Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Radang Sendi

Radang sendi atau yang disebut dengan Arthritis merupakan suatu kondisi yang dimana terjadi peradangan atau inflamasi pada bagian sendi. Pada kondisi ini akan muncul akibat ujung-ujung tulang penyusun sendi yang saling bergesekan sehingga membuat tulang rawan menjadi menipis. Kondisi inilah yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri, ngilu atau bahkan sakit pada persendian.

daftar makanan yang dihindari radang sendi

Adanya faktor resiko yang dapat meningkatkan terjadinya radang sendi, dan biasanya diakibatkan karena seiring bertambahnya usia, faktor genetik atau keturunan, jenis kelamin, serta penyakit obesitas yang dapat mempengaruhi resiko radang sendi tersebut. Terlebih jika Anda pernah mengalami cedera pada salah satu sendi yang mungkin dapat kambuh kembali.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Gejala yang sering dialami oleh penderita radang sendi yaitu seperti rasa sakit, kemerahan, bengkak, atau sensasi hangat pada sendi yang membengkak, bahkan kerap terjadi sendi kaku sehingga sulit untuk digerakkan. Oleh karena itu, supaya tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri secara terus menerus, maka salah satu untuk mengubah pola hidup yang baik dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Berikut beberapa pantangan makanan yang harus dihindari bagi penderita radang sendi :

  • Makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi, seperti kulit ayam, kue tart, dan makanan yang diolah dengan cara digoreng.
  • Hindari mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging kuda.
  • Makanan yang diawetkan seperti kornet sapi dan sarden.
  • Sea food atau makanan laut seperti cumi-cumi, udang, kerang, ikan teri, sarden, kepiting, dll.
  • Jenis unggas seperti bebek, angsa dan kalkun.
  • Sayuran dan buah tertentu seperti bayam, kangkung, buncis, daun singkong, kembang kol, daun jembu mete, buah durian, nanas, alpukat, dan air kelapa muda.
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan tauge.
  • Semua jenis makanan yang berbahan dasar melenjo seperti emping.

Itulah daftar makanan yang harus dihindari bagi penderita radang sendi. Sangat disarankan juga untuk lebih banyak minum air putih dan hindari aktivitas merokok dan minuman beralkohol.

Baca juga : Latihan Yoga Bermanfaat Untuk Penderita Radang Sendi

Berikut ada beberapa jenis makanan yang baik bagi penderita radang sendi, diantaranya :

  • Sayuran hijau. Asam omega 3 yang tidak seimbang maka akan menimbulkan rasa nyeri sendi, oleh karena itu untuk menyeimbangkan asupan omega 3 dengan makanan sayuran hijau seperti brokoli, bawang, jahe.
  • Ikan salmon, yang diperkaya memiliki kandungan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi.
  • Protein C-reaktif yang dapat menyebabkan peradangan serta nyeri sendi. Kandungan antioksidan dan bioflavonoid yang ada pada buah berry dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.
  • Buah Berry, seperti blueberry dan strawberry merupakan salah satu buah yang sangat efektid dalam mengurangi rasa nyeri pada sendi.
  • Jus jeruk yang mengandung vitamin C dapat mencegah seseorang dari penyakit degenerasi tulang dan penyebab nyeri pada sendi tulang belakang.

| Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Radang Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s