7 Jenis Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Buah-buahan merupakan makanan alami yang memiliki kandungan vitamin, gizi, dan juga mineral untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka dapat mengoptimalkan kesehatan dengan dalam jangka waktu yang panjang serta menjaga dan meningkatkan energi tubuh termasuk tulang.

Kesehatan merupakan nikmat yang pasti diharapkan oleh semua orang. Pada sebagian orang yang rela melakukan apapun untuk mendukung kesehatan seperti melakukan olahraga, mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen, dan mengatur asupan makanan. Namun, memiliki gaya hidup yang tida sehat seolah akan menjadi hambatan saat kita ingin menjaga kesehatan. Dan salah satu dampak dari gaya hidup tidak sehat adalah terganggunya kesehatan pada tulang.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Gangguan kesehatan tulang yang biasanya dialami oleh mereka yang telah berusia lebih tua, ternyata sekarang gangguan kesehatan tersebut kerap terjadi pada seseorang yang masih berusia muda. Untuk itu cara untuk mencegah gangguan kesehatan pada tulang dapat dibantu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti pada buah-buahan yang mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut buah-buahan yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang :

jenis buah-buahan untuk tulang

1. Buah Anggur

Buah Anggur memiliki sumber terbaik dari vitamin C dan nutrisi lainnya yang penting serta antioksidan (terutama anthocyanin). Kandungan vitamin C yang ada pada buah anggur dapat membantu tulang rawan, kulit bentuk, ligamen, pembuluh darah, dan tendon. Dan kandungan lainnya seperti kalsium yang dapat memperkuat gigi dan tulang. Dalam hal ini efisien dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Buah Kiwi

Buah kiwi yang dikenal sebagai Gooseberry Cina, salah satu buah yang memiliki nilai gizi yang padat. Mengandung beberapa antioksidan yang sangat tinggi, flavonoid dan fitonutrien. Buah kiwi juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, melindugi dari radikal bebas dan stress oksidatif. Selain itu juga mengandung jumlah kalsium, kalium, vitamin K dan magnesium. Nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk yang diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum yaitu jeruk manis (citrus sinensis) dan jeruk pahit (citrus aurantium). Jeruk yang merupakan sumber baik dari asam amino, asam folat, kalium, kalsium, zat besi, beta-karoten, yodium, fosfor, mangan, sodium, klorin dan seng. Buah jeruk ini telah terbukti sebagai anti kanker, antioksidan, anti inflamasi dan kuat. Kandungan kalsium yang terdapat pada buah jeruk ini dapat membantu untuk melindungi serta menjaga tulang dan kesehatan pada gigi.

4. Buah Apel

Buah apel memiliki kandugan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan serat yang ada pada buah apel ini dapat membuat kenyang lebih lama pada organ lambung, untuk itu buah apel ini sering digunakan untuk diet karena sangat aman untuk usus. Selain untuk membantu pada kerja usus halus, buah apel sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko gangguan pernafasan, mengatasi masalah osteoporosis, mengontrol gula darah, membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker, mengatasi diare, menyehatkan jantung, dan menurunkan kolesterol.

5. Buah Delima

Buah delima memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, energi, gula, karbohidrat, protein, lemak, serat, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, thiamine, dan seng. Dari semua kandungan yang adal dalam buah delima sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerusakan pada tulang yang rawan, melindugi gigi, meredakan gangguan jantung, mencegah penyakit Alzheimer, mengobati kanker, untuk menambah darah, dan sebagai obat diabetes.

6. Buah Durian

Buah durian memiliki banyak gizi yang cukup lengkap, seperti vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, magnesium, lemak tak jenuh, kalium, fosfor, polyfenhol, omega 3 dan 6, antioksidan, dan thiamin. Buah durian memiliki jumlah kalori yang tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Gula alami pada buah durian seperti fkuktosa dan sukrosa yang mudah untuk dicerna sehingga bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Selain itu juga memiliki kandungan potassium yang dapat membantu mengurangi rasa lelah. Manfaat dari buah durian ini dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, membantu mengontrol tekanan darah, mencegah sakit kanker, membantu menjaga kesehatan tulang, meredakan batuk, menurunkan berat badan, mencegah anemia, menyehatkan sistem kardiovaskular, dan sebagai afrodisiak alami.

7. Buah Kurma

Buah kurma mengandung nutrisi yang banyak dan yang paling menonjol yaitu potassium (kalium) dan magnesium. Ada juga kandugan lainnya seperti vitamin C, vitamin B komplek, kalsium, kobalt, zat besi, fluorin, boron, sodium, seng, fosfor, mangan, dan senyawa antioksidan diantaranya beta-karoten, lutein, tannin, dan zea-xanthin. Buah kurma ini sangat bermanfaat untuk menambah energi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengatasi gangguan pasa usus, mengatasi rabun senja, menjaga kesehatan pada sistem saraf, mencegah anemia, dan sebagai antioksidan penangkal rafikal bebas.

| 7 Jenis Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s