Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda makanan yang dijadikan sebagai cemilan ternyata berpengaruh terhadap baik dan buruknya pada kesehatan tubuh? Jika Anda menggemari makanan yang kurang sehat, maka sudah pasti kandungan buruknya akan diserap oleh tubuh, namun sebaliknya jika Anda mengkonsumsi makanan yang baik maka sudah pasti kandungan yang baik juga akan disebarkan ke seluruh tubuh.

Kacang tanah (Arachis hypogaea L) merupakan salah satu tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang telah dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua yang paling penting setelah kacang kedelai.

Kacang tanah memiliki kandungan berupa nutrisi seperti 525 kilokalori, karbohidrat 17.4 gram, protei 27.9 gram, kalsium 315 miligram, lemak 42.7 gram, zat besi 5.7 miligram, dan fosfor 456 miligram. Selain itu juga kacang tanah terkandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Dari semua kandungan tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan baik mencegah maupun mengatasi penyakit.

Berikut manfaat dari kacang tanah bagi kesehatan tubuh :

manfaat kacang tanah untuk tubuh

Baik Untuk Tulang dan Gigi

Kacang tanah yang mengandung kalsium dan juga vitamin D. Dari kedua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang beserta gigi. Rutin mengkonsumsi kacang tanah dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Maka dari itu kacang tanah sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat dari kacang tanah dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Khasiat baiknya yang mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Penyakit jantung yang menjadi salah satu jenis penyakit mematikan ini biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan serta asupan makanan yang buruk.

Mengandung Vitamin A

Kacang tanah tidak hanya mengandung vitamin D, tetapi juga mengandung vitamin A dan K yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua kandungan vitamin tersebut mampu menghindarkan dari beragam gangguan kesehatan pada mata.

Mengandung Serat

Kandungan serat ternyata ada dalam kacang tanah. Saat Anda mengkonsumsi kacang tanah dengan takaran yang pas dan dimakan secara rutin maka akan mampu membuat pencernaan pada tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan serat tersebut akan membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan, serta memiliki peran dalam penurunan berat badan Anda.

Manfaat dari kacang tanah memang sangat banyak. Namun perlu diketahui, alangkah baiknya bagi Anda yang mempunyai alergi atau banyak jerawat, maka untuk menghindarinya supaya tidak bertambah banyak dan mengganggu pada penampilan. Semoga bermanfaat 😉

| Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s