Sakit Punggung Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Kehamilan akan membuat tubuh mengalami perubahan yang dapat memicu rasa sakit pada bagian punggung. Karena ketidaknyamanan tersebut maka biasanya akan terjadi saat babak kedua usia kehamilan.

Sakit punggung pada saat masa kehamilan biasanya akan terjadi pada sendi sakroiliaka (area tulang panggul bertemu dengan tulang belakang). Rasa nyeri akan terasa saat Anda membungkukan badan ke depan. Anda juga mungkin akan mengalami kesulitan pada saat berjalan dalam waktu yang lama, memakai dan membuka baju, mengangkat beban yang ringan, berdiri pada posisi duduk, dan bangun dari tempat tidur.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Namun perlu diketahui juga bahwa, sakit punggung pada saat hamil merupakan pertanda bagus karena janin yang ada didalam rahim sedang tumbuh. Semakin janin bertambah besar maka beban pada bagian punggung juga akan semakin besar. Ada berbagai kemungkinan kenapa sakit punggung saat hamil dapat terjadi.

Berikut Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil :

sakit punggung pada bumil

Bertambahnya Berat Badan

Pada umumnya selama kehamilan wanita akan bertambah berat badanya sekitar 11 hingga 15 kg. Akibat dari berat badan yang bertambah maka beban pada tulang belakang pun akan bertambah sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Berat janin dan rahim yang bertambah juga akan membuat suatu tekanan pada pembuluh darah serta saraf di panggul dan punggung.

Perubahan Hormon

Tulang dan sendi yang terhubung oleh jaringan ikat yang bernama ligamen. Pada saat hamil, tubuh akan memproduksi hormon relaxin yang memungkinkan ligamen menjadi rileks dan persendian akan menjadi longgar guna untuk mempersiapkan tubuh pada proses melahirkan. Ligamen yang menopang tulang belakang akan turut terkena dampak hormon tersebut, yaitu dapat menjadi longgar sehingga keseimbangan tubuh terganggu dan juga akan memicu rasa nyeri.

Perubahan Postur Tubuh

Masa kehamilan akan membuat pusat gravitasi pada wanita hamil berubah pada bagian depan karena dengan seiringnya perut menjadi semakin besar. Sehingga hal tersebut menyebabkan postur tubuh menjadi berubah. Akibatnta akan terasa nyeri atau ketegangan pada punggung.

Pemisahan Pada Otot

Otot yang berjalan dari tulang rusuk ke bagian tulang kemaluan akan terpisah akibat dari pembesaran rahim. Karena terpisahnya otot tersebut maka mungkin bisa saja memperburuk sakit punggung yang akan dialami.

Stress

Kondisi emosional dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung. Hal inilah yang kemudian akan selalu dirasakan sebagai nyeri punggung. Bisa saja saat ibu hamil stress, maka dia juga akan merasakan peningkatkan rasa sakit di area punggungnya.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Ibu Hamil

Apabila Anda mengalami sakit punggung yang kronis sebelum dirasakan sebelum hamil, maka rasa sakit tersebut akan berkurang dengan bertahap sebelum nantinya akan melahirkan. Berikut ada beberapa cara yang dapat mengatasi sakit punggung pada saat hamil supaya dapat meringankan keluhan sakit punggung :

1. Olahraga

Olahraga dengan teratur dapat memperkuat serta meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas tersebut juga mampu mengurangi stress pada bagian tulang belakang. Lakukan olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti jalan kaki, berenang dan sepeda statis. Para Dokter atau ahli terapi fisik juga merekomendasikan jenis latihan lainnya bertujuan untuk dapat memperkuat punggung dan perut.

2. Kompres Punggung

Anda dapat mengompres dengan handuk yang berisi es batu. Kompres selama kurang lebih 20 menit selam dalam beberapa kali dalam sehari. Setelah dalam tiga hari, terapkan kompres hangat dengan cara menempelkan botol yang berisi air panas pada punggung. Dari pengompresan ini dapat membantu meredakan rasa sakit. Namun perlu hati-hati supaya tidak mengompres hangat pada perut.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Membungkuk akan membuat tulang belakang menjadi tegang. Oleh karena itu jagalah postur tubuh dengan tepat ketika sedang bekerja, duduk maupun tidur. Misalnya tidur dengan miring dan meletakkan sebuah bantal antara lutut. Hal ini akan mampu mengurangi stress pada punggung. Pada saat duduk juga dapat menaruh sebuah handuk yang telah digulung pada bagian belakang punggung supaya dapat memberikan dukungan pada punggung. Selain itu juga apabila mengistirahatkan kaki dengan cra menempatkan kedua kaki pada bangku dan duduk dengan tegak.

4. Akupuntur

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa dalam metode akupuntur cukup efektif untuk cara mengatasi nyeri punggung saat hamil terutama pada bagian bawah. Namun sebelum melakukannya alangkah baiknya untuk konsultasikan dahulu pada dokter.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit punggung pada saat hamil. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi supaya akan selalu sehat saat menjalani masa kehamilan.

| Sakit Punggung Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s