Mengatasi Luka Bengkak Akibat Benturan Secara Efektif

Tidak jarang tubuh seseorang mengalami bengkak, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan, ada yang bersifat lokal seperti terjadinya pembengkakan yang timbul akibat benturan, adanya memar, gigitan serangga, sengatan lebah, hingga dengan luka akibat terjadi kecelakaan dll. Bahkan ada juga yang bersifat sistematik yaitu bengkak yang timbul akibat gangguan kesehatan tubuh yang berakibat pada adanya ketidakseimbangan eletrolit dan juga cairan tubuh seperti bengkak pada kaki seperti akibat penyakit ginjal, hipertensi, jantung, bengkak sedang hamil, dll.

Bengkak adalah pembesaran atau protuberansi yang terjadi pada tubuh. Bengkak ini merupakan salah satu dari lima ciri utama peradangan yang dibarengi dengan rasa sakit, warna menjadi kemerahan, disfungsi dan panas. Saat terjadi memar dan bengkak pada tubuh akibat cedera, maka sebaiknya jangan pernah disepelekan meskipun bengkak yang tidak dengan rasa sakit.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Dalam mengatasi cedera akibat bengkak yang tidak sampai berdarah, alangkah baiknya lakukan metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Metoder ini merupakan metode yang banyak diaplikasikan dan dianjurkan dalam menangani pembengkakan yang timbul pada tubuh supaya tidak menyebar serta menjadi lebih parah. Ada penerapan metode RICE ini yang dianjurkan untuk dilakukan 24 hingga 48 jam pertama setelah terjadi pembengkakan. Hal tersebut bertujuan untuk meringankan pembengkakan yang terjadi. Mari kita ketahui penjelasan dari metode RICE.

Berikut Cara Mengatasi Luka Bengkak Akibat Benturan :

mengatasi luka bengkak secara efektif

1. Rest (Istirahat)

Saat sedang cedera akan muncul pembengkakan pada bagian tubuh mana saja, maka ada baiknya untuk segera beristirahat. Lakukan penanganan pertama selama 24 jam, dan optimalkan waktu istirahat untuk tidak terlalu banyak pergerakan yang berlebih atau aktivitas yang berlebih, karena hal ini akan semakin memperparah kondisi pembengkakan yang timbul. Selain itu juga dalam penggunaan alat bantu seperti tongkat juga akan membantu, apabila terkena cedera pada bagian kaki, karena tongkat dapat dijadikan sebagai penopang.

2. Ice (Es)

Dalam pemberian es pada tubuh yang mengalami pembengkakan juga akan sangat membantu. Hal ini karena es merupakan media yang baik untuk mengurangi respon inflamasi atau peradangan yang mengakibatkan bengkak itu terjadi. Selain itu juga, dalam pemberian es akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang timbul akibat dari bengkak tersebut. Atau adapun anjuran dalam menggunakan es setelah terjadi pembengkakan yaitu dengan cara mengaplikasikan dengan menggunakan handuk langsung pada luka bengkak selama 15 sampai 20 menit.

3. Compression (Kompresi)

Dengan penggunaan perban dukungan sangat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan juga rasa nyeri yang timbul. Terutama bagi Anda yang dituntut untuk selalu tetap aktif. Maka dari itu gunakan perban kompresi saat akan beraktivitas dan lepaskan perban tersebut saat Anda akan beristirahat.

4. Elevation (Pengangkatan)

Dalam hal ini saat pembengkakan timbul, penanganan yang harus dilakukan setelah melakukan beberapa cara diatas yaitu dengan menempatkan bagian tubuh yang bengkak lebih tinggi dari jantung. Seperti, saatt kaki yang cedera dan timbul memar serta bengkak untuk mengurangi bengkak yang sudah terlanjur timbul, yaitu ketika sedang tidur angkat atau letakan kaki yang bengkak diatas bantal dengan sedemikian rupa supaya posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan jantung.

Demikian cara mengatasi secara efektif pada luka bengkak akibat benturan dengan menggunakan metode RICE. Dalam mengaplikasikan metode ini, maka diharapkan untuk mampu meringankan cedera atau bengkak yang timbul, tetapi apabila bengkak tidak kunjung sembuh, sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

| Mengatasi Luka Bengkak Akibat Benturan Secara Efektif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s