Ketahui Dampak Sering Membunyikan Persendian Punggung, Jari dan Lainnya

Memang akan terasa lega jika membunyikan sendi pada jari-jari tangan, leher, atau bagian lainnya disaat badan sudah mulai terasa pegal dan capek, karena banyaknya pekerjaan. Kebiasaan dalam meregangkan bagian tubuh tertentu hingga dapat menimbulkan bunyi “kretek-kretek” memang sudah menjadi hal yang biasa, bahkan selalu dilakukan oleh banyak orang.

Tetapi, tahukah Anda? Bahwa hal yang sepele ini jika dilakukan secara sering maka akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan akan berdampak yang cukup serius serta dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu sangat perlu untuk mengetahui dampak seringnya membunyikan pada persendian.

Jika mengalami keluhan pada tulang sendi yang berbunyi tanpa disertai dengan rasa sakit, maka kondisi ini dapat disebabkan oleh gelembung udara pada sendi, reganan pada tendon atau ligamen. tetapi jika pada lutut berbunyi dan di sertai dengan rasa sakit maka kondisi tersebut kemungkinan dapat disebabkan oleh terjadinya cedera pada ligamen, cedera menikus, ataupun radang sendi (arthritis). Pada kondisi ini dapat berhubungan dengan riwayat cedera atau benturan pada lutut yang tidak diatasi dengan baik.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Didalam medis juga hal tersebut tidak dibenarkan. Pada beberapa penelitian telah dilakukan oleh para ahli bahwa apabila kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan penyakit sendi kronis dikemudian hari. Selain itu juga banyak bahaya yang dapat mengintai tubuh.

Berikut dampak seringnya membunyikan persendian :

dampak membunyikan persendian

Hilang Kontrol Persendian

Membunyikan persendian dapat mengakibatkan pada bagian tangan dan kaki sulit untuk diperintahkan oleh otak. Untuk mampu bergerak ruas jari tentunya membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusatnya. Apabila hal ini gagal dilakukan oleh otak maka persendian akan mengalami kesulitan untuk digerakkan dan akan kaku.

Persendian Menjadi Haus

Kebiasaan melakukan secara berlebihan misalnya 5 menit sekali, maka akan beresiko menyebabkan persendian mengalami kehausan. Dalam jangka waktu yang panjang, apabila kebiasaan ini terus dibiarkan berlarut-larut maka akan menyebabkan osteoarthritis (OA) atau jenis peradangan pada jenis kronis yang akan timbul dikemudian hari.

Tulang Rawan Rapuh

Menurut para ahli, suara yang berbunyi “krek” berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Dengan membunyikan bagian pada ruas jari maka dapat merangsang kelaurnya suatu cairan sinovial yang berubah menajdi udara yang bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan. Melakukannya secara terus menerus tidak baik karena dapat menyalahi pada aturan persendian normalnya serta dapat merapuhkan sehingga tulang-tulang rawan akan hancur.

Bergeser Bantalan Sendi Tulang Belakang

Menurut salah satu dokter spesialis bedah, bahwa dengan melakukan membunyikan persendian tulang pada punggung maka akan menyebabkan suatu penekanan pada sumsum tulang belakang serta syaraf perifer yang telah keluar dari ruas tulang belakang. Sehingga akan terjadi pergeseran pada bantalan sendi tulang belakang (discus intervertebralis).

Pelemahan Kekuatan Tangan

Dampak lainnya yaitu persendian akan membesar yang disertai dengan melemahnya kekuatan pada tangan. Membunyikan pada buku jari tangan serta persendian tulang lainnya maka akan terasa saat kita telah memasuki usia tua nanti, sekitar usia 30 hingga 40 tahun-an.

Itulah beberapa dampak yang berbahaya jika seringnya membunyikan persendian pada punggung, jari ataupun yang lainnya. Biasakan mulai dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit, supaya tulang dan juga persendian tetap sehat dan kuat.

| Ketahui Dampak Sering Membunyikan Persendian Punggung, Jari dan Lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s