Penyebab Nyeri Lutut Saat Olahraga Lari

Penyebab nyeri lutut saat melakukan olahraga lari dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja yang menjadi penyebanya? Simak selengkapnya artikel kesehatan berikut ini 🙂

Bagian lutut kerap terjadi pada olahragawan pelari karena stress yang berulang pada sendi lutut. Faktor utama yang menjadi penyebab nyeri lutut saat melakukan olahraga lari dapat disebabkan karena terlalu berlebihan serta memaksakan diri, mengikuti teknik berlari yang kurang tepat, berlari pada permukaan yang tidak rata, dan memakai sepatu yang tidak sesuai.

Sendi lutut adalah bagian sendi engsel yang terdiri dari beberapa bagian yaitu femur (tulang paha), tibia (tulang kering), dan patela (tempurung lutut). Pada paha depan (kuadrisep) dan paha belakang (hamstring) merupakan dua tipe otot yang berlawanan dan juga terletak di bagian depan dan belakang pada masing-masing paha. Kuadrisep dan hamstring akan membantu dalam melenturkan, memperluas, dan memutar lutut.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Maka dari itu dengan berlari dapat menempatkan stress yang berulang pada sendi lutut. karena berlari akan sering beresiko tinggi mengalami cedera pada bagian lutut. Jangkauan gerak dari sendi lutut juga akan terkena dampaknya. Dan dalam keadaan seperti ini maka seseorang yang mengalami cedera pada lutut akan merasakan rasa sakit selama aktivitas apapun yang berhubungan dengan sendi lutut.

penyebab nyeri lutut sedang berlari

Penyebab Nyeri Lutut Saat Berlari

Pada umumnya, lutut akan sakit saat berlari terjadi pada tulang tempurung. Tulang tempurung adalah tulang yang letaknya pada bagian depan lutut, yang berbentuk segitiga dan dapat bergerak saat terjadi pergerakan. Lutut tersusun diatas tulang, tulang rawan, otot, tendon, saraf, dan juga ligamen, dan didalam lutut tersebut terdapat selaput sendi dan bantalan sendi. Saat salah satu ataupun beberapa penyusun mengalami gangguan maka akan memicu timbulnya rasa nyeri pada bagian lutut. Berikut faktor yang menyebabkan rasa nyeri pada lutut saat berlari :

1. Berat badan yang berlebihan maka akan dapat memberikan tekanan yang berat pada lutut ketika sedang berlari dan akan meningkatkan resiko untuk menipisnya tulang rawan serta dapat memicu rasa nyeri pada lutut saat mendapat gerakan yang cepat dan juga berulang.

2. Lutut yang terasa nyeri dapat disebabkan oleh cedera hamstring akibat tekanan yang berlebihan. Selain itu juga cedera pada otot pada depan bisa menyebabkan tulang tempurung menjadi tidak sejajar bahkan dapat memicu nyeri pada lutut ketika sedang berlari, dan rasa nyeri tersebut dapat dirasakan meskipun mendapat tekanan yang bersifat ringan seperti melakukan berjalan kaki.

3. Cedera tendon saat melakukan peregarangan yang cukup berlebihan.

4. Terjadinya kerusakan pada tulang rawan sendi karena mengalami cedera ataupun keseleo sehingga menyebabkan gerakan pada sendi lutut menjadi terbatas. Pada tulang rawan sendi berperan sebagai melindungi permukaan tulang yang berada dalam sendi dan akan memungkinkan sendi bergerak dengan lancar.

5. Seseorang yang memiliki bentuk permukaan telapak kaki rata dapat menyebabkan tulang tempurung lutut tertarik ke arah samping, begitu juga pada permukaan telapak kaki yang terlalu melengkung maka akan menyebabkan lutut menjadi lebih terbebani. Pada bentuk permukaan kaki yang cenderung akan melengkung memiliki luas tumpunan yang lebih sempit.

6. Cedera ligamen dikarenakan melakukan gerakan secara tiba-tiba yang kemudian berhenti sehingga dapat menyebabkan lutut menjadi terpelintir.

7. Aktivitas fisik yang memberikan tekanan cukup besar pada lutut secara berlebihan serta membuat lutut mengalami cedera.

Biasanya seseorang sering mengabaikan kondisi ini bahkan menganggap kondisi tersebut hanyalah sakit lutut biasa yang akan hilang dengan sendirinya. Padahal nyeri lutut apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan cedera lutut yang bahkan lebih parah dan berujung pada disfungsi lutut. Oleh karena jika merasakan nyeri pada bagian lutut alangkah baiknya untuk segera memeriksanya, terutama apabila rasa sakit yang tidak kunjung reda atau semakin parah.

Berikut terdapat tips dalam mengatasi nyeri lutut :

  • Istirahatkan lutut yang mengalami cedera.
  • Kompres dengan air dingin.
  • Balut lutut yang terasa nyeri dengan menggunakan perban elastis untuk menghindari pembengkakan.
  • Berikan bantalan pada lutut supaya menjadi lebih tinggi.
  • Konsumsi obat-obatan untuk mengatasi rasa nyeri atau gunakan krim penghilang rasa nyeri.

Manfaat berlari memang merupakan salah satu kegiatan untuk membantu Anda dalam membakar kalori. Namun masalah akan timbul jika dengan teknik berlari yang tidak benar. Oleh karena itu ikutilah dalam pencegahan tersebut jika rasa sakit lutut saat berlari tidak segera sembuh.

| Penyebab Nyeri Lutut Saat Olahraga Lari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s