabila dikonsumsi sebanyak 17.5 cangkir untuk wanita, sedangkan 21 cangkir untuk pria. Seperti sayuran pada umumnya, jenis rumput laut ini dapat menyediakan nutrisi yang sangat cukup penting bagi tubuh.

Kandungan gizi dari rumput laut yang kaya akan mineral, terdapat sekitar 77 mineral yang ada pada rumput laut. Mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti kalsium, natrium, fosfor, magnesium, yodium, kalium, seng dan zat besi terdapat pada rumput laut. Jenis kandungan lainnya juga seperti beberapa jenis vitamin, mulai dari vitamin A (betakaroten), vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Dari semua kandungan tersebut maka rumput laut juga memiliki keuntungan bagi kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaat dari rumput laut bagi tubuh?

khasiat rumput laut untuk tubuh

Berikut manfaat rumput laut bagi kesehatan :

  • Mencegah Anemia

Rumput laut ternyata dapat mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Hal tersebut disebabkan karena kandungan mineral yang ada pada rumput laut dapat menstabilkan sel darah, dan dapat meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh. Dengan mengkonsumsi sebanyak 200 gr rumput laut setiap harinya, maka gejala anemia dapat dicegah.

  • Mencegah Tulang Keropos / Osteoporosis

Kandungan kalsium tinggi yang terdapat pada rumput laut jauh lebih baik dan tinggi dibandingkan dengan kandungan kalsium yang ada pada susu. Kalsium merupakan suatu zat yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Apabila Anda tidak menyukai susu, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi rumput laut. Selain itu vitamin K yang ada pada rumput laut juga dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang serta dapat membantu pertumbuhan tulang dengan maksimal.

Artiek terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Mempertahankan atau Menurukan Berat Badan

Dari beberapa jenis rumput laut seperti rumput laut cokelat yang mengandung pigmen fucoxanthin yang bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh dalam mengubah lemak menjadi energi. Menurut penelitian juga telah menunjukkan bahwa alginat (serat alami pada rumput laut cokelat) dapat membantu untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus sebanyak sekitar 75%.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat dari rumput laut juga tidak kalah penting ternyata dapat membantu dalam penyembuhan luka. Terdapat kandungan vitamin C yang memiliki peran untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Meningkatkan Energi

Kandungan zat besi yang terdapat pada rumput laut dapat meningkatkan energi pada tubuh. Jika kekurangan zat besi maka akan menyebabkan anemia, sehingga akan menjadi mudah lemah. Mengkonsumsi rumput laut dapat menambah asupan gizi.

  • Mencegah Kanker

Banyaknya kandungan yang ada pada rumput laut sangat bermanfaat dalam menangkal sel kanker yang ada pada dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada rumput laut juga sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan pada kulit sehingga akan menjadi lebih cerah dan lembab.

Itulah manfaat rumput laut bagi kesehatan. Tetapi perlu diketahui juga, meskipun memiliki manfaat yang banyak, namun tetap konsumsilah secara bijak, yaitu mengkonsumsi dengan porsi yang sewajarnya. Karena jika terlalu berlebihan maka dapat menyebabkan yodium berlebih pada tubuh.

| Kandungan Rumput Laut Yang Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s