Ketahui Sejak Dini Jenis Kelainan Pada Tulang

Tulang merupakan jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type collagen) yang disebut dengan osteoid. Osteoid  termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite sehingga tulang akan menjadi kaku dan kuat.

Tulang mempunyai peran sangat penting karena sebagai organ yang membentuk kerangkan pada tubuh Anda. Kelainan pada tulang tentu saja dapat akan mengganggu pada berbagai fungsi tubuh dan berdampak pada kesehatan. Lalu apa saja jenis kelainan tulang yang dapat terjadi? Salah satu fungsi tulang yaitu untuk dapat membantu bergerak. Tulang yang terdiri dari kalsium fosfat dan juga kalsium karbonat memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium. Tulang juga dapat memainkan peran besar dalam menjaga keseimbangan kalsium didalam darah.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Secara alami tulang akan kehilangan kepadatan setelah memasuki usia 20 tahun karena akibat dari penuaan. Tetapi ada beberapa penyakit tulang yang dapat menyebabkan hilangnya kekuatan serta kepadatan pada tulang secara berlebihan. Kurangnya gizi seperti vitamin D atau C, tidak seimbangnya hormonal dan juga kelainan juga dapat menyebabkan gangguan pada tulang baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Jenis Kelainan Tulang

jenis kelainan pada tulang

Kelainan pada tulang memang akan mengganggu pada aktivitas, dan hal ini disebabkan karena fungsi pada tulang yang seharusnya berjalan secara normal menjadi tidak normal. Berikut beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kelainan pada tulang, antara lain :

Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan pada kesehatan tulang yang disebabkan oleh kurangnya zat kalsium pada dalam tubuh. Penyakit yang menyebabkan tulang mudah patah atau retak. Seiring dengan bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan berkurang menjadi lebih cepat dibandingkan dengan pembentukan tulang baru. Osteoporosis akan terjadi ketika pembentukan tulang yang baru tidak dapat mengimbangi kerusakan pada tulang yang lama, sehingga akan terjadi kekeroposan. Apabila penyakit ini tidak diobati dengan cepat maka akan dengan mudahnya terjadi patah tulang. Bagian tubuh yang sering terjadi yaitu pada bagian pinggul, tulang belakang, atau pergelangan tangan.

Osteogenesis Imperfekta

Penyakit ini merupakan kelainan genetik yang ditandai dengan tulang rapuh dan mudah patah. Hal ini disebabkan karena pada cacat gen didalam produksi kolagen, protein yang dibutuhkan supaya tulang menjadi lebih kuat. Bahkan pada jenis kelainan tulang ini dapat mempengaruhi pada tulang-tulang telinga bagian dalam, dapat menyebabkan gangguan pendengaran, dan gigi akan lemah, serta pada tulang belakang pun yang melengkung.

Rakitis dan Osteomalacia Rakitis

Merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan juga lemah. Sedangkan pada orang dewasa, penyakit rakitis ini dikenal sebagai osteomalacia atau tulang lunak. Karena pasalnya rakitis akan dapat menyebabkan nyeri pada tulang, kelainan bentuk kerangka, dan pertumbuhan yang buruk. Seperti tulang belakang membungkuk, kaki bengkok, dan penebalan tulang pada daerah pergelangan kaki, tangan, juga lutut. Penyebab dari rakitis yaitu kurangnya asupan vitamin D dan kalsium. Manfaat vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium serta pembentukan pada tulang yang kuat dan juga sehat pada anak-anak.

Penyakit Paget

Penyakit paget yaitu kelainan pada tulang. Biasanya penyakit jenis ini tidak akan menimbulkan gejala. Penyakit yang menyebabkan nyeri pada tulang atau sendi, kehilangan pendengaran, sakit kepala, tekanan pada saraf, dan membuat ukuran kepala serasa lebih besar. Pada seseorang yang mengalami penyakit ini cenderung akan memiliki tulang yang terbentuk tidak normal, tidak padat, lebih besar, rentan terhadap kerusakan, dan juga rapuh, sehingga kemungkina akan mengalami kelainan bentuk.

Kanker Tulang

Menurut National Cancer Institute, kanker tulang dapat terjadi akibat kanker primer yang dimulai pada tulang itu sendiri atau juga bisa terjadi secara sekunder akibat adanya kanker pada organ tubuh yang lain dan menyebar pada tulang seperti kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

Osteomielitis

Osteomielitis merupakan infeksi tulang yang disebabkan oleh bakteri atau jamur yang menyerang pada tulang. Pada anak-anak, infeksi tulang ini paling umum terjadi pada bagian lengan dan kaki, sedangkan pada orang dewasa pada bagian pinggul, kaki, dan tulang belakang. Apabila kondisi ini dibiarkan maka infeksi tulang akan membuat tulang menjadi rusak secara permanen. Gejala yang terjadi yaitu kelelahan, mual, mudah marah, demam, nyeri, kemerahan pada daerah yang infeksi, terjadi pembangkakan pada sekitar tulang yang telah terinfeksi, dan gangguan saat bergerak.

Kelainan tulang dapat terjadi pada siapa saja. Untuk menghindari kelainan tulang tersebut atau yang berhubungan dengan tulang, maka pastikan supaya tulang Anda sehat, dengan cara :

  • Konsumsi asupan kandungan kalsium yang banyak, seperti pada susu, brokoli, ikan salmon, kacang almond, ikan sarden, dan pada produk olahan kedelai seperti pada tahu.
  • Aktivitas fisik juga sangat penting. Berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bermain tenis, jogging, atau naik tangga juga akan membantu dalam membangun tulang yang kuat serta memperlambat terjadinya tulang keropos (osteoporosis).
  • Kebutuhan vitamin D. Pada sumber makanan yang mengandung vitamin D yaitu seperti pada ikan tuna, kuning telur, susu, dan sarden. Pada sinar matahari juga berkontribusi terhadap produksi vitamin D.
  • Hindari aktivitas merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

| Ketahui Sejak Dini Jenis Kelainan Pada Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s