Manfaat Kandungan Kalsium Untuk Meningkatkan Kinerja Tulang

Kalsium Karbonat dari alami webber yang merupakan suplemen kesehatan tulang untuk perbaikan dan juga pemeliharaan tulang dan gigi supaya kuat, dan pemeliharaan kesehatan secara keseluruhan yang optimal. Kalsium sangat diperlukan untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, gusi sehat serta pemeliharaan jantung berdetak dan impuls saraf transmisi biasa.

Setiap sel dalam tubuh hampir menggunakan kalsium dengan beberapa cara, termasuk pada otot, sistem saraf, dan hati. Karena hal tersebut merupakan sebuah blok bangunan untuk kesehatan tulang dalam seumur hidup baik pada pria maupun wanita. Tambahan kalsium dengan vitamin D secara signifikan dapat meningkatkan massa tulang pertumbuhan anak-anak maupun orang dewasa, bahkan dapat menurunkan resiko keropos tulang.

manfaat kalsium untuk peningkat kinerja tulang

Kalsium yang memiliki peran penting banyak dan sebagai mineral yang berlimpah dalam tubuh. Tubuh menggunakannya untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, menjaga supaya tetap kuat meskipun dengan seiring pertambahan usia. Jumlah kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan juga gigi berbeda-beda tergantung dari usia. National Institutes of Health telah menunjukkan tingkat asupan harian bagi orang dewasa :

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

  • Dewasa 19-50 tahun 1.000 mg
  • Pria dewasa 51-70 tahun 1.000 mg
  • Wanita dewasa 51-70 tahun 1.200 mg
  • Dewasa 71 tahun dan lebih tua 1.200 mg
  • Remaja hamil dan menyusui 1.300 mg
  • Dewasa hamil dan menyusui 1.000 mg

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan kandungan kalsium? Cara terbaik untuk mendapatkan cukup kalsium yaitu dengan melalui makanan yang dikonsumsi.

Berikut beberapa panduan yang sangat mudah untuk mendapatkan kalsium tinggi :

1. Produk susu yang memiliki kandungan 300 kalsium tertinggi, seperti pada susu, yogurt, susu kambing dan keju.

2. Sayuran berdaun hijau gelap memiliki jumlah tinggi kalsium dan sumber kalsium yang baik seperti pada brokoli, sawi dan kale. Lebih baik jika dimakan mentah atau dikukus ringan.

3. Makanan yang dibuat dengan biji-bijian seperti pasta, sereal, roti atau makanan lainnya juga dapat menambahkan kalsium untuk diet.

4. Ikan salmon dan ikan sarden juga memiliki kandungan kalsium sekitar 200 mg. Karena hal ini ditemukan dalam tulang lunak ikan tersebut.

Pada anak-anak akan membutuhkan kalsium untuk membangun tulang yang kuat. Sedangkan pada orang dewasa juga membutuhkan kalsium untuk mempertahankan tulang yang kuat. Apabila asupan kalsium tidak memadai maka akan beresiko menyebabkan osteoporosis atau penyakit tulang lainn. Penderita osteoporosis sangat beresiko tinggi mengalami patah tulang, terutama pada bagian pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang. Sehingga patah tulang juga dapat menyebabkan kronis (jangka panjang) sakit dan juga cacat.

| Baca juga : 8 Akibat Kekurangan Asupan Vitamin D Bagi Tubuh

Nutrisi yang baik dan sangat penting bagi semua usia dalam menjaga kesehatan tulang, yaitu :

  • Memilih kalsium dan mengurangi kehilangan tulang serta mengurangi resiko patah tulang.
  • Mengkonsumsi kalsium sejak dini dari mulai masa kanak-kanak sehingga dapat menikmati masa tulang yang lebih tinggi di masa dewasa. Peningkatkan kepadatan tulang juga dapat mengurangi resiko patah tulang dikemudian hari.
  • Kalsium dan vitamin D dapat membantu untuk mencegah hilangnya gigi pada orang dewasa bahkan lebih tua.
  • Kalsium ternyata sangat bermanfaat dalam sistem imunitas tubuh lainnya termasuk dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan juga kolesterol.

Demikian manfaat kandungan kalsium yang dapat meningkatkan kineja kesehatan tulang. Lakukan pola hidup yang baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin melakukan olahraga maka dapat memperkokoh kesehatan tubuh termasuk tulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s