Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tulang dan Lainnya

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh dari rimpang tanah. Pisang juga terdapat beberapa jenis, yang semuanya memiliki kandungan kaya akan nutrisi serta bermanfaat bagi kesehatan termasuk kesehatan tulang. Pisang memiliki kandungan nutrisi penting dan memiliki manfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung serta penurunan berat badan.

khasiat pisang untuk tulang

Kandungan Pada Buah Pisang

Pisang yang mengandung air (68%), gula (2%), lemak dan minyak, protein (1%), serat selulosa (1%). Selain itu juga mengandung asam tanin dan pati, vitamin A, vitamin B yang terdiri dari B1, B2, B6, dan B12, vitamin D, dan vitamin Z meskipun sedikit. Pisang juga mengandung kalsium, besi, fosfor, kalium (potassium), sodium, magnesium, dan seng.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Khasiat Buah Pisang Untuk Tulang

Buah pisang yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta kesehatan tulang, serta dapat membantu dalam menyerap kalsium dan nutrisi penting lainnya dalam mempromosikan kesehatan tulang. Buah pisang ini kaya akan senyawa yaitu Fructooligosaccharides yang berfungsi untuk memelihara bakteri pada bagian usus (beberapa bakteri juga bermanfaat dalam tubuh), dapat memungkinkan dalam peningkatan produksi enzim pencernaan dan juga vitamin yang membantu dalam menyerap tulang penting penguatan nutrisi seperti magnesium dan kalsium.

Pada jenis pisang hijau, selain kandungan Fructooligosaccharides juga mengandung satu komponen kunci lainnya. Pisang hijau ini mengandung asam lemak rantai pendek (SCFA) yang dapat membuat pisang hijau dua kali lebih efektif untuk memperkuat tulang.

Hal tersebut terjadi karena tubuh yang kekurangan enzim untuk memecah SCFA sehingga mereka akan melewati usus kecil yang telah dikonsumsi oleh bakteri yang telah melapisi pada bagian dinding usus besar.

Selain itu juga pisang yang kaya akan kalsium, dapat membantu dalam mengurangi ekskresi kalsium, membantu mengurangi resiko osteoporosis serta membantu dalam menjaga tulang supaya menjadi kuat.

Baca juga : 7 Jenis Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Lain

Pisang yang mengandung banyak nutrisi bagi tubuh, selain memiliki manfaat pada tulang, ternyata buah pisang juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, diantaranya :

1. Pisang kaya kalium

Kandungan kalium merupakan nutrisi penting karena dapat membantu dalam mengatur tekanan darah serta menjaga jantung supaya berfungsi dengan benar.

2. Pisang tinggi serat

Serat yaitu bantuan pencernaan alami yang dapat membantu dalam menjaga saluran pencernaan yang bersifat mendorong, dan buang air besar supaya teratur, dan bahkan kandungan serat yang ada pada pisang dapat membantu meringankan gejala sakit maag.

3. Kaya banyak nutrisi lainnya

Buah pisang akan memproduksi vitamin sehat seperti vitamin B6, mengandung kadar baik seperti vitamin C, magnesium dan juga mangan. Selain itu juga mengandung senyawa yang disebut dengan Cytolcin berfungsi untuk meningkatkan sel-sel darah putih yang sangat penting supaya memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

| Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tulang dan Lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s