8 Akibat Kekurangan Asupan Vitamin D Bagi Tubuh

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin D sangat berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium didalam makanan.

Telah dilakukan penelitan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pengobatan dan pencegah penyakit diabetes tipe 1 dan 2. Menurut pandangan ahli lainnya juga menunjukkan bahwa vitamin merupakan senyawa kofaktor yang terdapat dalam sebuah reaksi kimia, yang kemudian dilakukan katalisasi menjadi sesuatu enzim baru. Dari senyawa tersebut sangat diperlukan oleh tubuh sebagai bahan ataupun sumber metabolisme dalam tubuh sehingga dapat melakukan pertumbuhan dan juga perkembangan dengan cara optimal.

Vitamin D dikenal dengan nama kalsiferol yang merupakan vitamin yang larut didalam lemak prohormon dan memiliki peran sebagai pembentukan struktur tulang dan gigi secara baik. Tidak hanya itu saja, vitamin D juga berfungsi untuk meningkatkan absorbsi kalium dalam saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah berbagai macam penyakit kanker yang ada dalam tubuh.

Peranan vitamin D memang sangatlah banyak, oleh karena itu asupan vitamin tersebut sangat penting dalam memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya. Tetapi sayangnya banyak orang yang kurang perduli dengan asupan vitamin D sehingga dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

akibat kekurangan vitamin D

Berikut 8 akibat yang akan terjadi jika tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin D, antara lain :

1. Mudah lelah dan nyeri otot

Otot merupakan salah satu komponen yang ada dalam tubuh dan memiliki peran untuk membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin D maka akan membuat seseorang menjadi mudah lelah dan merasakan nyeri otot saat akan melakukan sesuatu. Untuk itu hal ini disebabkan oleh adanya penurunan kemampuan otot akibat kekurangan vitamin D.

2. Pengeroposan tulang (Osteoporosis)

Salah satu manfaat dari kandungan vitamin D yaitu untuk menguatkan tulang dan juga gigi. Namun apabila seseorang kekurangan vitamin D maka akan membuat tulang seseorang menjadi lemah bahkan akan mengalami pengeroposan tulang.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

3. Keringat berlebih

Kekurangan vitamin D akan membuat keringat menjadi berlebih. Menurut penelitan bahwa sulit untuk mendeteksi pada bayi yang baru lahir mengalami kekurangan vitamin D atau tidak. Tetapi dengan melihat pada bagian dahi yang berkeringat, hal tersebut merupakan salah satu gejala yang pertama dan hal itu juga berlaku pada orang dewasa. Apabila sering mengalami berkeringat yang berlebih tetapi tidak melakukan aktivitas yang berlebihan, sebaiknya untuk mempertimbangkan mengetes vitamin D.

4. Mudah mengantuk

Akibat dari kekurangan vitamin D maka akan mudah mengantuk. Pada sebuah penelitan yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan asupan vitamin D akan mudah mengantuk saat sedang melakukan aktivitas seharian dibandingkan dengan seseorang yang asupan vitamin D nya tercukupi.

5. Mudah stres dan depresi

Vitamin D dengan jumlah yang tidak mencukupi dalam tubuh akan membuat seseorang menjadi mudah stres dan depresi. Hal tersebut dipublikasikan dalam The Journal Endocrinology & Metabolism menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan asupan vitamin D akan lebih sering stres atau depresi.

6. Nyeri kronis

Rasa nyeri yang tidak tertahankan dalam waktu yang relatif merupakan salah satu gejala akibat dari kekurangan vitamin D. Karenanya manfaat vitamin D sangat penting dalam tubuh sehingga akan membuat sendi dan otot menjadi kuat, dan tidak akan menimbulkan rasa sakit. Apabila kondisi tersebut dibiarkan dengan jangka waktu lama maka akan menyebabkan kelainan pada tulang.

7. Daya tahan menurun

Menurunnya daya tahan tubuh tidak hanya kekurangan vitamin C saja, tetapi jika kekurangan asupan vitamin D juga akan menurunkan daya tahan tubuh. Pada seseorang yang memiliki sistem imun tubuh lemah maka akan sangat rentan terhadap penyakit.

8. Menurunkan fungsi jantung

Kekurangan vitamin D ternyata akan menyebabkan penurunan terhadap fungsi jantung serta kinerja jantung. Ketika tubuh kekurangan vitamin D maka akan membuat darah yang ada dalam tubuh menjadi tidak normal sehingga akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kematian akibat serangan jantung mendadak.

Itulah 8 akibat kekurangan asupan vitamin D bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya kekurangan vitamin D dapat dicegah dengan melalui pemenuhan gizi makanan sehari-hari. Untuk itu mulailah mencukupi asupan vitamin D dalam setiap harinya supaya terhindar dari berbagai penyakit.

| 8 Akibat Kekurangan Asupan Vitamin D Bagi Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s