Atasi Sakit Pinggang Saat Hamil dan Ketahui Penyebabnya

Sakit pinggang pada saat hamil merupakan keadaan yang sangat umum terjadi. Namun apabila tidak ditangani dengan baik, maka kondisi tersebut akan berdampak buruk pada kenyamanan ibu hamil dengan jangka yang panjang. Pada sebagian kasus yang terjadi, sakit pinggang juga dapat menjadi petanda pada gangguan kesehatan yang lebih serius.

mengatasi sakit pinggang ibu hamil

Pada saat hamil, janin yang ada dalam rahim akan memberikan banyak tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menimbulkan sensasi tidak nyaman pada perut, pinggang, atau pada area sekitarnya. Pada masa kehamilan, ligamen akan meregang untuk menopang rahim yang semakin membesar. Sehingga, saat Anda bergerak, mungkin akan merasa sedikit nyeri pada salah satu sisi atau bahkan kedua sisi pinggang. Dengan seiringnya pertumbuhan janin, maka rahim aka cenderung mengarah pada sisi kanan sehingga akan lebih sering sakit pada pinggang sebelah kanan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Maka dari itu, untuk dapat meringankan rasa sakit pada pinggang ibu hamil, kita perlu mengetahui apa saja faktor yang menyebabkannya. Karena hal tersebut juga penting sebagai landasan bagaimana kita dalam melakukan pencegahan dengan tepat dan aman.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

Berdasarkan laporan yang didapatkan bahwa sekitar 50-70% wanita hamil mengalami sakit pada pinggang dan punggung. Pada beberapa wanita mulai merasakannya ketika tes kehamilan telah menunjukkan hasil positif. Berikut penyebab sakit pinggang secara umum :

– Peningkatan hormon

Hormon yang dilepaskan pada masa kehamilan maka akan memungkinkan ligamen pada daerah panggul untuk melunak dan sendi menjadi longgar untuk proses persalinan. Pergeseran pada sendi dan mengundurnya ligamen tersebut akan mempengaruhi beban kerja dari tulang belakang, jika hal tersebut tidak ditoleransikan dengan baik, maka akan terjadi sakit pinggang saat hamil.

– Berat badan bertambah

Memang sudah sewajarnya bagi ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan. Hal ini juga akan menambah pula beban pada otot pinggang serta tulang belakang sehingga menyebabkan sakit pinggang ketika hamil.

– Pusat gravitasi

Secara bertahap pusat gravitasi akan bergerak maju dengan seiring bertambah besarnya rahim serta pertumbuhan sang janin, sehingga akan menyebabkan postur tubuh menjadi berubah.

– Stress

Biasanya stress terakumulasi pada daerah yang lemah bagian tubuh, ketika sedang terjadi perubahan pada daerah panggul maka stress akan menjadi pemicu meningkatnya rasa nyeri pada punggung.

– Posisi tubuh salah

Sakit pinggang dapat terjadi karena salah posisi tubuh ketika melakukan aktivitas. Oleh karena itu ibu hamil harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehingga tidak akan mengalami sakit pada pinggang yang terlalu parah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Bisa dibilang agak sulit dalam mengatasi sakit pinggang ketika sedang hamil, namun ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tingkat keparahannya. Akan lebih beresiko mengalami sakit pinggang ketika saat hamil apabila sebagian besar waktu hanya dihabiskan dengan duduk sepanjang hari serta dengan tingkat fleksibilitas otot yang rendah. Lakukan rutinitas olahraga sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas serta memperkuat otot, terutama dapat membantu bagian otot pinggang, perut bawah, dan kaki.

Berikut cara mengatasi sakit pinggang saat hamil :

  • Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah untuk mengurangi sakit pinggang pada ibu hamil. Untuk itu jadikan aktivitas jalan kaki sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.
  • Senam hamil menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus dalam melatih keseimbangan tubuh.
  • Gunakan bantal penyangga pada punggung ketika sedang berbaring atau duduk dalam waktu lama.
  • Hindari tidur terlentang, dan tidur dengan posisi miring ke kiri sehingga kandungan tidak menekan pada pembuluh darah dan tulang belakang dari dalam.
  • Menjaga berat badan supaya tidak berlebih. Karena jika berat badan berlebih akan beresiko sakit pinggang saat hamil.
  • Hindari untuk cepat berdiri ketika sedang berbaring atau duduk.
  • Hindari pemakaian sepatu hak tinggi atau sepatu lainnya yang tidak memberikan dukungan lainnya.
  • Saat ingin mengambil sesuatu dibawah, hindari untuk membungkukkan badan, tetapi lakukan dengan gerakan jongkok pada sendi lutut dan juga pinggul.
  • Lakukan pijat khusus bagi ibu hamil karena dapat membantu dalam meredakan sakit pinggang serta menjadikan lebih rileks.

Pada umumnya sakit pinggang dapat mereda dengan sendirinya bahkan dengan perawatan oleh diri sendiri, namun ada kalanya sakit pinggang menjadi sebuah gejala yang cukup berbahaya. Sebaiknya untuk segera memeriksakan diri apabila sakit pinggang yang dialami tidak kunjung sembuh. Perlu diketahui, untuk mewaspadai apabila muncul rasa sakit pinggang pada bagian belakang dan bawah tulang rusuk, karena hal tersebut dapat menjadi suatu gejala infeksi ginjal, terutama jika yang disertai dengan mual, demam, serta munculnya darah pada urine.

| Atasi Sakit Pinggang Saat Hamil dan Ketahui Penyebabnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s