Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan Tubuh – Telah kita ketahui bahwa susu merupakan minuman alami yang selalu ada didalam menu makanan kita. Mengkonsumsi susu dan produk susu selalu dikaitkan dengan banyak sekali manfaat kesehatan, terutama pada kesehatan tulang dan gigi. Tetapi tahukan Anda, ternyata susu juga memiliki manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh.

Susu yang identik dengan hasil perahan sapi, namun juga sekarang ini olahan susu sudah banyak untuk didapatkan dari sumber protein lainnya. Susu dan produk susu yaitu penyedia kalsium, magnesium, fosfor, dan juga protein yang semuanya sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan konsumsi susu secara cukup pada usia dini serta sepanjang hidup maka akan membantu untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan dapat melindungi mereka terhadap penyakit seperti gangguan pada tulang (osteoporosis).

Berikut Manfaat Susu Untuk Tubuh:

manfaat susu

Sumber Kalsium dan Protein
Dari beberapa produk susu mengandung kalsium dan juga protein yang dengan tingkat tinggi, bahkan lebih dari kebutuhan harian terhadap zat ini.

Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Susu dan produk susu yang merupakan penyedia kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan juga protein semuanya sangat penting dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang yang sehat. Mengkonsumsi cukup susu maka akan membuat tulang kuat serta melindungi dari penyakit osteoporosis yang dapat melemahkan tulang, merapuhkan tulang, serta menyebabkan tulang menjadi mendapat berbagai masalah kesehatan pada kemudian hari.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

Kesehatan Gigi

Dari jumlah fosfor dan kalsium sangat bermanfaat untuk pengembangan dan juga pemeliharaan kesehatan pada gigi. Kandungan protein yang sangat banyak didalam susu merupakan kasein dan juga pelindung karena dapat membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel yang dapat mencegah hilangnya kalsium serta fosfat dari enamel saat gigi terkena asam pada mulut. Telah dilakukan penelitian bahwa minum susu dapat mengurangi efek dari makanan kariorgenik pada gigi.

Tekanan Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa apabila mengkonsumsi 3 gelas susu setiap hari dengan 5 porsi buah dan sayuran sebagai bagian dari aktifitas diet rendah garam maka akan menurunkan tekanan darah tinggi pada anak-anak serta dewasa.

Mengurangi Stress

Minum susu pada akhir hari merupakan salah satu cara yang baik setelah melakukan berbagai macam aktifitas seharian. Dengan minum susus maka akan membantu untuk mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

Meningkatkan Energi Ketika PMS

Susu juga sangat baik dikonsumsi pada saat masa-masa PMS yang bertujuan untuk meningkatkan energi. Bagi wanita yang lebih mendapatkan kalsium dan vitamin D dalam sepanjang bulan dengan minum susu skum atau susu rendah lemak maka akan beresiko lebih mudah untuk mengembangkan PMS.

Hidrasi

Supaya tubuh tetap terhidrasi, maka disarankan untuk mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas cairan setiap harinya. Apabila kita mengalami dehidrasi maka akan mengakibatkan fungsi konsentrasi. Untuk itu minum susu merupakan pilihan terbaik karena tidak hanya rehidrat tubuh, tetapi juga menyediakan sejumlah nutrisi yang bermanfaat serta melindungi gigi.

Dari sejak dulu susu selalu dijadikan sebagai sumber asupan yang menyempurnakan gizi dalam kebutuhan tubuh yaitu 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu susu harus dikonsumsi karena memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh kita. Itulah manfaat dari susu untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat 😉

| Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s