Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Tulang

Dalam kesehatan tulang yang kurang terjaga dengan baik kemungkinan akan menyebabkan kekuatan tulang mengalami penurunan atau melemah, sehingga akan terjadi osteoporosis atau tulang akan mengalami kerapuhan yang semakin cepat. Bahkan apabila terjadi kerapuhan pada tulang tubuh yang sudah dialami sejak dini, maka hal demikian akan menjadi masalah yang sangat memprihatinkan.

Terlebih apabila kondisi lemahnya pada tulang tubuh yang disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari. Dan Anda harus menghindari kebiasaan tersebut dengan segera, supaya kondisi kesehatan tulang terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Sepintas dapat kita ketahui dari kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang, dan terdapat beberapa kebiasaan yang tidak pernah diduga secara perlahan bahkan menggerogoti pada kesehatan tulang Anda sehingga akan berpengariuh dari kebiasaan tersebut. Menjadikan kekuatan pada tulang yang lambat pun akan membuat semakin melemah bahkan terjadi pengeroposan.

Berikut kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan tulang :

kebiasaan sehari-hari pada kesehatan tulang

Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk terlalu lama akan memperburuk kondisi tulang pada tubuh, namun apabila rutin melakukan gerakan layaknya berolahraga dengan teratur maka hal tersebut dapat menjadikan tulang menjadi lebih kuat. Maka dari itu hindarilah aktivitas duduk terlalu lama serta selingin dengan beberapa gerakan seperti berdiri, berjalan kaki sebentar, supaya kondisi tulang tetap terjaga dengan baik.

Mengkonsumsi Kafein Berlebih

Ternyata mengkonsumsi beberapa minuman yang mengandung kafein menjadi salah satu hal yang dapat membuat tulang menjadi lemah dan lamban. Dimana pada sebagian orang mengkonsumsi minuman seperti kopi, teh, atau yang lainnya dijadikan sebagai minuman favorit. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan dan keseringan maka hal tersebut sangat tidak baik untuk kondisi kesehatan tulang. Menurunnya tingkat kalsium dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh banyaknya kandungan kafein yang telah dikonsumsi.

Merokok

Kebiasaan merokok sangat sulit untuk dihindari, dan menjadi salah satu faktor pemicu kerapuhan pada tulang. Hal tersebut karena berkurangnya massa tulang yang disebabkan oleh kebiasaan merokok, yang dapat menghantarkan pada timbulnya pengeroposan tulang atau yang disebut dengan osteoporosis. Sehingga pada kebiasaan tersebut memiliki dampak pada kesehatan termasuk pada kesehatan tulang.

Memakai Sepatu Hak Tinggi

Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi ternyata dapat memicu masalah pada tulang karena beban pada tulang kaki menjadi bertambah saat menopang tubuh. Semakin tinggi sepatu maka akan semakin bertambah bahayanya dalam merusak tulang lutut serta kerusakan pada struktur tulang lainnya.

Membungkukkan Badan

Struktur pada tulang tubuh dapat berubah apabila terlalu sering membungkukkan badan. Sehingga karena kebiasaan tersebut, setidaknya dapat dihindari supaya pada kondisi kesehatan tulang dapat terjaga dengan baik dan sehat. Terlalu sering membungkukkan badan akan berakibat sakit pinggang. Syaraf-syaraf yang melewati tulang belakang akan mudah terjepit jika kebiasaan tersebut tetap dilakukan. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur duduk dengan postur tubuh tegak dan tidak membungkuk.

Sering Menyilangkan Kaki

Terlalu sering menyilangkan kaki saat sedang duduk menjadi suatu hal yang menyenangkan. Namun hal tersebut memiliki dampak jika sering dilakukan. Sangat perlu diketahui bahwa sering menyilangkan kaki ketika sedang duduk akan memberikan suatu tekanan yang berlebih pada salah satu tulang, sehingga akan menyebabkan kondisi tulang belakang, pinggul, ataupun bagian pelvic mengalami gangguan. Oleh karena itu keseringan menyilangkan kaki menjadi kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Membunyikan Jari

Membunyikan jari juga menjadi kebiasaan pada setiap orang. Namun, kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan secara berulang-ulang karena akan berdampak gangguan pada jaringan lunak di area persendian.

| Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s