Keistimewaan Sinar Matahari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Manfaat dari sinar matahari dipagi hari merupakan hal yang terlampau untuk dilewatkan, sinar matahari pada waktu pagi hari tidak hanya menjadikan suasana indah, namun juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sinar matahari yang memiliki peran banyak, seperti pada proses fotosintesis pada tanaman yang juga sangat memerlukan sinar matahari.

Sinar matahari yang terjadi pada waktu matahari terbit sampai jam delapan pagi. Setelah itu hindari untuk mendapatkan sinar matahari karena sudah mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kulit. Karena itu jika terlalu lama terpapar sinar matahari lebih dari jam 8 pagi maka akan dapat menyebabkan penyakit kulit seperti kanker kulit.

Sunburn atau kulit terbakar karena sinar matahari merupakan kondisi yang disebabkan oleh sinar radiasi UVB yang sangat tinggi sehingga akan menyebabkan kerusakan pada DNA. Namun apabila panggunaan sinar matahari dengan jumlah yang tepat maka akan membuat kita menjadi lebih sehat.

Beberapa manfaat sinar matahari dipagi hari bagi kesehatan :

sinar matahari pagi untuk kesehatan

1. Mengandung Vitamin D

Pada sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan juga kaki selama 10-15 menit maka akan mendapatkan 1000 unit internasional (UI) hingga 3000 UI, namun tergantung pada jenis kulit dan juga kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing.

Vitamin D yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium didalam usus serta mentransfer kalsium untuk melintasi membran sel sehingga akan menguatkan tulang. Selain itu juga akan memberikan perlindungan terhadap jenis kanker seperti kanker kulit, paru-paru, dan prostat. Kandungan vitamin D juga akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol darah sehingga dapat membantu untuk melawan penyakit jantung.

2. Membentuk dan Memperbaiki Tulang

Meningkatnya dari vitamin D didalam tubuh karena adanya paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kondisi ini merupakan solusi dalam pembentukan dan juga perbaikan tulang serta mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

3. Meningkatkan Kebugaran Pernafasan

Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan juga menyalurkan pada jaringan-jaringan yaitu salah satu kegunaan dari sinar matahari. Selain itu juga, sinar matahari mampu untuk meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dipagi hari.

4. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

Sinar matahari ternyata juga mampu untuk membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Terapi sinar matahari sangat dibutuhkan untuk perawatan seperti penyakit TBC, asma, keracunan darah, pneumonia, dan mumps. Bahkan pada beberapa virus yang menjadi penyebar kanker juga dapat dihilangkan oleh sinar ultraviolet.

5. Mengurangi Gula Darah

Sinar matahari ialah insulin alami yang dapat memberikan kemudahan dalam penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Maka hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian akan disimpan pada bagian hati dan otot. Dan proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.

6. Memperbaiki Kulit

Dengan berjemur yang aman maka akan terbukti dalam memperbaiki kondisi pada kulit kronis, seperti pada jerawat, eksim, dan psoriasis. Selain itu juga terpapar sinar matahari akan dapat menurunkan manifestasi dari tanda peregangan, bekas luka, serta ketidaksempurnaan kulit lainnya.

7. Menguatkan Sistem Kekebalan

Pada sinar matahari maka akan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena saat terpapar sinar matahari maka tubuh akan menghasilkan darah putih yang lebih banyak yang fungsinya untuk membantu menangkal infeksi dan juga berbagai penyakit akibat bakteri, virus, dan jamur.

8. Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan dapat menurunkan resiko dari berbagai bentuk penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, dan kanker ovarium. Namun juga diharuskan untuk berhati-hati, jangan terlalu lama terpapar sinar matahari yang dapat meningkatkan resiko penyakit kulit.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari dipagi hari bagi tubuh, namun para ahli juga mengingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan akan dapat menyebabkan kerusakan pada mata, kanker kulit, dan melanoma. Oleh karena itu untuk harus dipastikan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari serta untuk melindungi kulit dengan menggunakan pakaian yang tepat.

| Keistimewaan Sinar Matahari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s