Ketahui Perbedaan Antara Osteoporosis dan Osteoarthritis

Tahukah Anda perbedaan dari osteoporosis dengan osteoarthritis? Mungkin kita pernah mendengar atau bahkan pernah merasakan penyakit radang sendi atau yang disebut dengan osteoarthritis. Tetapi ada juga orang yang menderita osteoporosis. Tidak jarang orang yang menanyakan apakah osteoporosis dengan osteoarthritis adalah hal yang sama? Maka dari itu mari kita bahas mengenai perbedaan kedua hal tersebut.

perbedaan osteoporosis dan osreoarthritis

Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu penyakit yang dapat mengurangi kepadatan tulang sehingga akan beresiko patah tulang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya melakukan olahraga guna memperkuat otot dan struktur sendi, kekurangan asupan gizi, dan adanya efek samping dari sejumlah obat, serta terjadi perubahan hormon setelah memasuki masa menopause pada wanita. Baca juga : Cara Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Pada kasus penyakit ini, maka seseorang akan kehilangan jaringan tulang yang dapat meninggalkan tulang kurang padat atau lebih untuk fraktur. Hal tersebut dapat mengakibatkan kehilangan tinggi badan, sakit punggung yang cukup parah, serta terjadinya perubahan postur tubuh pada seseorang. Bahkan kondisi osteoporosis dapat mengganggu kemampuan berjalan pada seseorang sehingga dapat menyebabkan kecacatan yang berkepanjangan atau permanen.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Faktor resiko yang menyebabkan osteoporosis, diantaranya :

– Faktor keturunan.
– Tidak adanya abnormal periode menstruasi (amenorrhea).
– Frame kecil atau ketipisan.
– Menjadi postmenopause dan yang telah memiliki menopause dini.
– Asupan kalsium rendah.
– Kurangnya melakukan aktivitas fisik.
– Penggunaan jangka panjang obat tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati lupus, asma, kejang, dan kekurangan tiroid.
– Mengkonsumsi alkohol yang berlebih.
– Merokok.

Osteoporosis juga dikenal sebagai penyakit silent karena dapat berkembang dan tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, serta tanpa adanya gejala apapun hingga patah tulang terjadi. Osteoporosis dapat didiagnosis dengan tes kepadatan mineral tulang merupakan cara yang sangat aman dan tanpa adanya rasa sakit untuk mendeteksi kepadatan tulang yang rendah.

Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu penyebab utama rasa sakit pada bagian punggung. Osteoarthritis kebanyakan akan mempengaruhi pada tulang rawan, jaringan keras tetapi licin yang dapat menutupi ujung tulang sehingga membentuk sendi. Pada osteoarthritis, maka lapisan pada permukaan tulang rawan akan rusak dan menipis. Dan hal ini akan memungkinkan tulang rawan melakukan gesekan bersama-sama sehingga akan merasakan sakit, bengkak, serta hilangnya gerak pada sendi, bahkan dengan seiringnya waktu sendi akan kehilangan bentuk normal. Baca juga : Cara Pengobatan Rumahan Dalam Mengatasi Osteoarthritis

Berikut hal yang dapat mencegah osteoarthritis :

– Dengan minum banyak air maka akan membantu sendi melumasi dan disk.
– Hindari lemak jenuh.
– Konsumsi ikan yang mengandung omega 3 asam lemak esensial.
– Konsumsi sayuran dan buah-buahan karena dapat membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan.
– Hindari tepung olahan atau pasta.
– Lakukan beberapa olahraga ringan seperti berenang atau bersepeda.

Pada kesimpulannya, osteoporosis dan osteoarthritis merupakan kondisi yang berbeda. Osteoporosis yang disebabkan akibat tulang yang mengalami kerapuhan dan juga kepadatannya berkurang sehingga tulang akan mudah patah. Sedangkan pada osteoarthritis disebabkan oleh tulang rawan yang mengalami kerusakan hingga akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian persendian.

| Ketahui Perbedaan Antara Osteoporosis dan Osteoarthritis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s