Gangguan Umum Wanita Pada Masa Menopause

Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi. Dengan seiringnya proses penuaan, maka semua wanita akan mengalami proses ini. Fase alami yang disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita, yaitu menjelang akhir usia 30 tahun, maka kinerja pada ovarium akan menurun sehingga pada akhirnya akan berhenti dalam memproduksi hormon reproduksi di kisaran usia 50 tahun.

Pada dasarnya kondisi menopause ini akan menyebabkan terjadinya perubahan terhadap hormon wanita seperti hormon estrogen. Dan hal inilah yang menyebabkan seorang wanita tidak lagi produktif atau tidak subur. Selain hilangnya kesuburan, wanita menopause ini juga tidak jarang sering dihadapkan dengan berbagai masalah pada kesehatan tubuhnya. Maka dari itu tidak heran jika masa menopause banyak wanita yang mengeluhkan gangguan kesehatannya.

Lalu apa saja gangguan kesehatan yang terjadi pada wanita saat memasuki masa menopause?

Berikut beberapa gangguan kesehatan wanita menopause :

gangguan menopause

Osteoporosis

Karena rendahnya kadar estrogen pada tubuh wanita yang telah memasuki masa menopause maka akan mengakibatkan jaringan tulang menjadi berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan tulang menjadi keropos sehingga akan mudah rapuh. Hal inilah yang mengakibatkan wanita telah memasuki masa menopause, dan cenderung akan mengalami patah tulang saat terjadi benturan atau terjatuh.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Diabetes

Hormon estrogen dan progesterone berfungsi untuk mengatur gula darah. Apabila keduanya mengalami penurunan maka akan menyebabkan diabetes karena gula darah akan meningkat. Kondisi ini biasanya akan terjadi pada wanita yang memasuki menopause.

Penyakit Kardiovascular

Fungsi dari hormon estrogen adalah untuk menghindarkan tubuh dari berbagai gangguan atau penyakit kardiovaskuler. Saat wanita telah memasuki menopause maka akan mengalami penumpukan lemak pada pembuluh darah. Inilah yang mengakibatkan berbagai perubahan seperti pada tekanan darah yang mengalami peningkatan maupun kolesterol didalam darah yang mengalami kenaikan sehingga akan memicu berbagai macam penyakit seperti jantung dan stroke.

Penyakit Menular Seksual

Biasanya wanita yang telah menopause akan melupakan alat pengaman saat berhubungan intim sehingga dapat memicu penyakit seksual. Dan pemicunya yaitu dari iritasi dinding vagina yang kering serta luka saat berhubungan intim.

Penyakit Autoimun

Karena adanya perubahan hormon pada wanita menopause maka dapat memicu terjadinya peradangan sehingga akan mengakibatkan sistem imun mengalami penurunan. Hal inilah yang memicu penyakit autoimun seperti peradangan pada sendi.

Prolaps Uterus

Uterus atau rahim akan mengalami penurunan hingga pada vagina akibat dari kadar hormon estrogen yang rendah serta pada masa menopause.

Kanker

Karena kadar hormon progesterone menurun dan testosterone meningkat maka akan memicu terjadinya kanker rahim, ovarium dan juga kanker payudara.

Inkontinensia Urin

Inkontinensia urin atau yang disebut dengan beser merupakan suatu keadaan yang dimana seorang wanita sudah tidak bisa mengontrol pengeluaran urin. Kondisi ini biasanya akan terjadi pada beberapa wanita yang telah memasuki masa menopause. Biasanya urin akan keluar dengan cara tiba-tiba ketika sedang beraktifitas seperti batuk, tertawa, atau jogging.

Itulah beberapa gangguan kesehatan pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Untuk menjaga kesehatan pada masa menopause maka alangkah baiknya untuk rajin berolahraga dan menjaga asupan makanan bergizi. Apabila cara tersebut dilakukan dengan baik maka akan lebih bugar selama menjalani dalam masa menopause di usia lanjut.

Apabila terjadi gangguan kesehatan secara berlanjut, baiknya segera berkonsultasi pada dokter supaya mengetahui cara yang tepat. Menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu solusi terbaik supaya tubuh tetap sehat. Karena masalah kesehatan pada masa menopause dapat dicegah dan diatasi dengan prilaku dan juga pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat 😉

| Gangguan Umum Wanita Pada Masa Menopause

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s